Jenis jenis Permintaan : berdasarkan daya beli dan jumlah subjek pendukung


 Permintaan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara  lain permintaan berdasarkan daya beli dan jumlah subjek pendukung. 

Berdasarkan daya belinya

Berdasarkan daya belinya, permintaan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu permintaan efektif, permintaan potensial, dan permintaan absolut.

1.  Permintaan absolut.

Permintaan absolut adalah permintaan atas barang atau jasa yang tidak diiringi dengan kemampuan untuk membeli, sehingga lebih merupakan angan-angan. Permintaan absolut ini dimiliki oleh semua orang. Misalnya, seseorang ingin membeli sepatu olah raga yang harganya Rp. 1.500.000 tapi tidak memiliki cukup uang untuk membelinya.

2.  Permintaan potensial.

Yaitu permintaan atas suatu barang atau  jasa yang didukung dengan adanya kepemilikan sejumlah uang atau kemampuan daya beli, namun pembelian atas barang/jasa tersebut masih berupa rencana membeli karena adanya beberapa alternative barang/jasa. Orang-orang yang mempunyai kemampuan   untuk membeli ini biasanya menjadi sasaran iklan  untuk  mempengaruhi  agar  mereka  melakukan  pembelian  atas produk tertentu. Misalnya, seorang yang memiliki sisa uang Rp 2.000.000 berencana   membeli   sepasang   sepatu   dengan   kisaran   harga   Rp 1.500.000, namun masih belum memutuskan sepatu merk apa yang akan dibeli.

3.  Permintaan efektif.

Yaitu  permintaan atas suatu produk barang atau  jasa  yang  dilakukan sesuai dengan daya beli yang dimiliki. Misalnya seseorang pada contoh nomor 2 diatas (permintaan potensial) akhirnya membeli sepatu merk “Nyaman”, seharga Rp 1.600.000.

permintaan menurut subjek pendukungnya


Sedangkan permintaan menurut subjek pendukungnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu individual dan kolektif/pasar.

1)  Permintaan  individu  

yaitu  permintaan  yang  dilakukan  oleh  seorang pembeli terhadap barang dan jasa yang akan digunakan untukmemenuhi kebutuhannya. 

2) Permintaan kolektif/pasar

 yaitu permintaan yang dilakukan olehkonsumen secara keseluruhan di dalam pasar.

Seperti   telah   dijelaskan   sebelumnya,   bahwa   salah   satu   faktor   yang mempengaruhi  jumlah barang  yang diminta adalah  harga  barang  itu  sendiri, maka dapat dikatakan antara harga dengan jumlah barang yang diminta mempunyai hubungan yang erat. Untuk melihat bagaimana hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang diminta perlu dibuat asumsi bahwa faktor-faktor  lain  yang  memengaruhi  permintaan  tidak  berubah  atau  dalam kondisi ceteris paribus.

Bunyi hukum permintaan yaitu “Jika harga suatu barang meningkat, maka jumlah barang yang diminta akan turun. Sebaliknya, jika harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang akan diminta akan meningkat (Cateris Paribus)” Untuk lebih jelasnya lagi bisa dilihat pada video hukum permintaan pada link berikut: https://bit.ly/2KnB6H9  (Nisa, 2019, Awaluddin dan Wijayati 2018).
Gambar   Kurva permintaan berdasarkan tabel permintaan

Gambar   Kurva permintaan berdasarkan tabel permintaan

Hubungan  antara  harga  dengan  jumlah  barang  yang  diminta  bisa  diketahui melalui fungsi permintaan. Fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan yaitu apabila harga suatu barang naik maka permintaan akan barang tersebut juga menurun dan sebaliknya  apabila harga barang turun maka  permintaan  akan barang tersebut meningkat. Jadi, hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta oleh konsumen memiliki hubungan yang terbalik, sehingga gradien dari fungsi permintaan (b) akan selalu negatif.

Bentuk  umum  fungsi  permintaan  dengan  dua  variabel  adalah  sebagai berikut:

Qd = a – bPd


Keterangan:

a dan b = konstanta, dimana b harus bernilai negatif

b = ∆Qd / ∆Pd

Pd = harga barang per unit yang diminta Qd = banyaknya unit barang yang diminta Syarat, P ≥ 0, Q ≥ 0, serta dPd / dQ < 0


Rumus fungsi permintaan:  

Keterangan:
Pd1 = harga awal Qd1 = kuantitas awal Pd2 = harga akhir Qd2 = kuantitas akhir

Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi permintaan bisa dipelajari lebih lanjut melalui link video berikut https://youtu.be/psV1orh-OoM (soal perhitungan fungsi permintaan dan fungsi penawaran) (Nisa, 2019).


modul belajar mandiri ppppk ekonomi Pembelajaran 3. Permintaan, Penawaran, dan Struktur Pasar, Kemdikbud

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar