Teori Masuk dan Berkembangnya Hindu Budha ke Indonesia


Teori Masuk dan Berkembangnya Hindu Budha ke Indonesia

Beberapa alternatif hipotesa masuknya pengaruh Hindu Budha ke Indonesia , terdapat lima teori besar, yakni:

a.      Teori Brahmana

Teori Brahmana adalah teori yang menyatakan bahwa masuknya Hindu Budha ke Indonesia dibawa oleh para Brahmana atau golongan pemuka agama di India. Teori ini didukung dengan adanya bukti bahwa terdapat perkampungan India diMalaysia dan pantai Timur Sumatera (populer dengan nama Kampung Keling) yang banyak ditempati oleh orang Keling dari India Selatan yang memerlukan kaum   Brahmana   untuk   upacara    agama    (perkawinan    dan     kematian). Van Leur cenderung untuk memberikan peran penyebaran budaya India pada golongan Brahmana. Mereka datang atas undangan para penguasa Indonesia.

F.D.K. Bosch menyetujui pendapat Van Leur. Denganmengamatiunsur- unsurbudaya India dalam budaya Indonesia, Bosch berpendapat bahwahanyagolongan cendikiawanlah yang dapat menyampaikan budaya India padabangsaIndonesia. Golongan tersebut dinyatakan sebagai clerks. Pendeta- pendetatersebutmenyebar ke seluruh penjuru dunia melalui jalur perdagangan. Kedatangan mereka biasanya telah diberitakan lebih dahulu. Mereka kemudian bertemu dengan kalangan istana.

Teori brahmana dilandaskan pada prasasti prasasti peninggalan kerajaan Hindu Budha denga bahadsa sansekerta dan huruf pallawa. DiIndia,aksara dan bahasa ini hanya dikuasai oleh golongan Brahmana. Selain itu, karena peran serta golongan   Brahmana   juga   didukung   oleh   kebiasaan   ajaran   Hindu.Seperti diketahui bahwa ajaran Hindu yang utuh dan benar hanya boleh dipahami oleh para Brahmana. Hanya golongan Brahmana-lah yang dianggap berhak menyebarkan ajaran Hindu, karena merekalah yang memahami bahasa Sansekerta. 

Para Brahmana diundang ke Nusantara oleh para kepala suku untuk melakukan upacara vraytastoma, upacara khusus untuk menghindukan seseorang.Para Brahmana  sengaja didatangkan ke Indonesia karena raja yang telah mengenal brahmana secara khusus sehingga meminta brahmana untuk mengajar dilingkungannya, melaksanakan upacara  penobatan  raja  (abhiseka) dan menjadi penasehat raja, purohita. Tidak hanya dalam bidang keagamaan, tetapi   juga   menjadi   penasehat   dalam   bidang   pemerintahan,   peradilan, perundang-undangan, dan sebagainya.

b.      Teori Waisya

Teori Waisya menyatakan bahwa terjadinya penyebaran agama Hindu Budha  di Indonesia adalah berkat peran serta golongan Waisya (pedagang) yang merupakan golongan terbesar masyarakat India yang berinteraksi dengan masyarakat nusantara. Dalam teori ini, para pedagang India dianggap telah memperkenalkan kebudayaan Hindu dan Budha pada masyarakat lokal ketika mereka melakukan aktivitasperdagangan. 

Kondisi ini terjadi karena pelayaran sangat bergantung pada musim angin, maka dalam beberapa  waktu mereka akan menetap di kepulauan Nusantara hingga angin laut yang akan membawa mereka kembali ke India berhembus. Selama menetap, para pedagang India ini juga melakukan dakwahnya pada masyarakat lokalIndonesia.

Kelemahan  teori waisya ini terletak pada kurangnya pemahaman akan agama Hindu oleh para pedagang.  Untuk  melakukan  proses  memasukkan  seseorang  pada  agama Hindu, para pedagang tidak memiliki pengetahuan tentang keagamaan. Mereka tidak menguasai tata cara pada agama Hindu, dimana kitab sucinya ditulis dalam Bahasa Sansekerta yang hanya dipahami oleh para Brahmana.

c.      Teori Ksatria

Dalam teori Ksatria, penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia pada masa lalu dilakukan oleh golongan ksatria. Menurut teori ini, sejarah penyebaran Hindu Budha di kepulauan nusantara tidak bisa dilepaskan dari sejarah kebudayaan India pada periode yang sama. Seperti diketahui bahwa di awal abad ke-2 Masehi, kerajaan-kerajaan di India mengalami keruntuhan karena perebutan kekuasaan. 

Penguasa-penguasa dari golongan ksatria di kerajaan- kerajaan yang kalah perang pada masa itu dianggap melarikan diri ke Nusantara.  Di  Indonesia  mereka  kemudian  mendirikan  koloni  dan  kerajaan - kerajaan barunya yang bercorak Hindu dan Budha. Dalam perkembangannya, mereka pun kemudian menyebarkan ajaran dan kebudayaan kedua agama tersebut pada masyarakat lokal dinusantara.

Keberatan teori ini dikemukakan oleh Van Leur. Keberatan pertama adalah mengenai   kolonisasi.  Suatu   kolonisasi   yang   melibatkan   penaklukan   oleh golongan  ksatria  tentunya akan  dicatat  sebagai  suatu  kemenangan.  Catatan demikian tidakditemukan dalam sumber tertulis di India. Di Indonesia pun tidak terdapat suatu Saudara peringatan apa pun, misalnya dalam bentuk prasasti. Keberatan kedua, terletak pada pemahaman bahwa suatu kolonisasi selalu disertai oleh pemindahan segala unsur masyarakat dari tanah asalnya. 

Misalnya, sistem kasta, kerajinan, bentuk rumah, tata kota, bahasa, pergaulan, dan sebagainya. Dalam kenyataannya, di Indonesia berbeda dengan yang ada di India.Bukti tentang penyerangan dari kerajaan di India ke Indonesia hanya ada pada berita tentang serangan Kerajaan ColamSaudarala ke Sriwijaya. Kejadian itu pun tidak menyebabkan runtuhnya Kerajaan Sriwijaya. 

d.      Teori Sudra

Teori Sudra dikemukakan oleh Van Faber. Teori ini menjelaskan bahwa penyebaran agama dan kebudayaan Hindu Budha di Indonesia diawali oleh para kaum sudra atau rakyat jelata yang bermigrasi ke wilayah Nusantara. Mereka menetap  dan  menyebarkan  ajaran  agama mereka  pada  masyarakat  pribumi hingga terjadilah perkembangan yang signifikan terhadap arah kepercayaan mereka yang awalnya animisme dan dinamisme menjadi percaya pada ajaran Hindu dan Budha. Teori ini juga memiliki kelemahan, terkait dengan ketidakmampuan dalam pemahaman agama Hindu oleh kasta sudra ini.

e.      Teori Arus Balik

Teori  arus  balik  juga  sering  dinyatakan  sebagai  Teori  Nasional  oleh  R. Soekmono. Teori ini didasarkan pada Prasati Nalanda yang berisi tentang pendirian asrama bagi para pelajar di Sriwijaya yang akan menuntut ilmu agama diIndia.Teori  arus  balik  menjelaskan  bahwa  penyebaran   Hindu  Budha  di Indonesia  terjadi  karena  peran  aktif  masyarakat  Indonesia  di  masa  silam. Menurut FDK. Bosch, pengenalan Hindu Budha pertama kali memang dibawa oleh orang-orang India. Mereka menyebarkan ajaran ini pada segelintir orang, hingga pada akhirnya  orang-orang tersebut tertarik untuk mempelajari kedua agama ini secara langsung dari negeri asalnya, India. Mereka berangkat dan menimba ilmu di sana dan sekembalinya ke Indonesia, mereka kemudian mengajarkan apa yang diperolehnya pada masyarakat nusantaralainnya.



source: modul belajar mandiri pppk IPS Sejarah,Pembelajaran 2. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Hindu-Budha dan Islam, Kemdikbud


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar