Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi, Konsumsi)


Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi, Konsumsi)
 Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi, Konsumsi)


1. Produksi

Pengertian atau arti kegiatan dari produksi adalah usaha manusia untuk menghasilkan atau mengubah barang atau jasa yang bernilai ekonomi lebih tinggi. Produksi juga dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang menghasilkan atau menambah kegunaan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berikut tujuan-tujuan dari produksi antara lain sebagai berikut:a

1. Menghasilkan barang atau jasa

2. Meningkatkan nilai guna barang atau jasa

3. Meningkatkan kemakmuran masyarakat

4. Meningkatkan keuntungan

5. Meningkatkan lapangan usaha

6. Menjaga kesinambungan usaha perusahaan

Faktor Produksi

Untuk melakukan kegiatan produksi diperlukan barang-barang yang memungkinkan dilakukannya produksi, faktor produksi adalah semua unsur yang menopang usaha penciptaan nilai atau produksi barang/jasa.

Di dalam ilmu ekonomi faktor produksi terdiri dari 4 macam, yaitu

1. Tanah atau sumber daya alam (natural resources)

2. Tenaga kerja (labor)

3. Modal (capital), dan

4. Skill atau kewirausahaan (entrepreneurship).

Pada waktu peradaban manusia masih sangat sederhana sebagia besar kebutuhan dapat dipenuhi dengan memproduksi sendiri barang-barang yang diperlukan sehingga hanya memerlukan dua jenis faktor produksi saja, yaitu alam dan tenaga kerja. Manusia dapat menghasilkan barang/jasa dengan bantuan alam. Oleh sebab itu, faktor produksi alam dan tenaga kerja disebut faktor produksi asli.  Produksi  dengan menggunakan  dua  faktor  produksi  ini  hasilnya  sangat terbatas dan tidak dapat menjamin konsumsi masa depan. Sejalan dengan kemajuan  zaman  dan berkembangnya  peradaban  manusia.  Maka  kebutuhan semakin meningkat. Oleh sebab itu, selain faktor produsksi alam dan tenaga kerja juga dibutuhkan modal untuk meningkatkan hasil yang ingin dicapai serta keahlian dan keterampilan mengkoordinasikan seluruh faktor produksi secara keseluruhan. Faktor produksi modal dan faktor produksi skill kewirausahaan digolongkan pada faktor produksi turunan.

2. Distribusi

Distribusi adalah kegiatan ekonomi yang menjembatani kegiatan produksi dan konsumsi. Berkat distribusi barang dan jasa dapat sampai ke tangan konsumen. Dengan demikian kegunaan dari barang dan jasa akan lebih meningkat setelah dapat dikonsumsi. Dari apa yang baru saja diuraikan dapat disimpulkan bahwa distribusi adalah semua kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang dan/atau jasa dari  produsen  ke konsumen. Orang  yang melakukan  kegiatan distribusi disebut distributor. Dalam arti luas, kegiatan distribusi mencakup kegiatan berikut:

a. Pengangkutan 

b. Penjualan

c. Pembelian

d. Penyimpanan

e. Pembakuan Standar Kualitas Barang 

f. Penanggung Risiko

3.  Konsumsi

Konsumsi berasal dari bahasa Belanda consumptie, bahasa Inggris consumption, ialah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung. Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Tujuan kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung. Hal ini berarti bahwa penggunaan barang di luar tujuan tersebut tidak dapat dimasukkan sebagai kegiatan konsumsi. 

Tujuan konsumsi pada dasarnya dilakukan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan. Adapun tujuan kegiatan konsumsi dapat digolongkan menjadi empat yaitu

1. Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap

2. Menghabiskan nilai guna barang dan jasa sekaligus;

3. Memuaskan atau bermanfaat untuk kebutuhan fisik

4. Memuaskan atau bermanfaat untuk kebutuhan rohani




sumber : modul belajar mandiri pppk Ekonomi , Pembelajaran 1. Konsep Dasar Ekonomi Mikro, kemdikbud 
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar