Keindahan Senja Di Nanga Tumpu Dompu NTB


Nanga Tumpu

9 Tempat Wisata Pilihan Di Kabupaten Dompu Sumbawa
nanga tumpu dompu NTB

Nanga Tumpu dalam bahasa dompu berarti muara sungai yang tumpul. Kawasan pesisir Teluk Saleh yang terletak di Desa Banggo, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu  ini merupakan jalur utama yang menghubungkan Kabupaten Sumbawa dengan Kabupaten Dompu. 

keindahan nanga tumpu sangat bagus bagi pecinta senja dengan menikmati pemandangan hijaunya daratan dibawah serta luasnya hamparan lautan, inilah sebabnya nanga tumpu sangat ramai dikunjungi masyarakat terutama muda mudi di sore hari apalagi dibulan puasa sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Banyaknya keindahan yang disajikan nanga tumpu, tetaplah nanga tumpu merupakan jalur penghubung antara dompu dan sumbawa yang melewati bukit nan curam sehingga rawan sekali terjadinya lonsor terutama musim penghujan, bagi pengunjung tentunya memperhatikan hal hal tersebut terutama dari sisi keamanan ketika akan nongkrong di nanga tumpu.

Nanga Tumpu terletak di jalur Jalan Raya Sumbawa - Dompu dengan jarak dari ibukota Kabupaten Dompu 30 Km dengan waktu tempuh 30 menit. Kawasan ini memiliki berbagai gugusan Pulau-pulau kecil seperti: Nisa Pu'du, Nisa Rate, Nisa Maja, Nisa Ko'do dengan hamparan pasir putih yang sangat indah. Kawasan Nanga Tumpu dan sekitamya sangat cocok untuk kegiatan berenang, memancing dan menyelam.

Pada saat musim angin selatan dan barat (sekitar bulan Januari, Pebruari, Maret, Juli dan Agustus) sangat cocok untuk kegiatan olah raga Wind Surfing. Kite Surfing dan Lomba perahu layar tradisional. Di tempat ini tersedia fasilitas rumah makan. 

lokasi tempat wisata nanga tumpu dompu pada map:







Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar