Menganalisis Masalah penelitian Tindakan Kelas PTK


 


Analisis masalah perlu dilakukan untuk mengetahui dimensi-dimensi penting yang ada dalam masalah itu dan untuk memberikan penekanan secara lebih jelas. Analisis masalah melibatkan beberapa jenis kegiatan, tergantung kepada tingkat kesulitan yang ditunjukkan dalam perumusan masalah. Di antara analisis masalah yang dapat dilakukan adalah analisis sebab-akibat tentang kesulitan yang dihadapi, pemeriksaan asumsi yang dibuat, kajian terhadap data penelitian yang tersedia. atau mengamankan data pendahuluan untuk mengklarifikasi persoalan atau untuk mengubah cara pandang individu yang terlibat dalam penelitian tentang masalahnya. Kegiatan analisis masalah ini dapat dilakukan melalui diskusi dengan teman sejawat, dengan fasilitator peneliti dari perguruan tinggi kependidikan, dan juga kajian pustaka yang relevan.

Untuk mempertajam hasil analisis masalah, guru sebagai peneliti dapat berusaha menjawab sebagian pertanyaan di bawah ini yang dipandang relevan dengan prosedur tindakan yang tepat. Dalam menimbang-nimbang berbagai prosedur ini sebaiknya guru sebagai peneliti mencari masukan dari berbagai pihak agar wawasannya tidak sempit.

Berikut ini disajikan hasil analisis masalah yang dilanjutkan dengan perumusan hipotesis tindakan. Di Kelas VII SMP Majapahit, siswa-siswanya sangat lamban untuk memahami teks. Berdasarkan analisis masalah yang dilakukan, guru sebagai peneliti berkesimpulan bahwa siswa-siswa tersebut memiliki kebiasaan membaca yang salah dalam memahami makna bacaannya, dan bahwa kesiapan pengalaman siswa untuk memahami konteks perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu, hipotesis tindakannya adalah sebagai berikut: "Bila kebiasaan membaca yang salah dibetulkan lewat teknik-teknik perbaikan yang tepat dan kesiapan pengalaman untuk memahami konteks bacaan ditingkatkan, maka para siswa akan meningkat kecepatan membacanya". Apabila setelah dilaksanakan tindakan yang direncanakan dan telah diamati, hipotesis tindakan ini ternyata meleset dalam arti pengaruh tindakannya belum seperti yang diinginkan, peneliti harus merumuskan hipotesis tindakan yang baru untuk putaran penelitian tindakan berikutnya. Dengan demikian, dalam suatu siklus spiral penelitian tindakan kelas, guru merumuskan hipotesis tindakan, dan pada siklus berikutnya merumuskan hipotesis yang lain, dan pada siklus berikutnya lagi merumuskan hipotesis yang lain lagi; dan begitulah seterusnya, sampai tindakan yang dilakukan dapat berdampak kepada peningkatan kualitas kemampuan membaca cepat pada siswa Kelas VII SMP Majapahit tersebut.

Selain contoh tersebut di atas, berikut ini juga disajikan beberapa contoh hipotesis tindakan suatu kegiatan penelitian tindakan kelas.

a. Guru tidak mungkin bergeser dari situasi formal kalau mereka menggunakan pendekatan terstruktur jangka pendek. Pengertian pendekatan terstruktur jangka pendek adalah pendekatan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dalam waktu yang singkat. Penggunaan terstruktur jangka pendek cenderung menceburkan guru ke dalam salah satu di antara dua dilema yang mungkin timbul. 

Pertama, ada kemungkinan bahwa siswa menggunakan alur penalaran yang berbeda dengan alur penalaran yang diinginkan oleh guru. Misalnya, guru telah menentukan waktu yang digunakan untuk mencapai tujuan. Karena ada perbedaan alur penalaran antara guru dan siswa, maka terpaksa pencapaian tujuan itu ditempuh dalam waktu yang lebih lama, atau dia harus mengendalikan penalarannya. Jika cara yang pertama yang dipilih, dia memerlukan waktu yang lebih lama, padahal waktu yang ditentukan jelas terbatas. Jika cara kedua yang dipilih, ketergantungan proses berpikir siswa kepada guru pasti semakin bertambah sehingga proses kemandirian dan kreativitas berpikir siswa justru menjadi lamban.

Kedua, siswa mungkin sama sekali tidak banyak dapat melakukan penalaran Sebab, untuk bisa mencapai tujuan dalam waktu yang telah ditentukan, sangat boleh jadi guru membimbing siswa ke arah pencapaian tujuan itu dengan memberinya terlalu banyak petunjuk. Dalam situasi semacam itu, kemungkinan besar siswa banyak menebak ke arah mana jawaban yang diinginkan oleh guru karena mereka tidak ingin terlalu menyimpang dari jawaban yang diinginkan oleh guru. Akibatnya, siswa justru bisa kehilangan kemandirian dalam melakukan penalarannya dan yang semakin berkembang justru ketergantungan siswa yang semakin tinggi kepada guru

b. Untuk menghilangkan tebak-menebak dan bergeser dari situasi formal ke situasi informal, guru mungkin harus menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal berikut.

1) Mengubah topik

Guru mengubah topik yang sedang dibicarakan, dapat menghambat siswa dalam mengungkapkan dan mengembangkan gagasan-gagasannya sendiri karena siswa cenderung menafsirkan perubahan tersebut sebagai usaha untuk mendapatkan kesesuaian dengan alur penalaran tertentu yang dikembangkan oleh gurunya. 

2) Penguatan positif

Ungkapan tanggapan positif yang terlalu mantap, dengan menggunakan kata kata: "bagus, wah sangat menarik itu, atau betul sekali kamu" sebagai tanggapan terhadap gagasan tertentu yang diungkapkan siswa dapat menghalangi pengungkapan dan pembahasan gagasan-gagasan yang lain karena siswa cenderung menafsirkan kata-kata penguatan yang diberikan oleh guru itu sebagai isyarat bahwa jawaban siswa itu merupakan satu-satunya jawaban yang benar. Akibatnya, karena siswa terlalu merasa puas terhadap jawabannya itu sehingga kurang mau mengembangkan lagi gagasan-gagasan yang lain. 

3) Pengajuan pertanyaan kritis secara selektif

Guru yang mengajukan pertanyaan secara kritis kepada siswa-siswa tertentu saja dan bukan kepada semua siswa dapat menghalangi kelompok siswa tersebut untuk mengembangkan gagasan-gagasannya karena pertanyaan demikian cenderung bisa ditafsirkan sebagai evaluasi negatif terhadap gagasan gagasan yang diungkapkan.

4) Pertanyaan dan pernyataan yang mengarah

Pertanyaan dan pemyataan yang mengandung informasi tentang jawaban yang diinginkan guru dapat menghalangi siswa untuk mengembangkan gagasan gagasannya sendiri karena mereka cenderung menafsirkan tindakan demikian sebagai usaha menghambat atau membatasi arah pemikiran meraka. 

5) Mengundang kesepakatan bulat

Gura menanggapi gagasan-gagasan siswa dengan pertanyaan seperti: "apakah kalian semua setuju?" atau "Apakah ada yang tidak setuju?" cenderung menghalangi pengungkapan keragaman pikiran atau pendapat siswa. 

6)Urutan pertanyaan jawaban

Guru yang selalu mengajukan pertanyaan setelah mendengar jawaban siswa terhadap pertanyaan sebelumnya dapat menghalangi siswa untuk mengemukakan gagasan-gagasan mereka sendiri karena siswa mungkin menafsirkan pola demikian sebagai usaha untuk mengendalikan masukan dan urutan gagasan.

7) Mengendalikan informasi faktual

Guru yang menyampaikan informasi faktual secara pribadi, secara tulisan atau lisan, dapat menghalangi siswa untuk mengevaluasinya karena siswa cenderung menafsirkan intervensi demikian sebagai usaha untuk membuat mereka menerima kebenaran.

 8) Tidak meminta evaluasi

Guru yang tidak meminta siswanya untuk mengevaluasi informasi yang mereka pelajan dapat menghalangi mereka untuk mampu mengajukan kritik secara baik karena siswa cenderung menafsirakn situasi tersebut sebagai hal yang melarang adanya kritik

c. Guru yang menggunakan pendekatan terstruktur jangka panjang dalam konteks dimana siswa secara psikologis bergantung kepada guru lebih kemungkinannya untuk bergeser dari situasi formal dibanding dengan guru yang menggunakan pendekatan tak terstruktur.

Jika siswa secara psikologis tampak sangat bergantung kepada guru, maka guru dapat mengurangi ketergantungan tersebut dengan jalan meyakinkan bahwa mereka tidak akan bisa memperoleh jawaban dari guru. Pertanda apapun yang menunjukkan digunakannya pendekatan terstruktur, meskipun dalam jangka panjang, mendorong mereka untuk menghabiskan tenaganya untuk mendapatkan jawaban dari gurunya. Tentu saja, guru dapat berusaha meyakinkan siswanya bahwa tidak memiliki jawaban yang diinginkan, tetapi mungkin cara yang baik adalah mengusahakan mencapai tujuan-tujuan yang tak terstruktur sehingga siswa lebih leluasa dalam mengembangkan gagasan-gagasan mereka untuk sampai pada jawaban yang diinginkan. 

d. Agar dapat menggunakan pendekatan tak terstruktur dan bergeser dari situasi formal, mungkin untuk sementara guru perlu menggunakan metode terbuka daripada terbimbing

Bimbingan dalam pendekatan terstruktur berbeda dari bimbingan dalam pendekatan tak terstruktur. Ciri perbedaan itu dapat ditemukan dalam bahasa yang digunakan untuk bertanya. Di dalam pendekatan terstruktur, pertanyaan guru cenderung terfokus pada bahan pembicaraan, sedangkan dalam pendekatan tak terstruktur pertanyaan guru cenderung terfokus pada siswanya. Artinya, dalam pendekatan terstruktur, pembicaraan dipusatkan pada hal-hal di luar diri siswa sehingga terasa kurang bermakna. Sebaliknya, dalam pendekatan tak terstruktur pembicaraan dikaitkan dengan pengalaman siswa sehingga bahan yang fokus dibicarakan tampak seperti bagian dari diri siswa sehingga lebih terasa bermakna bagi siswa.

e. Dalam konteks siswa mengembangkan kepercayaan terhadap kekuatan penalaran mereka sendiri guru dapat mengubah metode tak terstruktur terbuka kepada metode terstruktur-terbimbing (berorientasi pada siswa) dengan menghindarkan dari kendala bagi terjadinya pembelajaran mandiri.

Ketika siswa tidak merasakan adanya kebutuhan yang besar untuk bergantung kepada gurunya, maka akan lebih kecil kemungkinannya siswa salah dalam menafsirkan bimbingan yang berorientasikan kepada siswa sebagai pertanda yang bersifat tersembunyi tentang jawaban yang diinginkan guru.

f. Dalam konteks siswa mengembangkan kepercayaan terhadap kekuatanpenalaran mereka sendiri, guru dapat menggunakan pendekatan terstruktur jangka panjang 

Begitu siswa dapat menghargai dan lebih yakin terhadap arah pembelajarannya sendiri, mereka kurang tertarik untuk memandang jawaban dari gurunya. Bahkan, meskipun mereka menyadari bahwa guru menginginkan jawaban tertentu, mereka berusaha untuk memikirkan sendiri jawaban-jawaban itu asal gurunya tidak menghalangi mereka melakukan proses pemikiran itu dengan cara memotong proses penalaran mereka karena ingin memberikan jawaban secepatnya.

Berikut ini ada sejumlah pertanyaan penting yang dirumuskan oleh Kemmis dan Me Taggar, yang dapat membimbing guru sebagai peneliti untuk menganalisis masalah secara lebih cermat dan mendalam.

a Apa hubungan antara individu dan kelompok dalam situasi ini? 

b. Apa yang diungkap oleh situasi ini tentang hubungan antara jati din individual dan budayanya?

c. Bagaimana situasi ini mengungkapkan hubungan antara nilai-nilai orang dan kepentingan diri mereka?

d. Sejauh mana situasi ini dibentuk oleh kondisi objektif, dan sejauh mana situasi dibentuk oleh kondisi subjektif seperti: harapan dan cara memahami dunia pada orang-orang yang terlibat dalam penelitian? 

e. Apa yang diungkapkan dalam situasi ini tentang hubungan antara pertentangan dan perlembagaan? 

f. Apa yang diungkapkan dalam situasi ini tentang hubungan antara kapasitas kemauan manusia dengan struktur kerangka kerja yang membentuk dan membatasi kapasitas untuk melaksanakan kemauan itu?

g. Apa yang diungkapkan oleh situasi ini tentang hubungan antara teori dan praktik? 

h. Apa yang diungkapkan dalam situasi ini tentang hubungan antara proses dan produk? 

i. Apa yang diungkapkan oleh situasi ini tentang hubungan antara pendidikan dan masyarakat? 

j. Apa yang diungkapkan oleh situasi ini tentang hubungan antara reproduksi dan trarasformusi? 

k. Apa yang diungkapkan oleh situasi ini tentang hubungan antara stabilitas atau kesinambungan dengan perubahan atau keputusan sejarah? 

l. Apa yang diungkapkan oleh situasi ini tentang hubungan antara keadaan dan konsekuensi, atau tentang hubungan antara tujuan dan pencapaian?

Tentu saja guru sebagai peneliti tidak mungkin dapat menjawab semua pertanyaan di atas atau menjawab semua pertanyaan secara menyeluruh. Namun, daftar pertanyaan itu dapat membantu peneliti dalam memahami situasi yang ada bersama gejala-gejala yang perlu diteliti. Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin akan membuat peneliti merasa masih kurang mengenai pengetahuan tentang situasi yang akan diteliti sehingga mampu melihat kekurangan pada dirinya. Kemampuan untuk melihat kekurangan yang ada pada dirinya adalah salah satu persyaratan bagi keberhasilan penelitian tindakan. termasuk penelitian tindakan kelas.




src. Mohammad Asrori, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, 2016, wacana prima h. 93

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar