Cara Memindahkan Peserta Didik yang Salah Rombel Dapodik 2021.D Terbaru dan Cepat


Masalah peserta didik yang salah masuk rombel termasuk hal yang cukup merepotkan. Baik itu peserta didik yang ingin dipindahkan ke rombel tingkatan yang lebih rendah, maupun peserta didik yang ingin dipindahkan ke tingkatan yang lebih tinggi.

Di dapodik terbaru versi 2021.d tidak bisa memindahkan peserta didik dengan cara mengeluarkan terlebih dahulu kemudian memasukkan lagi seperti halnya dapodik terdahulu. 

ada dua cara yang bisa digunakan untuk memindahkan peserta didik yang salah masuk rombel di dapodik terbaru 2021.D :

A. Lapor operator dinas kota atau kabupaten.

Ini merupakan alternatif paling aman dan sesuai dengan prosedur. Namun mungkin karena keterbatasan anggaran maupun waktu bisa menggunakan alternatif ke-2. Yaitu menggunakan dapodik lite

 B. Memindahkan peserta didik salah rombel dengan dapodik lite.

Menggunakan dapodik lite termasuk cara cepat untuk memindahkan peserta didik yang salah masuk rombel. jika jarak ke dinas kabupaten kota lumayan jauh, atau tidak ingin merepotkan operator dinas kota kabupaten, cara ini menjadi alternatif yang bisa dicoba. 

Di sini ini disediakan file dapodik lite dan psqlodbc yang bisa didownload tanpa harus diekstrak terlebih dahulu. Mengingat seringkali terjadi masalah ketika ekstrak file dalam bentuk Zip. 

Sebelum melakukan pemindahan peserta didik yang salah masuk rombel terlebih dahulu sudah mendownload prefill dapodik sekolah. Dan juga telah diregistrasi. 

Tutup dulu aplikasi dapodik. Berikut Cara Memindahkan Peserta Didik yang Salah masuk Rombel Dapodik 2021.D Terbaru dan Cepat :


1. download Dapodik Lite Disini
2. download psqlodbc disini
setelah selesai download psqlodbc  dan Dapodik Lite,
3. klik kanan pada psqlodbc   kemudian run as administrator 
4. klik kanan pada Dapodik Lite kemudian run as administrator
apabila ada peringatan lanjut saja.

5. pilih username sekolah yang akan di pindahkan peserta didik yang salah rombel tadi

6. pilih nama peserta didik yang akan dipindahkan karena salah rombel

7. pilih jenis pendaftaran dan rombel kelas tujuan kemudian simpan.

Setelah hal diatas dilakukan boleh ditutup, kemudian masuk dapodik, coba periksa rombel terbaru siswa yang salah masuk rombel tersebut.

Demikian Cara Memindahkan Peserta Didik yang Salah Rombel Dapodik 2021.D Terbaru dan Cepat

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar