Rangkuman dan Ringkasan Materi Klasifikasi dan Keanekaragaman Hewan


Hewan  adalah  eukariota  multiseluler,  heterotrofik.  Berbeda  dari  nutrisi autotrofik yang ditemukan pada tumbuhan dan alga, hewan harus memasukkan ke dalam tubuhnya molekul organik yang telah terbentuk terlebih dahulu; hewan tidak dapat membentuk molekul itu dari bahan kimia anorganik.

Sel-sel hewan tidak memiliki dinding sel yang menyokong tubuh dengan kuat seperti yang dimiliki tumbuhan dan fungi. Tubuh multiseluler hewan dipertahankan tetap utuh oleh protein struktural, yang paling berlimpah adalah kolagen. Selain kolagen, yang banyak ditemukan pada matriks ekstraseluler, jaringan hewan memiliki jenis persambungan (junction) interseluler yang unik.

Spons adalah hewan yang sesil (menempel) yang tampak sangat diam bagi mata manusia sehingga orang Yunani kuno meyakini mereka sebagai tumbuhan. Spons adalah sesil dan memiliki tubuh berpori serta koanosit. Spons tidak memiliki jaringan dan organ. Mereka menyaring makanan dengan menarik air melalui pori; koanosit (sel collar berflagela) menelan bakteri dan partikel makanan yang tersuspensi dalam air.

Hewan Cnidaria (hidra, ubur-ubur, anemon laut, dan karang) tidak memiliki mesoderm dan memiliki konstruksi tubuh yang relatif sederhana. Anggota filum Cnidaria memiliki simetri radial, rongga gastrovaskuler, dan cnidosit. Sebagian besar anggota Cnidaria adalah hewan karnivora laut yang memiliki tentakel yang dipersenjatai dengan cnidosit (sel yang mengandung kapsul yang dapat dikeluarkan isinya) yang membantu dalam pertahanan dan menangkap mangsa. Dua bentuk tubuh adalah polip yang sesil dan medusa yang mengapung.

Aselomata  mewakili  satu  percabangan  awal  hewan  bersimetri  bilateral, aselomata tidak memiliki rongga tubuh, yaitu ruang antara dinding tubuh dan saluran  pencernaan. Filum  Platyhelminthes (cacing  pipih)  adalah  hewan aselomata yang  pipih  secara  dorsoventral. Sebagian besar  cacing  pipih adalah hewan yang mirip pita dan memiliki rongga gastrovaskuler. Filum Platyhelminthes (cacing pipih) terbagi menjadi Kelas Turbellaria, Kelas Trematoda, Kelas Monogenea, dan Kelas Cestoide. 

Pseudoselomata adalah hewan yang rongga tubuhnya tidak sepenuhnya dilapisi dengan mesoderm. Filum Rotifera dan Filum Nematoda adalah contoh hewan pseudoselomata. Anggota filum Rotifera memiliki rahang dan mahkota silia. Ditemukan terutama pada air tawar. Filum Nematoda (cacing gilig) tidak bersegmen dan bertubuh silindris dengan ujung yang meruncing. Nematoda menempati sebagian besar habitat akuatik.

Garis keturunan Protostoma hewan selomata terbagi menjadi beberapa filum, yang meliputi Mollusca, Annelida, dan Arthropoda. Anggota Filum Mollusca memiliki kaki berotot, massa viseral, dan suatu mantel. Anggota Filum Annelida adalah cacing bersegmen. Lokomosinya yang bergerak maju mirip gelombang tersebut dihasilkan oleh kontraksi bergantian otot sirkuler dan longitudinal terhadap rongga selom penuh cairan.

Deuterostoma hewan selomata memiliki ciri khas yaitu pembelahan secara radial, perkembangan selom dari arkenteron, dan pembentukan mulut pada ujung embrio yang berlawanan arah dengan blastopori. Anggota hewan ini yaitu Filum Echinodermata dan Filum Chordata. Anggota Filum Echinodermata memiliki sistem pembuluh air dan simetri radial sekunder. Anggota Filum Chordata meliputi dua subfilum yaitu Invertebrata dan Vertebrata (ikan, amfibia, reptilia, burung, dan mamalia).

Skema taksonomik mengakui adanya dua superkelas subfilum Vertebarata yang masih hidup yaitu Anggota Superkelas Agnatha yang tidak memiliki rahang.  Superkelas  lain,  Gnathostomata, meliputi  enam  kelas  vetebrata berahang. Sekitar 60 spesies vertebrata tak berahang masih hidup sampai saat ini adalah hagfish dalam Kelas Myxini dan lamprey dalam Kelas Chephalaspidomorphi.

Kelas ikan dalam superkelas Gnathostoma (“mulut berahang”) yang masih hidup adalah kelas Chondrichthyes dan Osteichthyes. Vertebrata Kelas Chondrichthyes, hiu, pari besar dan kerabatnya, disebut ikan bertulang rawan karena mereka memiliki endoskeleton yang relatif lentur yang terbuat dari tulang rawan dan bukan tulang keras. Ciri khas kelas Osteichthyes adalah endoskeleton bertulang keras, ada operkulum dan kantung renang.

Amfibia modern terdiri dari tiga ordo Kelas Amphibia yang masih hidup saat ini: Urodela (“berekor” –salamander); Anura (“tidak berekor” –katak, termasuk bangkong); dan Apoda (“tak berkaki” –caecilian). Bulu pada Aves terbuat dari keratin, protein yang juga menyusun rambut pada Mamalia dan sisik pada reptilia.


sumber: modul belajar mandiri pppk ipa biologi , Pembelajaran 2. Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Ekologi, Kemdikbud

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar