Vertebata : Pengertian dan Pembagian macam hewan Vertebata


Pengertian hewan Vertebata

Vertebrata adalah subfilum dari Chordata, mencakup semua hewan yang memiliki tulang belakang yang tersusun dari vertebra. Vertebrata adalah subfilum terbesar dari Chordata. Ke dalam vertebrata dapat dimasukkan semua jenis ikan (kecuali remang, belut dan "lintah laut" atau hagfish), amfibia, reptil, burung, serta hewan menyusui (mamalia)

Tengkorak dan tulang punggung, yang mengelilingi dan melindungi tali saraf, merupakan bagian dari  kerangka aksial vertebrata, yaitu  struktur penyokong utama sumbu, atau batang tengah, tubuh. Kerangka aksial sebagian besar vertebrata juga meliputi tulang, rusuk, yang menautkan otot dan melindungi organ internal. Vertebrata juga memiliki kerangka tambahan, yang menyokong kedua pasang anggota badannya (sirip, kaki atau lengan).

Ketika vertebrata bergerak mencari makan atau menghindari pemangsa, mereka meregenerasikan persediaan ATP-nya terutama melalui respirasi seluler, yang membutuhkan konsumsi oksigen. Adaptasi sistem peredaran darah dan sistem pernapasan vertebrata mendukung mitokondria yang sibuk pada sel otot dan jaringan aktif lainnya. Vertebrata memiliki sistem peredaran darah yang tertutup, dengan jantung yang terdiri dari beberapa ruang dan terletak di bagian ventral tubuh, yang memompa darah melalui arteri ke pembuluh mikroskopik yang disebut kapiler bercabang ke seluruh jaringan di dalam tubuh. Darah mengambil oksigen saat melewati kapiler di paru-paru atau insang. 

Skema taksonomik mengakui adanya dua superkelas subfilum Vertebarata yang masih hidup sampai saat ini. Anggota Superkelas Agnatha, hagfish dan lamprey, tidak  memiliki  rahang.  Superkelas lain,  Gnathostomata, meliputi  enam  kelas vetebrata berahang; Kelas Chondrichthyes (ikan bertulang rawan, hiu dan ikan pari); Kelas Osteichthyes (ikan bertulang keras); Amphibia (katak dan salamander), Reptilia (reptile), Aves (burung dan unggas), dan Mammalia (binatang menyusui), Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mammalia secara kolektif disebut Tetrapoda (Bahasa Yunani tetra “empat” dan pod “kaki”) karena sebagian besar hewan dalam kelas ini memiliki dua pasang tungkai yang menyokong tubuh mereka di darat. Reptilia, burung dan mamalia memiliki adaptasi darat tambahan yang membedakan mereka dari amfibia. Salah satu di antaranya adalah telur amniotik (amniotic egg), suatu telur bercangkang yang menahan air. Telur amniotik berfungsi sebagai “kolam yang mencukupi diri sendiri” yang memungkinkan vertebrata menyelesaikan siklus hidupnya di darat. Meskipun sebagian besar mamalia tidak bertelur, mereka mempertahankan ciri pokok lainnya dari kondisi amniotik tersebut. Oleh karena terobosan evolusioner yang penting ini, reptilia, burung dan mamalia secara kolektif disebut sebagai amniota.

a.        Superkelas Agnatha: Vertebrata Tak Berahang

Jejak vertebrata awal ini ditemukan pada strata Kambrium, tetapi sebagian besar ternyata berasal dari masa Ordovisium dan Silur, sekitar 400 sampai 500 juta tahun silam. Superkelas Agnatha meliputi hewan-hewan mirip ikan yang telah punah, disebut ostrakoderma (“berkulit cangkang”), yang dibungkus oleh beberapa lempengan bertulang sebagai pelindung. Agnatha ini dan agnatha awal yang lain umunya berukuran kecil, dengan panjang kurang dari 50 cm. Sebagian besar tidak memiliki sirip yang berpasangan dan sebenarnya merupakan hewan yang tinggal di dasar perairan yang bergeliat di sepanjang hamparan arus atau dasar laut, tetapi ada juga beberapa spesies yang lebih aktif dan memiliki sirip berpasangan. Mulut mereka berbentuk bundar atau berupa bukaan mirip celah dan tidak memiliki rahang. 

Sebagian besar hewan Agnatha kemungkinan adalah penyedot lumpur atau pemakan suspensi yang mengambil sedimen dan serpihan bahan organik yang tersuspensi melalui mulutnya dan kemudian meneruskannya melalui celah insang, tempat terperangkapnya makanan. Dengan demikian, perkakas faringnya mempertahankan fungsi pengambilan makan yang primitif tersebut, meskipun insang pada hewan Agnatha kemungkinan juga merupakan tempat utama untuk pertukaran gas.

Sekitar 60 spesies vertebrata tak berahang masih hidup sampai saat ini dalam Kelas Myxini (hagfish) dan Kelas Chephalaspidomorphi (lamprey). Lamprey laut yang berbentuk belut mengambil makanan dengan cara mengaitkan mulut bundarnya  itu  ke  sisi  ikan  yang  hidup,  kemudian  menggunakan lidah  yang menusuk untuk menembus kulit mangsanya, menghisap dan menelan darah mangsanya. Lamprey laut hidup sebagai larva selam bertahun-tahun dalam aliran air tawar dan kemudian berpindah ke laut atau danau ketika tumbuh menjadi dewasa. Larva tersebut merupakan pemakan suspensi yang menyerupai lancelet (cephalochordate). Beberapa spesies lamprey hanya makan sebagai larva. Setelah beberapa tahun berada dalam aliran air, mereka mencapai kematangan seksual, bereproduksi, dan mati dalam tempo beberapa hari. 
(https://australianmuseum.net.au/, 2018)

Hagfish sangat menyerupai lamprey, tetapi umumnya mereka merupakan pemakan bangkai dan bukan penyedot darah atau pemakan suspensi, dan bagian mulutnya tidak diadaptasikan untuk menusuk. Beberapa spesies memakan ikan yang sakit atau yang mati, sementara ikan hagfish yang lain memakan cacing laut. Hagfish tidak meiliki tahapan larva dan keseluruhan hidupnya berlangsung di dalam perairan asin. 

b.  Superkelas Gnathostomata I: Ikan

Selama akhir masa Silur dan awal masa Devon, vertebrata dengan rahang, anggota Superkelas Gnathostoma (“mulut berahang”) menggantikan sebagian besar hewan Agnatha. Kelas ikan yang masih hidup (Chondrichthyes dan Osteichthyes) pertama kali muncul pada masa ini, bersama-sama dengan suatu kelompok yang diberi nama plakoderma (placoderm) (“berkulit lempeng”) yang tidak memiliki keturunan yang hidup. Vertebrata berahang juga memiliki dua pasang anggota badan berpasangan, sementara hewan Agnatha tidak memiliki anggota badan yang berpasangan atau hanya memiliki sepasang.

Rahang vertebrata berevolusi dari kerangka penyokong celah faring. Asal mula rahang merupakan peristiwa adaptif utama pada awal filogeni vertebrata. Rahang vertebrata bersendi dan dapat bergerak ke atas dan ke bawah (secara dorsoventral). Rahang yang bersendi juga berkembang pada Arthropoda, tetapi rahang ini memiliki asal mula yang berbeda dari rahang vertebrata. Rahang Arthropoda adalah anggota badan yang termodifikasi yang bekerja dari sisi ke sisi.

Rahang vertebrata berkembang melalui modifikasi batang rangka yang sebelumnya menyokong celah faring (insang) anterior. Celah insang yang tersisa, yang tidak lagi diperlukan untuk memakan suspensi, tetap merupakan tempat utama pertukaran gas dengan lingkungan eksternal. Asal mula rahang vertebrata dari  bagian kerangka ini  menggambarkan ciri  umum perubahan evolusioner: adaptasi baru umumnya berkembang melalui modifikasi struktur yang telah ada.

Endoskeleton bertulang rawan yang diperkuat oleh butiran berkalsium merupakan ciri diagnostik untuk Kelas Chondrichthyes. Vertebrata Kelas Chondrichthyes, hiu dan kerabatnya, disebut ikan bertulang rawan karena mereka memiliki endoskeleton yang relatif lentur yang terbuat dari tulang rawan dan bukan tulang keras. Namun, pada sebagian besar spesies, beberapa bagian kerangka diperkuat oleh butiran berkalsium. Terdapat sekitar 750 spesies yang masih hidup dalam kelas ini. Rahang dan sirip berpasangan berkembang dengan baik pada ikan bertulang rawan. Subkelas yang paling besar dan paling beranekaragam terdiri dari hiu dan ikan pari. Subkelas kedua terdiri atas beberapa lusin spesies ikan yang tidak umum yang disebut chimaera atau ratfish. 

Ikan hiu  dan pari terbesar adalah para pemakan suspensi yang memangsa plankton. Namun, sebagian besar hiu adalah karnivora yang menelan mangsanya secara utuh atau menggunakan rahang dan geliginya yang sangat tajam untuk meyobek daging dari hewan yang terlalu besar untuk ditelan sekaligus. Indera yang tajam merupakan adaptasi yang seirama dengan gaya hidup hiu yang aktif sebagai karnivora. Hiu memiliki penglihatan yang tajam tetapi tidak dapat membedakan warna.

Telur hiu dibuahi secara internal. Hiu jantan memiliki sepasang penjepit pada sirip pelvisnya yang memindahkan sperma ke dalam saluran reproduksi betina. Beberap spesies hiu adalah hewan ovipar (oviparous); mereka mengeluarkan telur yang menetas di luar tubuh induknya. Spesies lain adalah hewan ovovivipar (ovoviviparous); mereka mempertahankan telur yang telah dibuahi agar tetap berada dalam oviduk (saluran telur). Beberapa spesies adalah hewan vivipar (viviparous); anak berkembang di dalam uterus, diberi makan sebelum lahir oleh nutrien yang diterima dari darah induk melalui plasenta. Saluran reproduksi hiu bermuara bersama-sama dengan sistem ekskretoris dan saluran pencernaan ke dalam kloaka, yaitu ruang yang mengeluarkan isinya melalui satu lubang tunggal.

Sebagian ikan pari adalah penghuni dasar laut yang berbentuk pipih dan mengambil makanan degan menggunakan rahangnya untuk melumat Molluska dan Crustacea. Sirip pektoral ikan pari sangat besar dan digunakan untuk mendorong hewan berenang. Banyak ikan pari memiliki ekor menyerupai pecut dan pada beberapa spesies, mengandung duri berbisa yang berfungsi sebagai alat pertahanan.

Endoskeleton bertulang, operkulum dan kantung renang merupakan ciri khas kelas Osteichthyes. Ikan bertulang keras (Kelas osteichthyes) adalah yang paling banyak jumlahnya, baik dalam jumlah individu maupun jumlah spesies (sekitar 30.000). 

Berukuran antara 1 cm dan lebih dari 6 m, ikan bertulang keras sangat melimpah di laut dan di hampir setiap habitat air tawar. Hampir semua ikan bertulang keras memiliki endoskeleton sengan matriks kalsium fosfat yang keras. Kulitnya seringkali tertutupi dengan silik pipih bertulang yang berbeda strukturnya dari sisik berbentuk gigi pada hiu. Ikan bertulang memiliki sistem gurat sisi yang tampak jelas sekali sebagai barisan saluran kecil pada kulit setiap sisi tubuh. 

Ikan bertulang keras bernapas degan melewatkan air melalui empat atau lima pasang insang yang terletak di dalam ruangan-ruangan yang tertutup oleh suatu penutup pelindung yang disebut operkulum. Air disedot ke dalam mulut, melalui faring, dan keluar di antara celah insang karena pergerakan operkulum dan kontraksi otot yang mengelilingi ruang insang tersebut. Proses ini memungkinkan seekor ikan bertulang untuk bernapas pada saat diam atau tidur.

Adaptasi lain dari sebagian besar ikan bertulang keras yang tidak ditemukan pada hiu adalah gelembung renang (swim bladder), suatu kantung udara yang membantu mengontrol pengambanga ikan tersebut. Perpindahan gas-gas antara kantung renang dan darah mengubah volume kantung itu dan menyesuaikan kerapatan ikan. Akibatnya, banyak ikan bertulang keras, berlawanan dengan sebagian besar hiu, dapat menghemat energi dengan cara tidak bergerak.

Hampir semua famili ikan yang kita kenal adalah ikan bersirip duri (rayfinned fish) (Subkelas Actinopterygii; bahasa Yunani aktin “berkas” dan pteryg “sayap” atau “sirip”). Berbagai spesies bass, perch, trout, herring, dan tuna adalah beberapa contohnya. Sirip, yang terutama didukung oleh duri panjang yang lentur, termodifikasi untuk mengendalikan arah, pertahanan, dan fungsi-fungsi lain. Ikan bersirip duri menyebar dari air tawar sampai ke laut.

Sebagian besar anggota subkelas ikan bertulang lain yang masih hidup adalah ikan  bersirip lobus (lobe-fined fish) dang  lungfish, yang tinggal di  dalam air tawar.Dua kelompok utama ikan bersirip lobus yang disebut coelacanth dan rhipidistian, ditandai dengan sirip pektoral dan pelvis yang berotot yang didukung oleh pembesaran kerangka bertulang. Lungfish umumnya menempati kolam dan rawa yang tenang, dan naik ke permukaan untuk menghirup udara ke dalam paru- paru yang berhubungan dengan faring dari saluran pencernaan. Berikut disajikan tabel tentang kelompok Vertebrata yang masih hidup saat ini.

Tabel  Kelompok Vertebrata yang masih hidup saat ini

 

Karakteristik Utama

Contoh-Contoh

Superkelas

Agnatha

Vertebrata tak berahang; kerangka bertulang rawan; lidah seperti parut; notokord tetap ada sepanjang hidup; hidup di laut dan air tawar; spesies

Lamprey, hagfish

 

yang  hidup  tidak  memiliki  anggota badan yang berpasangan

 

Kelas Myxini

Pemakan bangkai yang hidup di laut; mulut dikelilingi oleh tentakel pendek; tidak ada tahapan larva

Hagfish

 

Kelas Cephalaspidomor phi

Hidup di laut dan air tawat; mulut dikelilingi oleh penyedot yang dapat melekat; larva (ammocoetes) adalah pemakan suspensi; saat dewasa menjadi parasit atau tidak makan sama sekali

Lamprey

Superkelas

Gnathostomata

Vertebrata dengan rahang berengsel; notokord sebagian besar atau sepenuhnya digantikan oleh veterbra pada hewan dewasa sebagian besar spesies; anggota badan berpasangan

Semua vertebrata yang masih hidup kecuali lamprey dan hagfish

Kelas

Chondrichthyes

Ikan bertulang rawan; kerangka bertulang rawan; memiliki rahang; respirasi melalui insang; pembuahan internal; bisa bertelur atau melahirkan anak; indera yang tajam, termasuk gurat sisi

Hiu,   ikan pari

 

Kelas

Osteichthyes

Ikan bertulang keras; kerangka dan rahang bertulang; sebagian besar spesies melakukan pembuahan eksternal dan mengeluarkan telur dalam jumlah banyak; pernapasan terutama melalui insang; banyak di antaranya memiliki kantung renang; hidup di laut atau air tawar

Bandeng, ikan     air tawar,

ikan kakap, ikan tuna

 

Kelas Amphibia

Anggota badan yang diadaptasikan untuk pergerakan di darat (kondisi tetrapoda); tahapan larva akuatik bermetamorfosis menjadi hewan dewasa darat (banyak spesies); bisa bertelur atau melahirkan anak; pernapasan melalui paru-paru dan/atau kulit

Salaman- der, kadal air, katak, caecilia

 


Kelas Reptilia

Tetrapoda darat dengan kulit bersisik; pernapasan melalui paru-paru; menelurkan telur amniotik bercangkang atau melahirkan anak

Ular, kadal,

kura-kura, buaya

 

 

Kelas Aves

Tetrapoda berbulu; kaki depan yang termodifikasi menjadi sayap; pernapasan melalui paru-paru; endotermik; pembuahan internal; telur amniotik bercangkang; penglihatan yang tajam

Burung hantu, burung gereja, penguin, elang

 

 


Kelas Mammalia

Tetrapoda dengan anak yang diberi makan dari kelenjar susu betina; berambut; diafragma yang memventilasi paru-paru; endotermik; kantung amniotik; sebagian besar melahirkan anak

Monotrem a (misalnya platipus); marsupial (misalnya kanguru); eutheria (misalnya rodensia)

 

 

 

 

 

Kanguru


c.        Superkelas Gnathostomata II: Tetrapoda

Keanekaragaman mamalia diwakili oleh tiga kelompok utama: monotrema (mamalia yang bertelur), marsupial (mamalia berkantung) dan mamalia eutheria (berplasenta). Monotrema –platipus dan echidna adalah mamalia bertelur yang masih hidup saat ini. Hewan monotrema memiliki rambut dan menghasilkan susu. Opossum, kanguru, bandicoot dan koala adalah contoh dari Mamalia marsupial, pada sebagian besar spesies, anak yang masih menyusu tinggal di dalam sebuah kantung induk yang disebut marsupium. Untuk mamalia eutheria memiliki masa kehamilan yang lebih lama. Anak hewan eutheria menyelesaikan perkembangan embrioniknya di dalam uterus, yang dihubungkan ke induknya melalui plasenta.

Terdapat paling tidak empat garis evolusi utama mamalia eutheria. Satu cabang terdiri atas ordo Insectivora shrew, semacam tikus, dan ordo Chiroptera (kelelawar). Cabang kedua dimulai dengan garis keturunan herbivora adalah Lagomorpha (kelinci dan kerabatnya); Perissodactyla (ungulata berkaki ganjil, yang meliputi kuda dan badak; ungulata yang berjalan di atas ujung jari kaki); Artiodactyla (ungulata berkaki genap, yang meliputi rusa dan babi); Sirenia (sapi laut); Proboscidea (gajah); dan Cetacea (lumba-lumba dan paus). Cabang ketiga menghasilkan ordo Carnivora, yang meliputi kucing, anjing, rakun, sigung, dan pinniped (anjing laut, singa laut dan beruang laut). Cabang keempat dan yang merupakan radiasi adaptif mamalia eutheria yang paling luas menghasilkan kompleks primata rodensia. Ordo Redentia meliputi tikus, mencit, bajing atau tupai dan berang-berang.

Tabel Ordo utama hewan mamalia

 

Ordo

Karakteristik utama

Contoh-

contoh

MONOTREMA

Monotremata

Bertelur; tidak memiliki puting susu; menyedot susu dari bulu induknya

Platipus, echidna

MAMALIA MARSUPIAL

Marsupialia

Perkembangan embrionik diselesaikan dalam kantung marsupial

Kanguru, opossum, koala

MAMALIA EUTHERIA

Artiodactyla

Memiliki  kuku  dengan jumlah jari kaki yang genap pada masing-masing kaki; herbivora

Domba, babi, sapi, rusa, jerapah

Carnivora

Pemakan daging; memiliki gigi tajam, runcing dan geraham untuk merobek

Anjing, serigala, beruang, kucing, rubah, berang- berang, anjing laut, beruang laut

Cetacea

Hidup di laut dengan badan berbentuk ikan; kaki depan mirip dayung dan tidak ada tungkai belakang; lapisan tebal lemak sebagai insulasi

Paus,        lumba- lumba

Chiroptera

Diadaptasikan untuk terbang;   memiliki   lipatan kulit  yang  lebar  yang meluas dari jari yang memanjang sampai badan dan kaki

Kelelawar

Edentata

Memiliki geligi yang tereduksi atau tidak ada sama sekali

Armadillo, kungkang, pemakan semut

Insectivora

Mamalia                pemakan serangga

Tikus      mondok, shrew, landak

Lagomorphia

Memiliki gigi seri yang mirip pahat, kaki belakang lebih panjang dibandingkan dengan kaki depan dan diadaptasikan untuk berlari dan melompat

Kelinci,       pikas, terwelu

Perissodactyla

Memiliki  kuku dengan jumlah jari kaki ganjil pada masing-masing kaki; herbivora

Kuda,         zebra, tapir, badak

Primata

Ibu jari yang berhadapan; mata yang menghadap ke depan; korteks serebral yang berkembang baik; omnivora

Lemur,    monyet, kera, manusia

Proboscidea

Memiliki badan panjang dan berotot; kulit longgar dan tebal;     gigi     seri     atas

memanjang sebagai gading

Gajah

 

Rodentia

Memiliki gigi seri seperti pahat yang tumbuh terus- menerus

Tupai, berang- berang, tikus, landak, mencit

Sirenia

Herbivora akuatik; memiliki tungkal mirip sirip dan tidak ada kaki belakang

Sapi               laut

(manatee)
























sumber: modul belajar mandiri pppk ipa biologi , Pembelajaran 2. Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Ekologi, Kemdikbud
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar