Pengertian simbiosis dan Jenis-Jenis Simbiosis beserta Contohnya masing masing


Pengertian simbiosis

Pernahkah Anda melihat tanaman anggrek hidup menempel pada tumbuhan lain? Atau pernahkan Anda menemukan kutu rambut di kepala seseorang. Apa bentuk interaksi tersebut? Ya benar, bentuk interaksi tersebut adalah simbiosis. Terdapat beberapa jenis simbiosis. Simbiosis merupakan semua jenis interaksi biologis jangka panjang dan dekat antara dua organisme biologis yang berbeda atau sebuah hubungan timbal balik diantara dua makhluk hidup yang berbeda, baik itu mutualisme, amensalisme, komensalisme, atau  parasitisme. Organisme yang terlibat tersebut, masing-masing disebut simbion, dapat berasal dari spesies yang sama atau berbeda.

Fungsi simbiosis yaitu bertahan hidup dengan mengandalkan atau berhubungan makhluk hidup lain yang berbeda jenis. Simbiosis dibedakan menjadi dua kategori diantaranya yaitu:

Ektosimbiosis adalah bentuk hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis dimana organisme yang satu hidup di bagian luar organisme lainnya.

Endosimbiosis  adalah  bentuk  hubungan  antara  dua  organisme  yang berbeda jenis dimana organisme yang satu hidup di bagian dalam organisme yang lain.

a.      Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme yaitu hubungan sesama makhluk hidup yang saling menguntungkan antar kedua pihak.

Mutualisme mengacu pada interaksi simbiotik di mana kedua spesies yag terlibat saling  diuntungkan.  Banyak  ditemukan  adaptasi  mutalistik  yang  mengalami koevolusi, termasuk bakteri pemfiksasi nitrogen yang hidup dengan legume dan interaksi hewan penyerbuk dengan tumbuhan berbunga.

Contoh simbiosis mutualisme yaitu sebagai berikut:

1) Bunga dengan kupu-kupu, dalam proses penyerbukan bunga di bantu oleh kupu-kupu sedangkan kupu-kupu mendapat nektar.

2) Jenis bakteri Rhizobium sp. yang hidup dalam akar tumbuhan kacang- kacangan akan memperoleh makanan sedangkan tumbuhan kacang- kacangan mendapat nitrogen yang diikat oleh Rhizobium sp.

3) Raflesia dan lalat, dimana raflesia dibantu proses penyerbukannya dan lalat mendapat sari bunganya.

4) Ikan hiu dengan remora, dimana ikan hiu menjadi bersih dan remora akan mendapat sisa makanan hiu.

5) Lebah dengan bunga sepatu, dimana lebah membantu bunga sepatu dalam proses penyerbukannya dan lebah mendapat nektar.

6) Burung jalak dengan kerbau, dimana burung jalak memakan kutu yang ada pada tubuh kerbau sedangkan kerbau memiliki tubuh yang bersih dari kutu.

7) Ikan badut dengan anemon laut, dimana ikan badut mendapat perlindungan dari anemon laut sedangkan anemon laut mendapat sisa-sisa makanan dari ikan badut.


Gambar  . Bunga dengan kupu-kupu

Gambar  . Bunga dengan kupu-kupu

(https://gardenerspath.com/, 2019)

b.      Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme yaitu hubungan sesama makhluk hidup dimana pihak yang satu mendapat keuntungan namun merugikan pihak lainnya. Contoh simbiosis parasitisme yakni sebagai berikut: 

1) Cacing perut dan cacing tambang yang hidup di dalam usus manusia, dimana  cacing-cacing tersebut  akan  mengambil  sari  makanan  di  usus manusia.

2) Bunga rafflesia dengan inangnya, dimana bunga rafflesia menyerap sari-sari makanan dari inangnya sedangkan inangnya diambil sari makanannya.

3) Tanaman benalu dengan inangnya, dimana tanaman benalu akan mendapat sari makanan dan inangnya akan diambil sari makanannya.

4) Tali putri dengan inangnya, dimana tali putri menyerap sari makanan yang berupa zat organik sedangkan inangnya akan kekuranga sari makanan karena di serap oleh tali putri.

5) Plasmodium  dengan  manusia,  Plasmodium  mendapat  makanan  dari manusia sedangkan manusia menjadi terjangkit penyakit malaria.

6) Taenia saginata dengan sapi, dimana Taenia saginata mendapat makanan dari usus sapi sedangkan sapi menjadi kekurangan nutrisi.

c.      Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme merupakan hubungan sesama makhluk hidup dimana pihak yang satu mendapat keuntungan namun pihak lainnya tidak dirugikan dan pula tidak diuntungkan. Contoh simbiosis komensalisme yakni sebagai berikut:

1)      Bunga anggrek dengan pohon mangga

2)      Sirih pada tumbuhan inangnya

3)      Penyu dengan ikan remora

4)      Ikan remora dengan paus 

5)      Paus dengan balanidae

6)      Jamur tumbuh pada akar yang lapuk

7)      Paku tanduk rusa dengan tumbuhan inangnya

d.        Simbiosis Amensalisme

Simbiosis Amensalisme merupakan hubungan sesama makhluk hidup yang mana satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan. Contoh simbiosis amensalisme yaitu sebagai berikut:

1) Jamur Penicilium yang mensekresikan penisilin dengan bakteri. Penisilin dapat membunuh bakteri namun tidak  mendapat keuntungan dan  juga dirugikan.

2) Pohon walnut dengan tumbuhan lainnya (tidak bisa hidup karena pohon walnut menghasilkan senyawa alelopati).

Simbiosis adalah interaksi antara makhluk hidup berbeda jenis dalam satu tempat dan waktu tertentu yang hubungannya sangat erat. Kata simbiosis berasal dari bahasa Yunani, “sym” yang berarti “dengan” dan “biosis” yang artinya “kehidupan”.




sumber: modul belajar mandiri pppk ipa biologi , Pembelajaran 2. Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Ekologi, Kemdikbud
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar