Teks Berita : Pengertian, Struktur Teks Berita, dan Contoh Teks Berita


Teks Berita : Pengertian, Struktur Teks Berita, dan Contoh Teks Berita
Teks Berita : Pengertian, Struktur Teks Berita, dan Contoh Teks Berita

Pengertian Teks Berita

Teks Berita adalah teks yang berisi tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia yang disebarkan melalui berbagai media seperti radio, televisi, internet, situs web, maupun media yang lainnya. Teks berita berisi fakta, tetapi tidak semua fakta dijadikan berita. Bagaimana seorang guru harus mengajarkan teks berita kepada siswa? Karena kemuculan teks berita dapat berasal dari berbagai media seperti yang disebutkan di atas, guru dapat melalukan berbagai variasi pembelajaran teks berita. Yang perlu diperhatikan oleh pada guru adalah siswa harus mengerti betul bagian-bagian atau struktur teks berita. Oleh karena itu, dalam kurikulum dibentangkan kemampuan yang harus dikuasai siswa mulai dari membacakan teks berita, memahami teks berita melalui lisan maupun tulis sampai pada menulis teks berita melalui reportase langsung sebuah kejadian di lingkungan sekitar siswa.

Struktur Teks Berita

Seperti yang telah diketahui bahwa teks berita harus memuat informasi minimal memenuhi unsur 5W+1H. Struktur tertentu, begitu pula dengan teks berita. Teks ini mempunyai tiga struktur yang saling berhubungan yang kemudian membentuk teks ini secara utuh.

1)  Orientasi Berita yaitu berisi pembuka dari peristiwa yang diberitakan di teks tersebut. Umumnya tertera penjelasan singkat mengenai berita yang sedang dibahas.

2)  Peristiwa yaitu  berisi  tentang  proses  kejadian  dari  awal  sampai  akhir berdasarkan peristiwa yang terjadi dan menjelaskan berdasarkan fakta yang ada.

3)  Sumber Berita yaitu dari mana asal sumber berita tersebut muncul. Sumber berita tidak selamanya ditulis dibagian akhir berita.

Teks berita memiliki tipe atau gaya penulisan yang lebih sarat dengan aturan dibandingkan dengan teks yang lain. Konsep penulisan berita yang lebih banyak digunakan adalah model piramida terbalik. Piramida terbalik adalah salah satu konsep, formula atau struktur penulisan berita atau sebuah acuan baku yang sering digunakan oleh para wartawan untuk menyusun sebuah teks berita. 

Penggunaan metode piramida terbalik berkaitan dengan space atau ruang dalam halaman yang disediakan untuk memuat berita. Ketika berita itu terlalu panjang dan tidak cukup untuk dimuat di halaman yang disediakan, maka editor bisa membuang bagian berita itu  mulai  dari  paling bawah atau  derajat informasi pentingnya yang paling rendah yang biasanya diletakan di bagian bawah atau akhir berita.

Struktur teks berita piramida terbalik seperti di bawah ini:

1) Lead/Prioritas Utama Penting: merupakan puncaknya yang harus dapat menjawab sebagian besar unsur 5 W + 1 H.

2)  Neck/Sangat Penting: adalah urutan yang sangat penting yakni peralihan alur atau penyambung alur ide berita yang ada pada bagian lead atau kepala berita untuk dilanjutkan pada gagasan-gagasan yang tertuang pada bagian berikutnya.

3)  Body/Penting: merupakan penjabaran dari gagasan berita yang termaktub dalam lead dan neck. Penjabaran itu bisa merupakan jawaban why (mengapa) dan how). d) Body Lanjutan/Kurang Penting: mencantumkan berbagai data yang tidak terlalu penting ditempatkan.

Beberapa kaidah kebahasaan teks berita, antara lain sebagai berikut.

1)  Verba transitif: merupakan verba yang dapat diubah ke bentuk pasif.

2)  Verba pewarta: adalah verba yang mengindikasikan suatu percakapan.

3) Adverbia atau kata keterangan: adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain.

4)  Konjungsi temporal: adalah kata hubung yang berhubungan dengan waktu.

5)  Kalimat langsung

6)  Kalimat tidak langsung 

7)  Bahasa yang digunakan: Baku dan sederhana, menarik, singkat, padat dan luga, komunikatif, netral atau objektif.

Contoh Teks Berita

Setelah  melihat  telaah  struktur  berikut,  cobalah  bagaimana  membelajarkan telaaah kaidah kebahsaan pada teks berita berikut!

"Water Salute" dan F-16 di Udara, Tanda Hormat TNI AU untuk Wapres Kalla

Orientasi 

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Udara (AU) memberikan penghormatan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan melepas jabatannya sebagai orang nomor dua di Republik. Penghormatan itu diberikan saat  Kalla  lepas  landas dari Bandara Adisutjipto menuju Bandara Halim Perdanakusuma seusai kunjungan kerja dari Yogyakarta, Kamis (10/10/2019).

Peristiwa 

Komandan Lanud Pangkalan Adi Sutjipto Yogyakarta, Marsekal Pertama Bob Henry Panggabean, melakukan Water Salute untuk melepas keberangkatan Wapres Jusuf Kalla menuju Jakarta. Saat pesawat Boeing Business Jet (BBJ) 2 yang ditumpangi Wapres akan terbang, dua kendaraan pemadam kebakaran yang mengapit landasan pacu menyemprotkan air secara diagonal hingga membentuk gapura yang melengkung. Pesawat pun melewati gapura yang terbuat dari air tersebut sebagai tanda penghormatan. Tidak hanya itu, saat pesawat BBJ 2 yang ditumpangi Wapres mengudara, dua pesawat tempur Indonesia, F-16 melintas dan mengawal sebagai tanda hormat kepada Wapres Kalla.

Salah satu pilot F-16 pun menyapa Kalla yang berada di kokpit BBJ-2. Ia mewakili TNI AU mengucapkan terima kasih atas pengabdian Kalla kepada negara lewat saluran komunikasi radio antar-pesawat "Kami dengan bangga mengawal penerbangan Indonesia 2. Kami mengucapkan terima kasih atas kepemimpinan Bapak selama menjadi Wakil Presiden. Semoga selalu dikaruniai keselamatan dan kesehatan," ujar sang pilot, seperti dikutip dari rekaman video yang didapat Kompas.com, Kamis (11/10/2019) . Kalla pun membalas ucapan terima kasih tersebut. "Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan juga tentu pengabdian Anda. Hari ini saya berbangga dikawal Anda semua. Saya yakin negara kita terjaga dengan Anda semua di sini. Terima kasih atas pengawalan hari ini," ucap Kalla

Setibanya di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, pesawat yang ditumpangi Wapres juga mendapat seremoni Water Salute. Upacara water salute biasanya digelar untuk ketibaan pesawat baru atau penerbangan perdana. Upacara ini juga kerap dilakukan untuk menandai pensiunnya pilot senior.

Sumber 

https://nasional.kompas.com/read/2019/10/11/08484401/water-salute-dan-f-16-di-udara-tanda- hormat-tni-au-untuk-wapres-kalla. 

Penulis : Rakhmat Nur Hakim

Editor : Krisiandi




Sumber: Lestyarini, Beniati. 2019. Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Modul 6 Genre Teks dalam Bahasa Indonesia. Kemdikbud.

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar