5 Faktor Penting Yang Mempengaruhi Keharmonisan Rumah Tangga


Keharmonisan Rumah Tangga
ibu rumah tangga


    Keluarga sejahtera dan harmonis merupakan tujuan penting dalam kehidupan, maka untuk menciptakannya perlu diperhatikan faktor–faktor
berikut:

1.Perhatian.

 yaitu menaruh hati kepada seluruh anggota keluarga sebagai dasar utama hubungan baik antar anggota keluarga. Baik pada perkembangan keluarga dengan memperhatikan peristiwa dalam keluarga, dan mencari sebab akibat permasalahan, juga terhadap perubahan pada setiap anggotanya.

2.Pengetahuan.

 yakni perlunya menambah pengetahuan tanpa henti – hentinya untuk memperluas wawasan sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan keluarga. Sangat perlu untuk mengetahui anggota keluaraganya, yaitu setiap perubahan dalam anggota keluarganya, agar kejadian yang kurang diinginkan kelak dapat diantisipasi.

3.Pengenalan terhadap semua anggota keluarga.

 Hal ini berarti pengenalan terhadadap diri sendiri dan pengenalan diri sendiri yang baik penting untuk memupuk pengertian – pengertian .

4.Sikap menerima. 

langkah lanjutan  sikap pengertian adalah sikap menerima,yang berarti dengan segala kelemahan, kekurangan dan kelebihannya, ia seharusnya tetap mendapatkan tempat dalam kelurga. Sikap ini akan menghasilkan suasana   positif dan perkembangnnya kehangatan yang melandasi tumbuh suburnya potensi dan minat dari anggota keluarga.

5.Peningkatan usaha. 

Setelah menerima kelurga apa adanya maka perlu mengkatkan usaha. Yaitu dengan mengembangkan setiap dari aspek keluarganya secara optimal,hal ini disesuaikan dengan setiap kemampuan masing- masing, tujuannya yaitu agar tercipta perubahan – perubahan dan menghilngkan keadaan kebosanan dan keapatisan.


Baca Juga

Komentar