Perubahan Habitat dan Keanekaragaman Biologis


Aktivitas manusia akibat bertambahnya populasi manusia berakibat pada terganggunya ekosistem dengan berbagai cara. Dalam bahasan ini, akan diuraikan bagaimana manusia dengan secara langsung mempengaruhi penyebaran organisme sehingga mempengaruhi keanekaragaman organisme di suatu tempat. Penebangan hutan untuk digantikan dengan lahan pertanian, industri dan pemukiman menjadi faktor penyebab terganggunya habitat berbagai macam makhluk hidup yang ada di dalamnya. Dengan aktivitas tersebut, maka keanekaragaman pada suatu wilayah akan banyak berubah atau berkurang.

Hampir setiap tahun, dilaporkan kebakaran hutan terjadi di wilayah Indonesia. Berapa banyak ekosistem kita menderita kerugian akibat kejadian tersebut. Berapa banyak macam spesies yang punah dari kejadian kebakaran tersebut dan berapa  banyak kerugian yang  ditimbulkan akibat  kebakaran tersebut. Selain punahnya spesies pada ekosistem yang mengalami kebakaran, muncul pula penyakit yang disebabkan oleh asap yang dihasilkan oleh kebakaran. Dilaporkan pada tahun 2019, lebih dari 2000 penderita dilaporkan akibat kebakaran hutan di berbagai wilayah Indonesia.

Perbuatan manusia yang dilakukan untuk mengenalkan spesies baru pada suatu tempat, dapat pula mengubah komposisi ekosistem di suatu tempat. Misalnya, pengenalan ecek gondok diwilayah perairan Indonesia yang pada akhirnya mendominasi sungai dan danau. Dominasi dari tumbuhan eceng gondok dapat merusak ekosistem perairan, diantaranya adalah: meningkatnya evapotranspirasi (penguapan dan hilangnya air melalui daun-daun tanaman), karena daun-daunnya yang lebar dan serta pertumbuhannya yang cepat,menurunnya jumlah cahaya yang masuk kedalam perairan sehingga menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen dalam air (DO: Dissolved Oxygens), tumbuhan eceng gondok yang sudah mati akan turun ke dasar perairan sehingga mempercepat terjadinya proses pendangkalan, mengganggu lalu lintas (transportasi) air khususnya bagi masyarakat yang kehidupannya masih tergantung dari sungai seperti di pedalaman Kalimantan dan beberapa daerah lainnya, meningkatnya habitat bagi vektor penyakit pada manusia dan menurunkan nilai estetika lingkungan perairan.

Introduksi ikan mas di perairan Australia, telah menyebabkan pendangkalan pada sungai sungai. Dikarenakan orang Australia tidak banyak mengkonsumsi ikan mas, maka ikan mas dianggap sebagai hama bagi suatu perairan karena menekan populasi ikan lain untuk berkembangbiak di wilayah yang didominasi oleh ikan mas.

sumber: modul belajar mandiri pppk ipa biologi , Pembelajaran 2. Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Ekologi, Kemdikbud

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar