Konsep OOP dalam pengembangan aplikasi/sistem informasi menggunakan Program Java


Konsep  OOP/Object Oriented Programming  dalam  pengembangan  aplikasi/sistem  informasi menggunakan Program Java

Bahasa java dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems dan dirilis tahun 1995. Bahasa Java dapat dijalankan pada berbagai komputer dan platform sistem operasi.  Slogan Java: Write once, run anywhere! (Tulis sekali, jalankan di manapun).  Java adalah bahasa pemrograman bersifat umum (general purpose). Sintaks Bahasa Java diadopsi dari Bahasa C dan C++ tetapi lebih sederhana.  Nama “java” diambil dari jenis kopi yang diminum oleh James Gosling saat itu. Bahasa java memiliki karakteristik: sederhana, berorientasi objek, interpreted, terdistribusi, tangguh, portable, robus (memiliki kinerja tinggi), aman, ArchitectureNeutral, Portable, Multithreaded dan dinamis.

Compiler java mengubah kode program menjadi bahasa intermediate yang mengkompilasi kode program Java dirancang untuk  menghasilkan kode yang netral terhadap semua arsitektur perangkat keras disebut java bytecode. Kemudian interpreter Java  bernama  JVM  (JavaVirtual    Machine) melakukan interpretasi bytecode setiap kali bytecode tersebut dijalankan.

Platform java terrdiri atas dua bagian utama, yaitu Java Virtual Machine (JVM) dan Java Application Programming Interface (JavaAPI).

Sun membagi arsitektur Java membagi tiga bagian, yaitu:

Enterprise Java (J2EE) untuk aplikasi berbasis web, aplikasi sistem tersebar dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi. Merupakan superset dari Standar Java

•   Standar Java (J2SE), ini adalah yang biasa dikenal sebagai bahasa Java.

Micro Java (J2ME) merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak dipakai adalah untuk wireless device / mobile device. 

Fase-fase pemrograman java

Gambar di bawah ini menjelaskan aliran proses kompilasi dan eksekusi sebuah program Java.

Gambar  Fase dari sebuah program Java

Gambar  Fase dari sebuah program Java

Langkah pertama dalam pembuatan sebuah program berbasis Java adalah menuliskan kode program pada text editor. Contoh text editor yang dapat digunakan antara lain: notepad, vi, emacs dan lain sebagainya. Kode program yang dibuat kemudian tersimpan dalam sebuah berkas berekstensi .java. Setelah membuat dan menyimpan kode program, kompilasi file yang berisi kode program tersebut dengan menggunakan Java Compiler. Hasil dari kompilasi berupa berkas byte code dengan ekstensi *.class. Berkas yang mengandung byte code tersebut kemudian akan dikonversikan oleh Java Interpreter menjadi bahasa mesin sesuai dengan jenis dan platform yang digunakan.

Platform java yang sering digunakan adalah Java SDK dan java editor NetBeans. JavaSDK adalah platform dasar Java yang diperlukan agar komputer atau laptop dapat digunakan untuk mengeksekusi     kode-kode     programbahasa     Java, sedangkan NetBeans adalah aplikasi editor terpadu (IDE atau Integrated Develepment Environment) yang akan banyak mempermudah dalam membuat aplikasi karena   menyediakan   kontrol-kontrol   visual   yang   penting   dalam pemrograman desktop (atau lebih dikenal sebagai p emrograman visual). IDE NetBeans mengharuskan membuat new Project terlebih dahulu sebelum menulis script program java. Dengan cara klik File new Project , langkah berikutnya memilih  aplikasi  Java  Aplication.  File  dengan  extension  .java dibuat untuk memulai menulis program java. 

Java Keywords

Di bawah ini ditampilkan semua kata-kunci (Java keywords ) : Tabel. Java Keywords

Abstract

Default

If

private

this

Boolean

Do

implements

protected

throw

Break

Double

import

public

throws

Byte

Else

instanceof

return

transient

Case

Extends

int

short

try

Catch

Final

interface

static

void

Char

Finaly

long

strictfp

volatile


Tipe Data Dalam Java


Sebagaimana bahasa pemrograman yang lain, di dalam Java juga dikenal istilah tipe data. Tipe data ini digunakan untuk pengalokasian memory guna menyimpan nilai/valuenya. Di dalam Java, ada beberapa tipe data sebagai berikut:

Tabel. Tipe Data dalam Java

Tipe Data

Range nilai

Keterangan

Byte

-128 ... 127

Bilangan bulat

Short

-32768 ... 32767

Bilangan bulat

Int

- 2147483648 ... 2147483647

Bilangan bulat

Long

-9223372036854775808 ...

9223372036854775807

Bilangan bulat

Float

 

Bilangan riil

Double

 

Bilangan riil

Char

 

Karakter

String

 

String (beberapa karakter)

Boolean

true/false

-


Variabel

Variabel adalah item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek. Variabel memiliki tipe data dan nama. Tipe data menandakan tipe nilai yang dapat dibentuk oleh variabel itu sendiri. Nama variabel harus mengikuti aturan untuk identifier. 


source: modul pppk informatika Pembelajaran 2. Rekayasa Perangkat Lunak, kembdikbud
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar