materi pratikum ibadah SD dan SMP



Bahan bahan bacaan doa dan tata cara ibadah untuk pratikum ibadah sd dan smp
(دعاء القنوت)
Doa qunut
أَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ (نَا) فِيْمَنْ هَدَيْتَ. وَعَافِنِيْ (نَا) فِيْمَنْ عَافَيْتَ. وَتَوَلَّنِيْ (نَا) فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ. وَبَارِكْ لِيْ (لَنَا) فِيْمَا أَعْطَيْتَ. وَقِنِيْ (نَا) شَرَّ مَا قَضَيْتَ. فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ. فَإِنَّهُ لَايَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ. وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ. تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ. فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَاقَضَيْتَ. أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.

(كيفية صلاة العيدين)
Tata cara shalat ‘iidain
Sholat ‘iidain berarti sholat 2 hari raya, baik ‘idul fitri ataupun ‘idul adha. Kedua sholat ini hukumnya sunah muakkadah (sangat dianjurkan).
Sholat ini dilakukan pada tanggal 1 syawal untuk ‘idul fitri dan 10 dzulhijjah untuk ‘idul adha. Dengan ketentuan sebagai berikut:
Ø Niat Sholat ‘id:
أُصَلِّيْ سُنَّةً لِعِيْدِ الْفِطْرِ أَوْ الأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى
Ø Sholat dilakukan sebanyak dua raka’at.
Ø Pada raka’at pertama, takbir sebanyak 7 kali selain takbiratul ihrom.
Ø Pada raka’at kedua, takbir sebanyak 5 kali selain takbir bangun untuk berdiri.
Ø Di antara dua takbir, membaca سُبْحَانَ اللهَ وَالْحَمْدُ للهِ وَلَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ. وَلَا حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.
Ø Khutbah 2 kali setelah sholat, dengan membaca 9 kali takbir pada khutbah pertama dan 7 kali takbir pada khutbah kedua.

(كيفية صلاة الكسوفين)
Tata cara shalat kusufain (dua gerhana)
Sholat kusufain berarti sholat gerhana matahari (kusuf) dan rembulan (khusuf). Hukumnya sholat ini adalah sunah muakkadah (sangat dianjurkan).
                Sholat ini dilakukan ketika terjadi gerhana sampai hilangnya gerhana tersebut. Dengan ketentuan sebagai berikut:
v Niat sholat gerhana :
أُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ أَوْ لِخُسُوْفِ الْقَمَرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى.
v Sholat dilakukan sebanyak 2 raka’at.
v Setiap 1 raka’at 2 kali baca surat Al Fatihah dan ruku’.
v Disunahkan memperbanyak bacaan tasbih ketika ruku’ dan sujud.
v Disunahkan membaca siir (pelan) pada sholat gerhana matahari dan membaca jahr (keras) pada gerhana rembulan.
v Khutbah 2 kali setelah sholat, yang sama rukun dan syaratnya dengan khutbah hari raya, namun bacaan takbir diganti dengan bacaan istighfar.

(كيفية صلاة الجمع والقصر)
Tata cara menjama’ shalat fardu
Sholat jama’ artinya dua sholat fardhu yang dikumpulkan pelaksanaanya pada satu waktu.
Ada dua macam sholat jama’:
1.            Jama’ taqdim (pelaksanaannya pada sholat yang lebih dahulu).
Ø Dzuhur dengan Ashar, dilakukan pada sholat dzuhur.
Ø Maghrib dengan Isya, dilakukan pada sholat maghrib.
2.            Jama’ takhir (pelaksanaannya pada sholat yang terakhir).
Ø Dzuhur dengan Ashar, dilakukan pada sholat Ashar.
Ø Maghrib dengan Isya, dilakukan pada sholat Isya.
Sholat qoshor artinya sholat yang diringkas raka’atnya. Sholat yang bisa di qoshor hanya yang 4 raka’at menjadi 2 raka’at.
Sholat jama’ dan qoshor bisa dilakukan sekaligus (bersamaan).

(نية صلاة قصر جمع تقديم)
Niat shalat qasar jama’ takdim
أُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا جَمْعَ تَقْدِيْمٍ إِلَيْهِ الْعَصْرُ أَدَاءً للهِ تَعَالَى.
أُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا جَمْعَ تَقْدِيْمٍ إِلَى الظُّهْرِ أَدَاءً للهِ تَعَالَى.
أُصَلِّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا جَمْعَ تَقْدِيْمٍ إِلَيْهِ الْعِشَاءُ أَدَاءً للهِ تَعَالَى.
أُصَلِّى فَرْضَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا جَمْعَ تَقْدِيْمٍ إِلَى الْمَغْرِبِ أَدَاءً للهِ تَعَالَى.

(نية صلاة قصر جمع تأخير)
Niat shalat qasar jama’ takhir
أُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا جَمْعَ تَأْخِيْرٍ إِلَيْهِ الْعَصْرُ أَدَاءً للهِ تَعَالَى.


Bacaan bilal ketika khutbah jum’at
إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيّْ يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمَا.
إجابة الجماعة (jawaban jamaah) : لبيك اللهم لبيك x3 أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ وَعَلَى عَلَيْهِ.
مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ. رُوِيَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ. أَنَّهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا قُلْتَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ, وَاْلإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ. (أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ 2x ) أَنْصِتُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ.
Lalu khotib berjalan menuju mimbar, sambil bilal mengucapkan:
أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. أَللَّهُمَّ قَوِّ اْلإِسْلَامِ وَاْلإِيْمَانِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ, وَانْصُرْ هُمْ عَلَى مُعَانِدِ الدِّيْنِ وَاخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ وَيَا خَيْرَ النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
Bacaan bilal ketika khutbah iidain (id fitri /id adha)
مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ. إِعْلَمُوْا أَنَّ يَوْمَكُمْ هَذَا يَوْمُ عِيْدِ الْفِطْرِ أَوِ الْأَضْحَى وَيَوْمُ السُّرُوْرِ وَيَوْمُ الْمَغْفُوْرِ. أَحَلَّ اللهُ لَكُمْ فِيْهِ الطَّعَامَ وَحَرَّمَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامَ.
إِذَا صَعِدَ الْخَطِيْبُ عَلَى الْمِنْبَرِ أَنْصِتُوْا أَثَابَكُمُ اللهُ, وَاسْمَعُوْا أَجَارَكُمُ اللهُ وَأَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ.


(دُعَاءُ صَلَاةِ الضُّحَى)
Doa shalat dhuha
أَللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ. وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ. وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ. وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ. وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ. وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. أَللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِى السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِى اْلأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ. وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ. وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ. وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ. بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ وَعِصْمَتُكَ. أَتِنِيْ مَا أَتَيْتَ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ.
Sholat dhuha dilakukan saat matahari terbit sampai naik matahari tersebut.
(كيفية صلاة الخوف)
Tata cara shalat khauf
Sholat Khouf artinya sholat fardhu yang dilakukan dalam keadaan takut. Di antaranya dilakukan pada saat perang. Sholat ini ada 3 macam dalam pelaksanaannya:
v Ketika musuh berada di arah kiblat, maka imam membagi pasukan menjadi 2 barisan, dengan ketentuan:
1)           Pada saat imam takbirotul ihrom, kedua barisan ikut takbirotul ihrom. Begitu pula pada saat ruku’ dan I’tidal pada raka’at pertama.
2)           Ketika imam sujud, salah satu barisan ikut sujud, sedangkan yang lainnya tetap berdiri untuk berjaga-jaga.
3)           Ketika imam dan barisan yang ikut imam berdiri untuk mengerjakan raka’at  yang kedua, barisan yang berjaga-jaga langsung sujud, menyusul imam dan barisan yang telah berdiri.
4)           Pada raka’at kedua, cara pelaksanaannya sama dengan raka’at pertama, namun barisan yang tadi berjaga-jaga, ikut dengan imam sampai tasyahud akhir.
5)           Ketika tasyahud akhir, barisan yang lainnya, langsung menyusul imam dan salam bersama imam.
v Ketika musuh berada di selain arah kiblat, maka imam membagi pasukan menjadi 2 kelompok, dengan ketetuan sebagai berikut:
1)           Satu kelompok berdiri menghadap musuh dan kelompok lainnya  berdiri di belakang imam.
2)           Imam beserta kelompok yang ada di belakangnya segera mengerjakan sholat satu raka’at.
3)           Setelah imam berdiri untuk mengerjakan raka’at kedua, kelompok pertama tadi segera menyelesaikan sholatnya hingga salam dan setelah itu berdiri menghadap musuh menggantikan kelompok kedua.
4)           Imam tetap berdiri hingga kelompok kedua bergabung. Lalu mereka mengerjakan sholat bersama-sama satu raka’at.
5)           Ketika imam tasyahud akhir, kelompok  kedua berdiri untuk menyempurnakan sholatnya.
6)           Sedangkan imam menunggu hingga kelompok kedua menyelesaikan raka’at kedua dan akhirnya melakukan salam bersama dengan imam.
v Jika situasi peperangan sedang berkecamuk sehingga susah mengatur barisan, maka masing-masing sholat menurut kemampuannya baik menghadap kiblat ataupun tidak.

(كيفية صلاة الإستسقاء)
Tata cara shalat istisqa’
                Sholat istisqo artinya sholat sunah yang dilakukan untuk memohon hujan. Ada persyaratan yang harus dipenuhi sebelum sholat dilaksanakan, yaitu:
a.              Berpuasa 4 hari berturut-turut.
b.             Menjauhi kedzaliman, dan taubat dari kemaksiatan.
c.             Berbuat baik dan bersedekah.
d.            Pada hari ke-4 keluar menuju tempat sholat (tanah lapang) dengan mengajak anak-anak, orang-orang tua, dan binatang ternak dengan memakai pakaian sederhana, tanpa wewangian, berjalan dengan tenang dan rendah hati.
Pada saat memulai shalat istisqa bilal menyerukan:
أَلصَّلَاةُ جَامِعَةً.
Pelaksanaan shalat istisqa sama dengan shalat ‘id, yaitu dengan melakukan takbir 7 kali pada raka’at pertama, dan 5 kali pada raka’at kedua. Pada raka’at pertama dianjurkan membaca surat al A’la dan raka’at kedua surat al Ghosyiyah, serta disunnahkan jahr (suara keras).
Adapun lafadz niatnya adalah:
أُصَلِّى سُنَّةَ الْإِسْتِسْقَاءِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى
Setelah shalat selesai, dilanjutkan dengan 2 khutbah. Rukun dan syarat  2 khutbah istisqa sama dengan 2 khutbah ‘id. Dengan ketentuan sebagai berikut:
a.             Disunahkan bagi khotib untuk memakai selendang (sorban).
b.            Membaca istighfar 9 kali pada khutbah pertama dan 7 kali pada khutbah kedua. Lafadznya:
c.             Khutbah berupa anjuran untuk bertaubat dan memperbanyak istighfar, serta merendahkan diri dihadapan Allah SWT.
d.            Pada saat khutbah kedua, khotib memindahkan letak selendangnya dari kanan ke kiri, yang di atas menjadi di bawah, yang diikuti oleh jama’ah.

Do’a-do’a yang dibaca:
أَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا سُقْيَا رَحْمَةٍ وَلَا تَجْعَلْهَا سُقْيَا عَذَابٍ وَلاَ مَحْقٍ وَلاَ بَلَاءٍ  وَلاَ هَدْمٍ وَلاَ غَرَقٍ أَللَّهُمَّ عَلَى الظِّرَابِ وَالْأَكَامِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ  وَبُطُوْنِ الْأَوْدِيَةِ. أَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا أَللَّهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا هَنِيْئًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا سَحًّا عَامًّا غَدَقًا طَبَقًا مُجَلِّلًا دَائِمًا إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

(كيفية سجود السهو)
Tata cara sujud sahwi
Sujud sahwi berarti sujud yang dilakukan ketika ada sunah-sunah ab’ad sholat ditinggalkan. Hukum sujud ini adalah sunah.
Sujud ini dilakukan sebelum salam sebanyak dua kali. Dan lafadznya adalah:
سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنَامُ وَلاَ يَسْهُوْ
Artinya: “Maha suci dzat yang tidak akan pernah tidur dan lupa”.

(كيفية سجود التلاوة)
Tata cara sujud tilawah
Sujud tilawah merupakan sujud yang dilaksanakan ketika membaca ataupun mendengar ayat-ayat as sajdah.
Ada 2 cara dalam pelaksanaan sujud ini, yaitu:

1)                                   Di luar sholat
Ketika seseorang mendengar ataupun membaca salah satu ayat-ayat as sajdah, maka takbiratul ihrom, lalu sujud sekali saja.
2)                                   Di dalam sholat
Ketika seseorang mendengar ataupun membaca salah satu ayat-ayat as sajdah pada waktu sholat, maka langsung sujud sekali saja.
Bacaan sujud tilawah adalah:
سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ وَقُدْرَتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ.

(كيفية صلاة الجنازة)
Tata cara pelaksaan shalat jenazah
Sholat jenazah merupakan salah satu sholat yang berbeda pelaksanaannya dengan sholat-sholat yang lainnya, karena sholat ini hanya di lakukan dengan empat kali takbir. Sholat ini hukumnya fardhu kifayah.
Tata cara sholat ini sebagai berikut:
1)           Niat melakukan sholat jenazah.
أُصَلِّيْ عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ أَوْ هَذِهِ الْمَيِّتَةِ أَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى.
2)           Takbir pertama dan membaca surat Al fatihah.
3)           Takbir kedua dan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيَّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
4)           Takbir yang ketiga dan membaca do’a untuk mayit.
أَلَّلهُمَّ اغْفِرْ لَهُ (هَا) وَارْحَمْهُ (هَا) وَعَافِهِ (هَا) وَاعْفُ عَنْهُ (هَا) وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ (هَا) وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ (هَا) وَاغْسِلْهُ (هَا) بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ (هَا) مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ (هَا) دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ (هَا) وَأَهْلًا  خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ (هَا) وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ (هَا) وَقِهِ (هَا) فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ. 
5)           Takbir yang keempat dan membaca do’a, lalu membaca salam.
أَللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.





Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar