Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Penawaran dan Fungsi penawaran

Jenis Penawaran

Adapun jenis penawaran ada 2, penawaran penjual dan penawaran pasar.

1)  Penawaran  penjual,  

yaitu  jumlah  penawaran  yang  dilakukan  oleh perusahaan atau penjual tertentu atas suatu barang atau jasa.

2) Penawaran Pasar, 

yaitu hasil penjumlahan dari seluruh perusahaan yang ada di pasar terhadap suatu barang atau jasa dalam waktu tertentu.

Dari beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran diatas, harga adalah faktor yang  paling  dominan dalam mempengaruhi penawaran. Sehingga   para  ahli ekonomi membuat hukum penawaran yaitu hukum yang mengatur hubungan antara harga barang dengan penawaran dari uraian di atas, dapat dirumuskan hukum penawaran sebagai berikut: “Apabila harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan naik dan apabila harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun” atau penawaran terhadap suatu barang berbanding lurus dengan harga barang yang ditawarkan.

Sebagaimana  hukum  permintaan,  hukum  penawaran  tidak  berlaku  mutlak. Hukum penawaran hanya merupakan kecenderungan dan dapat berlaku secara ceteris paribus yang artinya hukum penawaran hanya berlaku jika faktor yang mempengaruhi penawaran selain harga barang adalah tetap. 
Gambar  Kurva penawaran berdasarkan tabel penawaran

Gambar  Kurva penawaran berdasarkan tabel penawaran

Fungsi penawaran

Fungsi penawaran merupakan fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga barang yang ada di pasar dengan kuantitas penawaran yang ditawarkan oleh produsen. Sebelumnya sudah kita ketahui mengenai Hukum Penawaran dimana ketika harga barang dan jasa naik, kuantitas yang ditawarkan juga naik dan jika harga barang dan jasa turun, kuantitas yang ditawarkan pun turun. Hal ini menunjukkan bahwa penawaran dan harga barang  yang ditawarkan memiliki hubungan positif, oleh karena itu fungsi penawaran akan selalu positif.

Bentuk fungsi penawaran: Qs = a + bPs

a & b adalah konstanta dimana b harus bernilai positif

Ps adalah harga barang yang ditawarkan

Qs adalah jumlah barang yang ditawarkan


Rumus fungsi penawaran

Keterangan:
Ps1 = harga awal Qs1 = kuantitas awal Ps2 = harga akhir Qs2 = kuantitas akhir 

Untuk lebih jelasnya mengenai perhitungan fungsi penawaran, simak dan pelajari pada link video berikut https://youtu.be/0Itcx5B-RtM (penyelesaian soal fungsi penawaran) dan link https://youtu.be/mIZsw9lRSa0 (cara cepat mencari fungsi permintaan dan fungsi penawaran) (Nisa, 2019).



Source: Modul belajar mandiri ppppk ekonomi Pembelajaran 3. Permintaan, Penawaran, dan Struktur Pasar, Kemdikbud 

Posting Komentar untuk "Jenis Penawaran dan Fungsi penawaran"