Pengertian Komunikasi Dan Konsep Komunikasi


Komunikasi Dan Konsep Komunikas
Komunikasi Dan Konsep Komunikasi



 Pada dasarnya semua kelompok memiliki dua dimensi aktivitas penting. Yaitu aktivitas tugas dan aktivitas pemeliharaan agar kelompok dapat mencapai dan mempertahankan produktivitas yang tinggi. Aktivitas tugas adalah berbagai hal yang dilakukan anggota dan langsung berkontribusi pada kinerja kelompok. Sedangkan aktivitas pemeliharaan adalah semua aktivitas pendukung hubungan sosial dan antar pribadi di antara anggota kelompok Pelaksanaan kedua aktivitas penting tersebut dapat berlangsung dengan baik jika komunikasi dalam kelompok berlangsung efektif. Selain itu usaha kerja sama untuk mencapai tujuan kelompok juga membutuhkan frekuensi. Kejelasan, dan keakuratan dalam berkomunikasi. Sehingga kelompok harus dapat berkomunikasi secara efektif.

PENGERTIAN KOMUNIKASI DAN KONSEP KOMUNIKASI

Istilah komunikasi (bahasa Inggris:communication) berasal dari communis (bahasa Latin) yang berarti sama (common); kemudian berubah menjadi kata kerja communicare, yaitu menyebarkan/memberitahukan. Jadi menurut asal katanya, komunikasi berarti menyebarkan atau memberitahukan informasi kepada pihak lain guna mendapatkan pengertian yang sama. Bovee (2003)mendefinisikan komunikasi sebagai proses mengirim dan menerima pesan, serta dikatakan efektif jika pesan tersebut dapat dimengerti dan menstimulasi tindakan atau mendorong orang lain untuk bertindak sesuai dengan pesan tersebut. Supaya komunikasi efektif mudah tercapai, maka orang yang melakukan komunikasi berkewajiban untuk membuat dirinya dimengerti; dan orang yang tidak paham saat menerima pesan berkewajiban untuk meminta penjelasan.

        Komunikasi pada dasarnya adalah sebuah proses memberi dan menerima informasi sampai pada pemahaman makna, sehingga komunikasi sebagai arus informasi dan penyampaian emosi yang berada dalam lapisan masyarakat baik dari atas ke bawah (vertical), maupun dari kanan ke kiri(horizontal) yang berarti pula merupakan perhubungan atau persambungan wahana atau sarana-sarana. Sehingga melalui komunikasi individu atau kelompok dapat menyampaikan perasaan, pikiran dan kehendak kepada individu dan kelompok lainnya. 

         Kata lain yang mirip dengan komunikasi adalah komunitas (community). Yang menekankan kesamaan atau kebersamaan. Komunitas merujuk kepada sekelompok orang yang berkumpul atau hidup bersama untuk mencapai tujuan tertentu, dan mereka berbagi makna dan sikap. Tanpa komunikasi tidak akan ada komunitas. Komunitas bergantung pada pengalaman dan emosi bersama dan komunikasi akan berperan sebagai sarana untuk menjelaskan kebersamaan. Oleh karena itu komunitas juga berbagi bentuk-bentuk komunikasi yang berkaitan dengan seni, agama dan bahasa, dan masing-masing bentuk tersebut menyampaikan gagasan dan sikap, perspektif, pandangan yang mengakar kuat, dalam sejarah komunitas tersebut.

           Suatu pemahaman populer mengenai komunikasi manusia adalah komunikasi yang menyampaikan pesan searah dari seseorang (atau suatu lembaga) kepada seseorang (sekelompok orang) lainnya baik secara langsung (tatap muka) ataupun melalui media seperti surat (selebaran),surat kabar, majalah, radio, atau televisi. Bila dalam proses komunikasi tidak memenuhi unsur-unsur tersebut maka dapat menimbulkan ketidak akuratan informasi yang didapat, artinya berita yang diterima dapat menimbulkan penafsiran yang berbeda-beda.


Baca Juga

Komentar