Mengembangkan dan mengintegrasikan aplikasi office pengolah kata (Microsoft Word), angka (Microsoft Excel)


a.  Integrasi hasil kerja pada aplikasi word untuk mengisi/menyusun e-book  Microsoft Word

Microsoft Word merupakan program pengolahan kata sehingga untuk anda yang ingin membuat dokumen yang berhubungan dengan kata akan lebih maksimal jika dilakukan di sini. Program ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1983, pada masa perkenalannya program ini merupakan program dikenal sebagai Multi Tool World dan digunakan untuk Xenix. Setelah itu karena memiliki fungsi yang cukup menguntungkan, program Microsoft Word ini kemudian dikembangkan untuk sistem operasi yang lainnya.

Secara resmi, Microsoft Word digunakan dalam sistem operasi Windows pada Microsoft Office 2003 dan hingga saat ini terus berkembang. Dalam perjalanannya, Microsoft Word memiliki perubahan nama yaitu pada tahun 2013 ia berganti nama menjadi Word tapi hingga saat ini nama Microsoft Word terus melekat padanya. Pada umumnya, terutama di Indonesia, dan khususnya dalam bidang pendidikan, aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata adalah Microsoft Office Word atau yang sering disingkat Ms.Word yang sekarang ini sering digunakan merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi  sebelumnya. Ms. Word yang  paling terbaru adalah Ms. Word 2019 yang tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu dan tools.

Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. Berisi menu: File, Home, Insert, Design, Layout, Preferences, Mailings, Review, View, dan Help. Ribbon adalah sekumpulan ikon kerja dalam setiap menu. Sedangkan Group adalah sekumpulan atau kelompok menu dalam setiap Ribbon yang memiliki kemiripan  fungsi.    Jadi,  Menu  menyediakan Ribbon,  Ribbon  terdiri  dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan ikon kerja yang memiliki kemiripan fungsi. Berikut ini ilustrasinya. Ribbon garis kuning dan group pada garis merah.


Ribbon, Group dan Menu

1)  Fungsi Fungsi Icon Pada Menu Home
Menu Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.

2)  Fungsi Icon Pada Menu Insert
Menu Insert  digunakan  untuk  menyisipkan  objek  ke  dalam  dokumen berupa  objek  gambar, tabel, shape, karakter spesial (symbols) dan link ke file  yang berada di luar dokumen dan ke internet.   Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri atas 7 group ikon perintah kerja  yang memiliki kesamaan fungsi yaitu (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols

3)  Fungsi Icon Pada Menu Design
Menu Design  digunakan  untuk  mendesain tata letak teks,  objek, dan background teks, obyek dan halaman edit yang terdiri dari groups themes, colors, fonts, paragraph spacing, effecr, watermark, page color dan page border.

4)  Fungsi Icon pada Menu References
Menu References  digunakan  untuk  menandai teks atau objek untuk mengikuti secara sekuensial atau berurutan fungsi jenis referens yang digunakan. Misalnya,  Anda  menginginkan  daftar  isi  yang  akan  terus bersesuaian halamannya mengikuti halaman tempat judul atau sub judul yang hendak didaftar pada daftar isi.  Groups ini  terdiri dari Table of Contents,  footnotes,  citation  &  bibliography, caption,  index  dan  table authorities. 

Fungsi Icon pada Menu Mailings
Menu Mailings memiliki sejumlah ikon perintah kerja dalam Ribbonnya. Secara umum menu ini difungsikan untuk mengelola dokumen persuratan. Ikon-ikon tersebut dikelompokkan ke dalam lima group ikon menu Mailings yaitu create, start mail merga, write&insert fields, preview results dan finish.

5)  Fungsi Icon pada Menu Review
Menu Review memiliki sejumlah ikon perintah kerja dalam Ribbonnya. Secara umum menu ini difungsikan untuk mencermati dokumen, baik tata bahasanya, pembacaannya, terjemahannya, pemeberian komentar, membandingkan, protek, maupun sampai pada pemberian dan penghilangan link (tautan). Ikon-ikon tersebut dikelompokkan ke dalam 12 group ikon menu Riview yaitu proofing, speech, accessibility, language, comments, tracking, changes, compare, protect dan link.

6)  Fungsi Icon Pada Menu View
Menu View memiliki sejumlah ikon perintah kerja dalam Ribbonnya. Secara umum  menu  ini  difungsikan untuk  melihat  dokumen  dalam  beberapa bentuk. Ikon-ikon tersebut views, immersive, page movement, show, zoom, window, macros dan sharepoint.

7)  Fungsi Ikon pada Menu Design
Ribbon Menu Design berisi tiga group ikon kerja, yakni: 1) group Table Style Options, 2) Table Style, dan 3) Borders.

b.  Integrasi hasil kerja pada aplikasi excel untuk mengisi/menyusun e-book

Microsoft Excel ini merupakan Program yang di desain untuk melakukan pengolahan angka.
Selain banyak fungsi untuk melakukan penghitungan angka, Microsoft Excel dilengkapi dengan kelebihan lainnya yang membuat Program ini menjadi makin banyak digunakan. Seperti fungsi logika dan juga sedikit fungsi pengolahan kata.

Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah-istilah umum yang akan digunakan. 
Mengembangkan dan mengintegrasikan aplikasi office pengolah kata (Microsoft Word), angka (Microsoft Excel)

Bagian-bagian dari Ms. Excel

1)  Column

Dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama yaitu :

a)  Row Heading
Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel. Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.

b)  Column Heading
Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar, bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom).

c)  Cell
Sel adalah pertemuan kolom (A, B, C…) dengan baris (1, 2, 3…).
Misal: C23 adalah pertemuan kolom C dengan baris 23. d)  Formula Bar
Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’. Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 .

2)  Pointer

Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif.   Ada tiga bentuk dasar pointer yang harus diketahui 

3)  Menggerakkan Penunjuk Sel

Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk menggerakan pointer dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng- klik sel yang diinginkan.

4)  Format Worksheets

a)  Menambahkan border dan color

Kita dapat menambahkan border pada lembar kerja kita.

b)  Merge Cells & Allign Cell Contens

Microsoft  Excel  juga  menyediakan  fasilitas  merge  cells  dan memiliki fungsi yang sama seperti pada Microsoft word

5)  Menggunakan Rumus (Formula)

Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel, karena setiap tabel dan  dokumen yang  kita ketik akan  selalu berhubungan dengan rumus dan  fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah; 

Lambang

Fungsi

+

Penjumlahan

-

Pengurangan

*

Perkalian

/

Pembagian

^

Perpangkatan

%

Persentase

Proses perhitungan akan  dilakukan sesuai dengan derajat urutan

dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah

(+) atau kurang (-).

6)  Menggunakan Fungsi

Fungsi adalah rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung (). Beberapa fungsi yang sering digunakan:
a)  Fungsi Average (…) untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data(range). Bentuk umum penulisannya adalah =AVERAGE (number1, number2,,,), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.

b) Fungsi Logika IF(…). Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut. 
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan

c)  Fungsi Max (…). Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah
=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya.

d)  Fungsi Min(…). Sama halnya dengan fungsi max, bedanya fungsi min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik.

e)  Fungsi Sum(…). Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data  pada  suatu  range.  Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.

f) Fungsi Left(…). Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.

g)  Fungsi Mid(…). Fungsi ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks. Bentuk umum pemakaian fungsi    ini    adalah    =MID(text,start_num,num_chars). Artinya mengambil sejumlah karakter mulai  dari  start_num, sebanyak num_char.

h)  Fungsi Right(…), Fungsi ini merupakan kebalikan dari fungsi left, kalau fungsi left mengambil sejumlah karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlah karakter dari sebelah kanan teks..          Bentuk          umum          penulisannya          adalah
=RIGHT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil  sebagian karakternya dari  sebelah kanan,  num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.

i) Fungsi  HLOOKUP  dan  VLOOKUP.  Fungsi  HLOOKUP  dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal (VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP). Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah :

j)   =HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,…)

k)  =VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_index_num,…)

l) Dari  rumus  diatas,  dapat  dilihat bahwa bedanya hanya  pada nomor indeksnya saja, kalau kita pakai HLOOKUP, maka digunakan nomor indeks baris (Row_index_num), tapi kalu pakai VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom (Col_index_num). Nomor indeks adalah angka untuk menyatakan posisi suatu kolom/baris dalam tabel yang dimulai dengan nomor 1  untuk kolom/baris pertama dalam range data tersebut.

7)  Validasi

Validasi banyak sekali fungsinya, diantaranya untuk menghindari kesalahan pengentrian, mempermudah pemilihan data yang ada (tanpa mengetik ulang) dll.

8)  Link

Link adalah hubungan atau keterkaitan suatu objek dengan   objek lainnya. Link dapat melalui teks atau media lain, sedangkan objek yang dituju atau yang dihubungkannya dapat berupa lembar kerja lain, file 
lain sejenis (xlsx) atau file berbeda (doc, xls, jpg, mp3, dll), juga bisa berbentuk alamat website. Di dalam MS   Excel, link akan kita bagi menjadi dua jenis. Jenis pertama yaitu keterkaitan antar objek yang tidak memerlukan media link (tanpa mengklik objek), dan jenis kedua yang menggunakan media link.

9)  Menggunakan Grafik

Salah satu fungsi unggul dalam Microsoft Excel adalah grafik dimana dapat melihat hasil tabel diubah menjadi ke dalam grafik dengan cepat. Dengan fungsi grafik para ilmuwan dapat menampilkan  data mereka.   Microsoft Excel menyediakan  berbagai   macam   bentuk grafik  yang mencakupi Line, XY, Column, Bar, Batang, Area, Stock, dan sebagainya. Grafik dapat dilihat dalam menu Insert sebagai berikut.
Mengembangkan dan mengintegrasikan aplikasi office pengolah kata (Microsoft Word), angka (Microsoft Excel)

Jika sudah terpilih jenis Chart yang anda inginkan, silakan klik OK. Namun, karena membuat grafik perlu sebuah tabel data untuk menampilkan grafiknya.

Integrasi hasil kerja pengolah kata, angka, dan presentasi dalam mengembangkan e-book.

Sebuah e-book,   sebagaimana   didefinisikan   oleh Oxford Kamus   bahasa Inggris, adalah versi elektronik dari  buku cetak yang  dapat dibaca pada komputer pribadi atau perangkat genggam yang dirancang khusus. 

File-file yang sering digunakan untuk pengemasan document tersebut sehingga bisa disebut e-book biasanya dalam format pdf, exe, doc, ppt, dan sebagainya. E-book berekstensi pdf (portable document format) adalah buku elektronik yang bisa dibuka dengan program-program pdf reader seperti Adobe Acrobat Reader, Foxit Reader, dan semacamnya. Format pdf lebih banyak digunakan dalam pembuatan e-book karena file ini memang lebih praktis dan mudah dalam pembuatannya.

a.  Aplikasi Untuk Membuat E-Book
Beberapa  aplikasi-aplikasi yang  biasa  digunakan  untuk  membuat  e-book sebagai berikut, Calibre Soft Maker Free Office 2016, Free ePUB Maker, Google Docs.
b.  Integrasi Microsoft Office ke E-Book
Di dalam Microsoft Office ada banyak jenis program yang bisa digunakan, yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Access, Microsoft Power Point dapat mengintegrasikan file menggunakan menu “Object”.

source: modul 1 pembelajaran pppk informatika kemdikbud

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar