Pengertian Surat Dalam KBBI dan para ahli


Pengertian Surat  Dalam KBBI dan para ahli


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 1999:978) surat didefinisikan (1) sebagai kertas dan sebagainya yang bertulis (berbagai-bagai isi maksudnya). (2) secarik kertas dan sebagainya sebagai tanda atau keterangan; kartu, (3) sesuatu yang ditulis yang tertulis; tulisan. Berdasarkan 3 pengertian tersebut, ketiganya tentu dapat menjelaskan pengertian tentang surat, tetapi jika mengaitkannya dengan surat dinas, maka pengertian ketigalah yang lebih mengarah pada pengertian yang kita maksud. Untuk lebih mengonkretkan pemahaman Anda, Yunus (2002:6.3-6.4) menjelaskan bahwa surat adalah sehelai kertas atau lebih yang di dalamnya tertulis pesan, yang disajikan dalam format yang khas, yaitu format surat. Pesan yang terkandung di dalamnya dapat berisi pemberitahuan, penghiburan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, penawaran, penolakan, atau persetujuan. Sering kali surat juga berisi penjelasan atau klarifikasi. Pean tersebut ditulis oleh pengirim pesan dan ditujukan kepada penerima pesan.

Saudara Mahasiswa, untuk dapat menulis surat, khususnya surat dinas, dengan kerangka pemikiran yang logis, mudah dipahami pembaca, dan sesuai format tata persuratan, maka pengetahuan tentang kaidah tata tulis bahasa

Indonesia untuk kepentingan formal menjadi hal yang mutlak untuk dikuasai. Penggunaan gaya kalimat yang runtut, sistematis, dan komprehensif, serta penguasaan aturan-aturan tentang penulisan kata, misalnya, menjadi pedoman dasar bagi seorang calon penulis surat yang baik.

Semua kemampuan yang diungkapkan ini tentu bukan merupakan keterampilan yang datang begitu saja, juga bukan keterampilan yang sulit untuk dipelajari, melainkan sebuah keterampilan mekanis yang menuntut latihan dan ketekunan para calon penulis. Untuk memenuhinya diperlukan peran yang sangat besar dari kesadaran pribadi bahwa kemampuan tersebut sangatlah bermanfaat dalam pengembangan profesio-nalitas Anda sebagai guru.


sumber: Keterampilan Menulis, M. Yunus dkk., 2013, universitas terbuka hal. 4.7



Baca Juga

Komentar