Ruang Lingkup Peningkatan Memori


Ruang Lingkup Peningkatan Memori


Hal penting dalam sistem ini dan seluruh sistem memori lain adalah memastikan bahwa kata yang berbunyi akhir sama dan kata yang akan diingat dihubungkan bersama-sama seluruhnya secara kukuh. Untuk melakukan hal ini, citra penghubungnya harus merupakan salah satu atau beberapa hal berikut ini: 

1. Sinestesia /sensualitas

Merujuk pada penggabungan indera. Para penghafal besar yang 'alamiah' dan mnemonik besar, mengembangkan kepekaan yang luar biasa dalam setiap indera mereka. kemudian menggabungkan indera-indera ini guna menghasilkan kemampuan mengingat yang tinggi sehingga mampu mengembangkan memori yang dianggapnya penting untuk semakin membuat peka dan melatih secara teratur indera:

a) penglihatan

b) pendengaran

c) penciuman

d) pengecap

e) peraba

f) kinestesia (gerak)

2. Gerakan

/motivasi

Dalam setiap citra mnemonik, gerakan menambah rentang raksasa kemungkinan lain bagi otak Anda untuk "menghubungkan" dan dengan demikian mengingat. Ketika citra Anda bergerak, buatlah dalam bentuk 3 dimensi.

3. Asosiasi

Apapun yang ingin Anda hafalkan, pastikan Anda mengasosiasikan atau menghubungkannya dengan sesuatu yang stabil dalam lingkungan mental Anda, yaitu sistem Peg: One - Bun 

4. Seksualitas

Kita semua memiliki memori yang sungguh sempurna dalam daerah seks. Gunakanlah!

5. Humor

Bersenang-senanglah dengan memori Anda. Semakin lucu, menggelikan, absurd, dan aneh citra yang Anda buat, semakin tidak mudah terlupakan citra tersebut. Salvador Dali, pelukis surealis, mengatakan, "Lukisan saya adalah foto yang dilukis oleh tangan orang irasional yang dikonkretkan" dan dalam banyak hal lukisan tersebut merupakan lukisan mengenai memori impiannya siang malam yang tersimpan secara sempurna.

6. Imajinasi

Einstein mengatakan, "Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan". Karena pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi mencakup seluruh dunia, mendorong kemajuan, melahirkan evolusi. "semakin banyak Anda menggunakan imajinasi Anda pada memori, semakin baik memori Anda".

7. Angka

Pemberian nomor menambah kekhasan dan efisiensi pada prinsip urutan dan sekuen.

8. Simbol

Mengganti citra yang lebih umum atau membosankan dengan citra yang lebih bermakna, dapat meningkatkan kemungkinan kemampuan mengingat. Anda juga dapat menggunakan simbol tradisional, seperti tanda berhenti atau bola lampu.

9. Warna

Jika layak, dan apabila memungkinkan, gunakan rentang pelangi penuh, untuk membuat gagasan Anda lebih "berwarna" sehingga tidak mudah terlupakan.

10. Urutan dan atau sekuen

Berpadu dengan prinsip-prinsip lainnya, urutan dan atau sekuen mempertimbangkan referensi yang jauh lebih cepat, dan meningkatkan kemungkinan otak untuk akses acak”. Penggunaan urutan dan sekuen yang diperluas memungkinkan Anda mengembangkan Matriks Memori, yang memungkinkan Anda menghafalkan sebanyak 10.000 item informasi atau bahkan lebih.

11. Positivitas

Pada umumnya citra yang menyenangkan dan positif lebih baik untuk tujuan-tujuan memori, karena membuat otak ingin kembali ke citra tersebut.

12. Tindakan melebih-lebihkan

Dalam seluruh citra Anda, lakukanlah tindakan melebih lebihkan ukuran, bentuk, dan suara. Hal ini dapat diingat dengan mudah oleh ruang lingkup perusak anagram mnemonik.

Baca Juga

Komentar