SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


 

SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. Judul Penelitian

Judul penelitian hendaknya singkat dan spesifik tetapi cukup jelas mewakili gambaran tentang masalah yang akan diteliti dan tindakan yang dipilih untuk menyelesaikan atau sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi

B. Bidang Ilmu

Tuliskan bidang ilmu ketua peneliti berdasarkan mata pelajaran yang diajar di sekolah. Masalah yang yang diteliti harus relevan dengan mata pelajaran yang diajar di sekolah. Jika tidak, maka akan menjadi kendala untuk diterimanya penelitian tersebut.

C. Pendahuluan

Penelitian dilakukan untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Kemukakan secara jelas bahwa masalah yang diteliti merupakan sebuah masalah yang nyata terjadi di sekolah dan diagnosis oleh guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah. Masalah yang akan diteliti merupakan sebuah masalah penting dan mendesak untuk dipecahkan serta dapat dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya, dan daya dukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian tersebut. Setelah didiagnosis dan diidentifikasi masalah penelitiannya, maka selanjutnya perlu diidentifikasi dan dideskripsikan secara cermat akar penyebab dari masalah tersebut. Penting juga digambarkan situasi kolaboratif antar anggota peneliti dalam mencari masalah dan akar penyebab munculnya masalah tersebut. Selain itu, prosedur dan alat yang digunakan dalam melakukan identifikasi permasalahan dan penyebabnya perlu dikemukakan secara jelas dan sistematis.

D. Perumusan Masalah

Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk suatu rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil positif yang diantisipasi.

E. Cara Pemecahan Masalah

uraikan pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah yang diteliti sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara pemecahan masalah telah menunjukkan akar penyebab permasalahan dan bentuk tindakan (action) yang ditunjang dengan data yang lengkap dan baik.

F. Tinjauan Pustaka

Uraikan dengan jelas kajian teori dan pustaka yang memunculkan gagasan yang mendasari penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan teori, temuan dan bahan penelitian lain yang dipahami sebagai acuan, yang dijadikan landasan untuk menunjukkan ketepatan tentang tindakan yang akan dilakukan dalam mengatasi permasalahan penelitian tersebut. Uraian ini digunakan untuk menyusun kerangka berpikir atau kerangka konsep yang akan digunakan dalam penelitian. Pada bagian akhir dikemukakan hipotesis tindakan yang menggambarkan tingkat keberhasilan tindakan yang diharapkan

G Tujuan Penelitian

Kemukakan secara singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai dengan mendasarkan pada permasalahan yang dikemukakan. Tujuan penelitian ini dijabarkan ke dalam Tujuan Umum dan Tujuan Khusus yang diuraikan dengan jelas, sehingga tampak keberhasilannya.

H. Kontribusl (Sumbangan) Hasil Penelitian

Uraikan kontribusi (sumbangan) hasil penelitian yang akan dilakukan terhadap kualitas pembelajaran dan/atau pendidikan, sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru, maupun komponen pendidikan lainnya di sekolah. Kemukakan inovasi atau pembaharuan yang akan dihasilkan dari penelitian ini.

I. Metode Penelitian

Uraikan secara jelas prosedur penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan objek, waktu pelaksanaan dan lokasi penelitian secara jelas. Prosedur hendaknya dirinci sesuai dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas, yaitu dari "perencanaan-tindakan observasi-refleksi", yang bersifat daur ulang atau siklus. Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam satu siklus sebelum pindah ke siklus lainnya. Jumlah-jumlah siklus diusahakan lebih dari satu siklus minimal dua siklus), meskipun harus diingat juga jadwal kegiatan belajar di sekolah ( (cawu/semester).

J. Jadwal Penelitian

Buatlah jadwal kegiatan penelitian yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil penelitian dalam bentuk bar chart. Jadwal kegiatan penelitian disusun selama 10 bulan. 

K. Personalia Penelitian

Jumlah personalia penelitian maksimal 3 orang, yang terdiri dari: 1 orang ketua peneliti dan 2 orang anggota peneliti. Namun demikian, penelitian tindakan kelas ini dapat juga dilakukan sendirian oleh satu orang guru saja. Uraikan peran dan jumlah waktu yang digunakan dalam setiap bentuk kegiatan penelitian yang dilakukan. Rincilah golongan, pangkat, jabatan, dan lembaga tempat tugas, sama seperti nama peneliti, pada Lembar Pengesahan.

L. Daftar Pustaka

Tulislah daftar pustaka secara konsisten dengan mengikuti model APA, MLA atau Turabian dan diketik satu spasi.

M. Lampiran-lampiran

Lampirkanlah riwayat hidup ketua peneliti dan anggota peneliti (Cantumkan pengalaman penelitian yang relevan yang telah dihasilkan sampai saat ini). 

Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Setelah dipaparkan Sistematika Usulan Penelitian Tindakan Kelas beserta contohnya, maka untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan mempermudah guru dalam menyusun laporan, berikut ini diuraikan Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas beserta contohnya.

Laporan Penelitian Tindakan Kelas, sistematikanya meliputi unsur-unsur berikut 

1. Lembar Sampul (cover) Laporan Penelitian

2. Lembar Identitas dan Pengesahan

3. Abstrak

4. Daftar Isi

5. Daftar Tabel

6. Daftar Gambar (jika dalam laporannya ada gambar-gambar)

7. Daftar Lampiran

8. Pendahuluan

9. Kajian Pustaka

10. Pelaksanaan Penelitian

11. Hasil Penelitian dan Pembahasan

12. Simpulan dan Saran-saran 

13. Daftar Pustaka

Pada halaman-halaman berikut ini diuraikan masing-masing unsur tersebut agar dapat memberikan gambaran yang lebih jelas bagi para guru yang membuat laporan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan.



src. Mohammad Asrori, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, 2016, wacana prima h. 147-150

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar