Ciri Ciri Anak / siswa Kreatif


Ciri Ciri Anak / siswa  Kreatif


ciri-ciri anak kreatif

Menurut Supriadi (Rachmawati dan Kurniati 2010:15) ciri-ciri anak kreatif yaitu:

1. mempunyai rasa ingin tahu yang besar

2. kaya akan inisiatif

3. tertarik pada kegiatan kreatif

4. kaya akan imajinasi

5. percaya diri dan mandiri.

1. mempunyai rasa ingin tahu yang besar

siswa / anak yang kreatif  mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Rasa ingin tahu dan penasaran anak memang tak perlu dibendung, sebaiknya hadapi rasa ingin tahu tersebut dengan memberi jawaban yang mampu meningkatkan kemampuan berfikir anak.

Dalam kegiatan belajar, anak-anak yang mempunyai rasa ingin tahu lebih besar akan mendapatkan lebih banyak feedback dibanding anak-anak pada umumnya. oleh karena itu penting sekali memupuk rasa ingin tahu anak sejak dini, dengan mendorong rasa ingin tahu anak akan berdampak positif bagi perkembangannya kedepan.

2. kaya akan inisiatif

siswa yang punya inisiatif bisa dibilang adalah anak-anak cerdas. karena tanpa didukung kecerdasan, mana mungkin seorang individu punya inisiatif untuk melakukan sesuatu. Yang ada, dia hanya menunggu dan menunggu untuk "disuapi" orangtua atau orang dewasa lainnya. Bila tidak, ia akan bersikap pasif saja.

Sangat berbeda dengan anak yang punya inisiatif. Begitu melihat sesuatu dia langsung punya ide untuk melakukan ini-itu. Contohnya, begitu melihat lem, langsung terpikir, "Aku mau tempel-tempel gambar dinosaurus di pintu ah. Supaya pintu kamarku bagus

3. tertarik pada kegiatan kreatif

"inisiatif lalu kreatif " mungkin itu ungkapan yang tepat untuk menggambarkan salah satu ciri ciri anak yang cerdas. Jika anak menunjukkan inisiatifnya, fasilitasi semampu kita dan tambahkan dengan pengalaman-pengalaman seru yang memancing kreativitas. Misalnya, membuat mobil dari bungkus korek api. Yang terpenting di sini, adalah cara mengajaknya. Bukan dengan nada menyuruh atau mendikte yang akhirnya membatasi kreativitas. Ketimbang menggunakan kalimat, "Kita bikin mobil-mobilan dari bungkus korek ini yuk," lebih baik, "Bungkus korek ini bagusnya kita bikin apa ya." Nah, dari hasil pemikiran inilah akan lahir kreativitas anak.

Inisiatif yang dipupuk menjadi kreativitas juga menumbuhkan rasa percaya diri dan ketangguhan yang luar biasa pada anak.

4. kaya akan imajinasi

Imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi. Proses ini mendorong semua kekuatan yang bersifat emosi untuk terlibat dan berperan aktif dalam merangsang pemikiran dan gagasan kreatif, serta memberikan energi pada tindakan kreatif. Kemampuan imajinatif anak merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. imajinasi merupakan bagian dari tugas perkembangannya, sehingga anak sangat suka membayangkan sesuatu, mengembangkan khayalannya dan bercerita membagi ide-ide imajinatifnya kepada orang lain, khususnya orang tuanya. Karena itu, berimajinasi mampu membuat anak mengeluarkan ide-ide kreatifnya yang kadang kala mengagumkan

5. percaya diri dan mandiri.

 Rasa percaya diri,merupakan ciri pertama dari sifat kemandirian anak, karena memang rasa percaya diri ini memegang peran penting bagi seseorang, termasuk anak ataupun siswa, anak yang bersikap dan bertingkah laku atau dalam beraktivitas sehari-hari memiliki kepercayaan diri akan lebih berani untuk melakukan sesuatu, menentukan pilihan sesuai dengan kehendaknya sendiri dan bertanggung jawab terhadap konsekuensi yang ditimbulkan dari setiap yang dilakukannya. Kepercayaan diri sangat terkait dengan kemandirian anak. hal tersebut menunjukan akan kreatifitas anak tersebut

Beberapa Ciri Anak (Siswa) yang Kreatif 

menurut blog http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/ Anak-anak (siswa) yang kreatif memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakannya dengan anak lainnya. adalah:

  1. Mampu berkonsentrasi
  2. Tidak serta merta memberikan vonis terhadap suatu permasalahan
  3. IQ di atas rata-rata
  4. Memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi
  5. Memiliki apresiasi terhadap sesuatu yang bernilai estetik (indah)
  6. Memiliki ketertarikan terhadap sesuatu yang kompleks dan misterius
  7. Memiliki rasa ingin tahu
  8. Menyukai dan mengagumi keindahan suatu teori
  9. Senang  jika menemukan sesuatu (invensi)
  10. Memiliki keinginan untuk selalu berbagi ide
  11. Selalu berusaha memperbaiki kekacauan atau ketidakteraturan
  12. Memiliki dasar pengetahuan yang luas
  13. Memiliki sifat fleksibel
  14. Mempunyai ingatan yang baik, dan sangat memperhatikan detil
  15. Memiliki energi tinggi dan selalu antusias
  16. Mempunyai sense of humor yang kadang-kadang agak aneh
  17. Suka berimajinasi
  18. Mandiri
  19. Mempunyai kendali evaluasi diri yang baik
  20. Suka menciptakan sesuatu
  21. Tidak mempunyai toleransi terhadap kebosanan
  22. Membutuhkan iklim yang mendukung
  23. Tidak berkompromi
  24. Terbuka terhadap pengalaman dan hal-hal baru
  25. Suka bermain-main
  26. Berani mengambil resiko
  27. Memiliki rasa percaya diri yang besar
  28. Memiliki sense of originator
  29. Memiliki sense of mission
  30. Sensitif
  31. Mampu menemukan solusi-solusi dan memformulasikan masalah-masalah baru
  32. Spontanitas
  33. Berkomitmen terhadap tugas
  34. Memiliki tolerasi terhadap ambiguitas dan konflik
  35. Berani menghadapi resiko pengasingan sosial (dikucilkan)
  36. Berani bermimpi dan berfantasi

Baca Juga

Komentar