Bidang-bidang Akuntansi dan karakteristik laporan keuangan



Bidang-bidang Akuntansi dan karakteristik laporan keuangan
Bidang-bidang Akuntansi dan karakteristik laporan keuangan


Seiring dengan perkembangan akuntansi terdapat beberapa bidang akuntansi. Dua bidang yang utama adalah Akuntansi Keuangan (Financial Accounting) dan Akuntansi Manajemen (Management Accounting).

Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang berhubungan  dengan pelaporan keuangan yang terutama ditujukan kepada pemakai eksternal atau pihak luar perusahaan. Selain itu, pelaporan keuangan ini digunakan  oleh  pimpinan tertinggi perusahaan (executive management) sebagai pertanggungjawabannya kepada para pemegang saham atas pengelolaan perusahaan. Laporan keuangan dari akuntansi keuangan harus disusun berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Tujuannya adalah agar para pihak eksternal yang menggunakan laporan keuangan tersebut memiliki pemahaman dan interpretasi yang sama dan tepat tentang informasi keuangan dan kegiatan ekonomi yang terdapat dalam laporan keuangan tersebut. Contoh laporan akuntansi keuangan adalah laporan posisi keuangan, laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.

Akuntansi manajemen adalah akuntansi yang berhubungan dengan pelaporan keuangan untuk pemakai internal atau pihak manajemen perusahaan. Akuntansi menajemen lebih detail untuk melaporkan efektifitas penggunaan biaya pada kegiatan operasional perusahaan. Akuntansi manajemen tidak terikat dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) melainkan berdasarkan Sistem Akuntansi  dan kebijakan manajerial dari masing-masing perusahaan. Contoh laporan akuntansi  manajemen  adalah  laporan  tentang  Full  Cost Accounting (akuntansi biaya penuh, merupakan jumlah seluruh biaya yang dibebankan pada produk), Responsibility Accounting (akuntansi pertanggungjawaban, merupakan laporan yang bertujuan untuk pengendalian biaya tiap unit atau departemen yang ada dalam suatu perusahaan). Secara rinci bidang-bidang dalam akuntansi pada umumnya dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu :

a)  Bidang akuntansi berdasarkan tujuan, yang terdiri dari :

1) Akuntansi keuangan (Financial Accounting), yang merupakan aplikasi akuntansi secara keseluruhan untuk suatu unit ekonomi. Fungsi pokoknya adalah memelihara catatan atas transaksi-transaksi usaha dan menyiapkan laporan-laporan berkala atas usaha tersebut serta teknik dan prinsip akuntansi yang diterapkan dalam melaksanakan tugas ini.

2)  Akuntansi Manajemen (Management Accounting), yang menyiapkan data historis maupun taksiran (estimated) dalam membantu pekerjaan manajemen sehari-hari dan merencanakan operasi perusahaan.

3)  Akuntansi Biaya ( Cost Accounting), berhubungan dengan penentuan serta pengawasan biaya dalam suatu perusahaan, terutama untuk perusahaan industri (manufactured). Dalam perusahaan industri umumnya diperlukan perhitungan biaya produksi, distribusi biaya- biaya, penyusunan laporan biaya, penentuan biaya berdasarkan departemen, fungsi, aktivitas produksi, dan lain- lain. Tugas akuntan di bidang ini antara lain menganalisis data mengenai biaya, baik yang aktual maupun yang direncanakan, untuk tujuan pengawasan serta perencanaan di masa yang akan datang.

4)  Akuntansi Pemeriksaan (Auditing), meliputi pemeriksaan independen atas pekerjaan-pekerjaan akuntansi secara menyeluruh. Bidang ini meliputi pemberian pendapat atas kelayakan dari laporan keuangan yang disusun.

5) Akuntansi Perpajakan (Taxation), meliputi persiapan untuk pelaporan, pembayaran pajak ataupun pemgembalian pajak, serta pemenuhan prosedurprosedur perpajakan. Akuntan yang bergerak di bidang  ini harus memahami semua peraturan perpajakan yang berlaku di negara yang bersangkutan. 

6)  Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting), merupakan bidang khusus dalam mencatat dan melaporkan transaksi-transaksi yang dilakukan pemerintah serta lembaga-lembaga pemerintahan. Hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan informasi akuntansi dalam administrasi negara dan mengawasi keuangan pemerintah sesuai mata anggaran masing-masing.

7)  Akuntansi Anggaran (Budgeting), menyajikan rencana keuangan untuk suatu periode melalui perkiraan dan menyiapkan perbandingan antara operasi yang sebenarnya dan rencana operasi yang akan datang. Bidang ini seringkali sudah tercakup dalam akuntansi manajemen.

8)  Sistem Akuntansi (Accounting System), merupakan bidang yang berkaitan dengan penerapan/aplikasi dari suatu sistem (sistem pencatatan serta pelaporan dan analisis data keuangan perusahaan). Sistem ini dimaksudkan untuk menghasilkan cara pengamanan atas harta perusahaan.

9)  Akuntansi Sosial (Social Accounting), merupakan bidang yang bertujuan melakukan pengukuran atas keuntungan dan kerugian masyarakat atas adanya suatu usaha/perusahaan di lingkungan masyarakat tersebut.

b)  Bidang Akuntansi berdasarkan profesi, yang terdiri dari :

1)  Akuntan publik (public accounting), biasa disebut juga sebagai akuntan ekstern atau auditor eksternal adalah akuntan independen (swasta), yang menyediakan jasa kepada pihak yang membutuhkan. Untuk dapat berprofesi sebagai  akuntan  publik,  seseorang  harus  memiliki  ijin  dari  kementerian keuangan.  Di  Indonesia  akuntan  publik  tergabung  dalam  organisasi  IAPI (Institut  Akuntan  Publik  Indonesia).  Tugas  akuntan  publik  diantaranya melakukan pemeriksaan (auditing), memberi jasa perpajakan   (tax   service), memberikan  jasa  akuntansi (accounting services),   memberikan   jasa konsultasi manajemen    (management advisory services)

2)  Akuntan intern (private accountant), biasa disebut akuntan manajemen atau auditor internal adalah akuntan yang bekerja di sebuah perusahaan dan menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Para akuntan manajemen di Indonesia tergabung dalam organisasi IAMI (Ikatan Manajemen Akuntansi Indonesia). Tugas akuntan intern diantaranya adalah menyusun system akuntansi, menyusun laporan keuangan yang ditujukan untuk kepentingan pihak intern dan ekstern, menyusun anggaran, menangani masalah perpajakan dan melakukan pemeriksaan internal 

3) Akuntan pemerintahan (government accountant) adalah akuntan yang bekerja pada badan pemerintah, perusahaan negara, bank pemerintah, Direktorat Jenderal Pajak, dan Direktorat Jendral Pengawasan   Keuangan Negara. Para akuntan pemerintah tergabung dalam IAI- KASP (Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Sector Publik).

4) Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi yaitu mengajar, menyusun kurikulum dan melakukan penelitian di bidang akuntansi. Di Indonesia, para akuntan pendidk tergabung dalam IAI- KAPD (Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik).


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar