Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Positif dan Dampak Negatif E-commerce

Dampak Positif dan Dampak Negatif E-commerce
Dampak Positif dan Dampak Negatif E-commerce

E- Commerce menggambarkan cakupan yang luas mengenai teknologi, proses, dan praktik transaksi bisnis tanpa menggunakan kertas sebagai sarana mekanisme transaksi. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui e-mail. Elektronic Data Interchange (EDI), atau bisa juga melalui World Wide Web. E- Commerce ini juga meliputi transaksi di dalam dan antar sektor bisnis yang khusus (private) dan  umum  (public),  serta  system  yang melibatkan  komunitas dalam negeri maupun internasional (Purbo dan Wahyudi, 2001). E-commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses, bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dalam perdagangan barang, pelayanan jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronik

E-commerce dicari untuk menambahkan aliran pendapatan dengan menggunakan internet untuk  membangun hubungan dengan klien dan mitra usaha dan mengembangkan efisiensi. e- commerce adalah penjualan barang dan jasa, antara perusahaan, rumah tangga, individu dan pemerintah, masyarakat atau organisasi swasta lainnya, yang dilakukan melalui komputer pada media jaringan. 

Ada beberapa sebutan untuk E-commerce yaitu internet Commerce atau  Ecom  atau  E-commerce,  atau  immerce,  yang  pada  dasarnya semua sebutan mempunyai makna yang sama. Istilah-istilah tersebut berarti membeli atau menjual secara elektronik, dan kegiatan ini dilakukan pada jaringan internet.

Dunia semakin canggih. Teknologi semakin berkembang perkembangan tersebut secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi  sistem perdagangan,  transaksi,  dan  peredaran  uang manusia selama ini. Sebelumnya, transaksi secara tradisional dilakukan dari tangan ke tangan secara langsung, antara pembeli dan penjual bertatap muka, dan melakukan tawar menawar, yang akhirnya terjadi kesepakatan. Namun kali ini, dengan adanya kecanggihan teknologi komputer, semua keterbatasan sarana, jarak dan waktu transaksi dapat teratasi dengan mudah. Hanya dengan klik saja kita dapat mendapatkan barang yang kita inginkan, bisa mengetahui apa saja yang kita inginkan dan dapat melakukan transaksi dengan siapa saja tanpa dibatasi waktu dan jarak.     Kemudahan inilah yang menjadi faktor utama berkembangnya e-commerce Adapun kegiatan yang bisa dilakukan didalam e-commerce tersebut meliputi:

a.   Perdagangan online melalui world wide web (PC- Personal Computer) merupakan contoh yang paling gampang dan umum diketahui orang. 

b.   Transaksi  online  bisnis  antar  individu  maupun  antar  lembaga/perusahaan.

c.   Internet  banking  yang  saat  ini  berkembang  di  Indoneisa.  Melalui internet banking kita bisa mengecek berapa saldo rekening kita, mengganti nomor PIN ATM kita, transfer antar rekening dan berbagai macam kemudahan sistem pembayaran tagihan lainnya.

d. TV interaktif di mana melaui televisi kita bisa melihat daftar acara secara interaktif, internet lewat TV, dan akses web lewat TV.

e.   WAP (Wirelles Application Protocol) sistem belanja online. Dengan handphone yang   selalu   kita   bawa   kemana-mana,   kita   dapat melakukan segala macam transaksi yang kita inginkan. Misalnya pembelian tiket pesawat terbang, memesan makanan direstoran. Semua itu dilakukan hanya sekejap dan tidak mengharuskan anda untuk duduk di depan computer yang   terhubung dengan internet. (Purbo dan Wahyudi, 2001).

E-commerce memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka yang memanfaatkannya. Namun, di sisi lain ternyata e-commerce juga punya dampak negatif.

Dampak Positif E-commerce

1.  Munculnya aliran penghasilan baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak ada pada sistem jual-beli dengan cara tradisional

2.  E-commerce   memberikan   peluang  untuk  meningkatkan market exposure

3.  Berpotensi  untuk  memperluas  jangkauan  secara  global  (global reach)

4.  Kesempatan untuk mengurangi biaya operasional (operating cost)

5.  Kemudahan  dalam  membangun  dan  meningkatkan  customer loyality

6.  Meningkatkan mata rantai pendapatan (value chain)

7.  Membantu mempersingkat waktu produksi

8.  Dapat meningkatkan supplier management

Dampak Negatif E-commerce

1.  Potensi terjadinya penipuan dimana seseorang kehilangan dari segi finansial karena kecurangan pihak lain. 

2.  Kemungkinan terjadinya pencurian data dan informasi rahasia dan berharga yang dapat mengakibatkan kerugian besar kepada korban

3.  Potensi terjadinya kehilangan  kesempatan bisnis  atau  kerugian pelanggan yang diakibatkan oleh gangguan sistem, misalnya human error dan gangguan listrik tiba-tiba.

4.  Kemungkinan terjadinya akses yang dilakukan orang lain tanpa autorisasi, misalnya hacker yang membobol sistem perbankan.

5.  Kampanye  negatif  via  internet  yang  dilakukan  kompetitor  yang dapat berakibat buruk bagi sebuah bisnis

6.  Potensi kerugian yang bisa terjadi akibat kesalahan manusia baik itu sengaja atau tidak sengaja, dan juga kerusakan sistem elektronik 

Posting Komentar untuk "Dampak Positif dan Dampak Negatif E-commerce"