Pengertian Pembelajaran e-learning Menurut Para Ahli


 

Pengertian Pembelajaran e-learning Menurut Para Ahli

Wabah covid-19 mengubah kehidupan sosial masyarakat dunia salah satunya di bidang pendidikan. Pembelajaran di masa Covid 19 lebih menggunakan sistem berbasis elektronik atau e-learning dan dunia maya. Apa itu pembelajaran e-learning? Bagaimana pendapat para ahli tentang pembelajaran e-learning.?

Berikut adalah definisi dan pengertian pembelajaran e-learning menurut para ahli

A. Pengertian E-learning 

E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning. E learning merupakan aplikasi internet yang dapat menghubungkan antara pendidik dengan peserta didik dalam sebuah ruang belajar online. E- learning tercipta untuk mengatasi keterbatasan antara pendidik dengan peserta didik terutama dalam hal waktu,ruang,kondisi dan keadaan. Melalui e-learning, peserta didik (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan (Darmawan,2014)

  Istilah e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet. Oleh karena itu, istilah e-learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet (Purbo & Hartanto, 2002).

Berikut beberapa pengertian pembelajaran E-learning dari berbagai sumber:

1.  Menurut (Michael, 2013:27). 

E-learning Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran  

2.   Menurut (Chandrawati, 2010). 

Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi.

3.   Menurut (Ardiansyah, 2013). 

Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa.

4.  Jaya Kumar C. Koran (2002)

e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.

5.  Dong (dalam Kamarga, 2002)

e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.

6. Rosenberg (2001)

menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

7. Darin E. Hartley [Hartley, 2001]

eLearning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.

8. LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms [Glossary, 2001]

eLearning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone

Berdasarkan uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa E-Learning merupakan sistem pembelajaran yang dapat dilaksanakan dengan jarak jauh dengan menggunakan bantuan teknologi berbasis internet yang memungkinkan peserta didik untuk belajar mandiri tanpa harus selalu hadir di dalam kelas atau tanpa tatap muka dengan pendidik.   

ELearning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran di kelas.

 E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara online baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. 

Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada

B. Karakteristik E-learning 

1. Karakteristik E-learning menurut Nursalam (2008:135) adalah:

2. Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan komputer networks)

3. Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) kemudian disimpan di komputer, sehingga dapat diakses oleh doesen dan mahasiswa kapan saja dan dimana saja. 

4. Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.

C. Peran E- learning untuk Guru  

1. Melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir

2. Mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya

3. Mengontrol kegiatan belajar peserta didik


Baca Juga

Komentar