Fungsi Pasar Valuta Asing


Fungsi Pasar Valuta Asing


Pasar valuta asing mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan perekonomian masyarakat di seluruh dunia. Keberadaan pasar valuta asing dirasakan sangat penting dan dibutuhkan untuk menunjang kegiatan ekonomi suatu negara. Bagi perkembangan ekonomi, pasar valuta asing mempunyai fungsi, antara lain sebagai berikut.

1. Sarana Transfer Daya Beli

Pasar valuta asing sebagai sarana transfer daya beli tampak pada transaksi perdagangan internasional dan transaksi modal yang dilakukan oleh dua negara dengan mata uang berbeda. Pada umumnya setiap pihak berusaha mempertahankan mata uangnya sendiri meskipun transaksi dapat dilakukan dengan mata uang negara lainnya.

Sebagai contoh, eksportir dari Malaysia menjual minyak kelapa sawit mentah ke importir Australia. Eksportir Malaysia dapat menagih pembayaran dalam mata uang ringgit, dolar Australia, atau mata uang negara ketiga seperti dolar Amerika Serikat dengan persetujuan terlebih dahulu dari importir Australia. Apabila pembayaran dilakukan dengan mata uang ringgit, importir Australia harus menukarkan dolar Australia menjadi ringgit untuk transaksinya. Apabila pembayaran dilakukan dengan dolar Australia, eksportir Malaysia harus menukarkan dolar Australia menjadi ringgit. Bagaimana jika mata uang dolar Amerika Serikat yang digunakan untuk bertransaksi? Importir Australia harus menukarkan dolar Australia menjadi dolar Amerika Serikat. Kemudian, eksportir Malaysia menukarkan dolar Amerika Serikat dengan ringgit Malaysia.

2. Sarana Penyediaan Kredit   

Perdagangan internasional dilakukan antarnegara yang berbeda wilayah sehingga membutuhkan waktu. Contohnya, untuk pengiriman barang ekspor dari Indonesia ke Cina harus menggunakan kapal atau pesawat terbang. Untuk pengangkutan dan penyimpanan barang tersebut membutuhkan biaya termasuk biaya penyimpanan barang sebelum barang tersebut diganti. Biaya tersebut dapat dilakukan melalui pasar valuta asing.

3. Mengurangi Risiko Valuta Asing

Setiap pedagang dan pengusaha pada dasarnya ingin memperoleh keuntungan dari perdagangan internasional, tetapi sering kali keuntungan dipengaruhi oleh perubahan atau naik turunnya kurs. Pasar valuta asing memberikan fasilitas hedging, yaitu tindakan pengusaha atau pedagang valas untuk menghindari risiko kerugian atas fluktuasi valas.



Baca Juga

Komentar