Pasar Input (Pasar tanah, Tenaga Kerja, Modal)


Pasar Input
Pasar Input


Pasar (market) adalah tempat bertemunya antara pembeli dengan penjual yang bertujuan untuk melakukan transaksi ekonomi yaitu membeli atau menjual barang dan jasa atau sumber daya ekonomi serta faktor-faktor produksi lainnya. Pengertian pasar tidak menunjuk ke suatu lokasi atau tempat-tempat tertentu, hal ini karena pasar tidak mempunyai batas-batas geografis. Adanya sistem jaringan komunikasi modern yang dapat meniadakan hambatan atau batasan geografis, sehingga memungkinkan para pembeli dan penjual bertransaksi tanpa harus melihat wajah satu sama lain.

Pasar Input

Kegiatan produksi akan dapat berjalan dengan baik apabila faktor produksi yang dibutuhkan tersedia. Faktor produksi dapat diperoleh di pasar input. Pasar input adalah terjadinya interaksi antara permintaan dan penawaran faktor produksi. Faktor produksi ini meliputi sumber alam (tanah), tenaga kerja, dan modal (uang). Penawaran input berasal dari pemilik ketiga faktor produksis tersebut, sedangkan permintaan faktor input berasal dari pengusaha (pemilik entrepreunership). Oleh karena itu ada tiga macam pasar input yaitu pasar tanah (sumber daya alam),pasar tenaga kerja, dan pasar modal.

a. Pasar tanah (sumber alam).

Pasar tanah merupakan pasar yang mempertemukan pembeli dan penjual tanah. Jumlah penawarannya cenderung tetap, sementara jumlah permintaan tanah terus meningkat. Oleh karena itu harga tanah dari waktu kewaktu cenderung naik. Penawaran tanah yang cenderung tetap menyebabkan sifat penawaran tanah cenderung inelastis sempurna. Oleh karena itu kurva penawaran tanah cenderung bersifat inelastis sempurna (berbentuk garis lurus vertikal), artinya berapapun harga tanah penawarannya tidak akan berubah.

b. Pasar input Tenaga Kerja.

Dalam setiap proses produksi, tenaga kerja merupakan faktor produksi yang tidak bisa ditinggalkan. Tanpa tenaga kerja, proses produksi tidak akan dapat berjalan. Oleh karena itu, pengusaha sebagai pengelola perusahaan selalu menggunakan tenaga kerja dalam proses produksi yang dilaksanakannya. Untuk mendapatkan tenaga kerja, perusahaaan harus slalu berhubungan dengan para pemilik tenaga kerja (pekerja).

Jika pasar tenaga kerja diartikan sebagai pertemuan antara penjual dan pembeli tenaga kerja, maka harga tenaga kerja (upah) akan ditentukan oleh penjual dan pembeli tenaga kerja tersebut. Harga tenaga kerja akan terbentuk setelah ada kesepakatan harga antara mereka (antara sipekerja dengan pengusaha). Perlu juga diketahui, bahwa penawaran tenaga kerja mempunyai sifat yang khusus. Jika harga tenaga kerja meningkat cukup tinggi, maka penawaran tenaga kerja justru akan semakin berkurang. Hal ini disebabkan, dengan adanya harga tenaga kerja (upah) yang tinggi yang diterima oleh pekerja, maka pekerja justru mengurangi jam kerjanya dalam proses produksi. Pada saat ini pekerja menggunakan sebagian waktu kerja dan tenaganya untuk menikmati upah yang diterimanya. Akibatnya kurva penawaran tenaga kerjanya bergerak dari kiri bawah ke kanan atas, setelah sampai titik tertentu akan bergerak membelok ke kiri atas (back ward bending curve),

c. Pasar input Modal.

Pasar input modal adalah tempat ditawarkannya barang-barang modal untuk kepentingan proses produksi. Pengertian barang modal tidak hanya berupa mesin-mesin ataupun peralatan saja, tetapi juga modal uang (yang merupakan dana untuk membeli barang-barang modal). Modal yang berupa uang diperoleh dari tabungan dan pinjaman, yang nantinya akan digunakan untuk investasi. Diharapkan dengan investasi tersebut, permintaan dan penawaran akan barang modal mengalami peningkatan.

Pasar input modal merupakan suatu pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli barang-barang modal untuk kepentingan proses produksi. Jika digunakaan istilah penawaran dan permintaan, pasar input modal dapat diartikan sebagai suatu pasar yang menghubungkan penawaran dan permintaan barang-barang modal. Penawaran barang-barang modal di pasar ini dapat berasal dari masyarakat RTK maupun RTP. Semetara itu, permintaan barang modal pada umumnya datang dari RTP saja.



sumber : modul belajar mandiri pppk Ekonomi , Pembelajaran 1. Konsep Dasar Ekonomi Mikro, kemdikbud  

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar