Pasar Monopoli : Pengertian, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangan serta faktor-faktor yang menimbulkan monopoli


Pengertian Pasar monopoli

Monopoli berasal dari kata mono yang berarti satu dan poli yang berarti penjual, yang keduanya berasal dari bahasa Yunani. Jadi, pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh satu penjual atau satu perusahaan. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis"

Ciri-ciri Pasar monopoli

Pasar monopoli merupakan kebalikan dari pasar persaingan sempurna, pasar ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

a. Terdapat  hanya  satu  produsen  dalam  pasar  ini  sesuai  dengan  kata “mono” yang berarti satu.

b. Barang yang dihasilkan produsen tersebut tidak memiliki pengganti sama sekali.

c. Tidak ada produsen lain yang bisa masuk karena terhadap penghalang yang sangat kuat, seperti modal yang sangat besar untuk usaha tersebut, hak paten dan hak cipta yang dijamin oleh undang-undang Negara, atau teknologi  yang  sangat  spesifik,  mahal  dan  sulit  untuk  diiukuti  oleh produsen lain.

d.  Perusahaan dapat mempengaruhi harga.Penentuan harga sepenuhnya dikuasai  oleh  perusahaan,  akibatnya  perusahaan  dapat  menentukan harga pada tingkat yang dikehendaki.

e.  Promosi dan iklan kurang gencar dilakukan. Konsumen akan membeli produk yang dihasilkan perusahaan monopoli berapapun tingkat harga yang  ditetapkan jika mereka memerlukannya karena  tidak ada  pilihan produk lain. 

f. Permintaan yang dihadapi oleh perusahaan monopoli bersifat menurun dari kiri atas ke kanan bawah tapi lebih curam atau bersifat inelastis. Dengan bentuk kurva :
Gambar  Kurva permintaan pasar monopoli
Gambar  Kurva permintaan pasar monopoli

Karena ciri-ciri tersebut, seorang produsen dalam pasar monopoli memiliki kekuasaan penuh pada pasar tersebut (complete market power).

Salah satu alasan terjadinya monopoli adalah karena biaya yang luar biasa besar dibutuhkan untuk memulai suatu usaha. Karena faktor biaya ini, mayoritas produsen tidak ingin melakukan usaha dibidang tersebut. Hal ini sesungguhnya akan memacu skala ekonomi (economies of scale) perusahaan terutama ketika dibutuhkan biaya tetap sebagai biaya awal yang sangat besar (initial cost), (misalnya dalam produksi listrik dibutuhkan banyak generator raksasa dan jutaan tiang listrik serta kabel yang sangat banyak). Yaitu ketika perusahaan tersebut mendistribusikan biaya tetap tersebut pada seluruh produksinya sehingga biaya tetap per unit produksi akan semakin kecil seiring dengan semakin banyaknya produksi. Pada akhirnya biaya total per unit pun akan semakin kecil.

Bandingkan jika terdapat banyak perusahaan yang akan memproduksi listrik, dimana setiap perusahaan harus mengeluarkan biaya tetap diawal yang sangat besar sementara disisi lain mereka harus bersaing memperebutkan (berbagi) konsumen. Dalam kondisi ini economies of scale tidak akan terwujud. Inilah yang dinamakan dengan monopoli alamiah (natural monopoly). 

faktor-faktor yang menimbulkan monopoli

Menurut Salvatore dalam  Sukirno (2003) faktor-faktor yang menimbulkan monopoli antara lain :

1. Perusahaan menguasai sumberdaya tertentu yang unik dan tidak dimiliki perusahaan lain

2. Perusahaan   dapat   berproduksi   dengan   skala   ekonomis,   artinya perusahaan dapat menghasilkan produk semakin besar jumlahnya dengan biaya serendah mungkin jika dibandingkan dengan perusahaan lain.

3. Perusahaan diberi hak monopoli oleh pemerintah atau organisasi tertentu sehingga mempunyai hak eksklusif yang besar misalnya hak paten dan hak cipta.

Struktur pasar monopoli dapat melakukan diskriminasi harga, yaitu menjual barang yang sama dengan harga yang berbeda pada pasar/konsumen  yang berbeda. Diskriminasi harga adalah penetapan harga yang berbeda -beda pada produk yang sama dan pada waktu/tempat/pasar  yang berbeda untuk setiap pelanggan yang berbeda. Misalnya : kebijakan diskriminasi harga yang dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN), dimana tarif listrik untuk industri berbeda dengan tarif listrik rumah tangga.

Pasar monopoli mempunyai Kelebihan dan Kekurangan

Keunggulan pasar monopoli 

sebagai berikut : 
a) monopoli dapat mendorong berkembangnya teknologi dan inovasi terutama dalam upaya menekan biaya produksi,

b) memaksimumkan keuntungan dengan melakukan diskriminasi harga yaitu melakukan  penjualan  dengan  harga  yang  berbeda  pada  dua  pasar  yang berbeda.

Kelemahan pasar monopoli :

a) distribusi pendapatan tidak merata,

b) penetapan harga jual produk tanpa menghiraukan daya beli masyarakat. 

Mayoritas struktur pasar  yang terdapat dalam  perekonomian  masyarakat adalah terletak diantara dua titik ekstrem diatas (persaingan sempurna dan monopoli).


Source: Modul belajar mandiri ppppk ekonomi Pembelajaran 3. Permintaan, Penawaran, dan Struktur Pasar, Kemdikbud
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar