Perbedaan antara Jalan dan Lari


 

Perbedaan antara Jalan dan Lari
Jalan dan Lari

Bentuk aktivitas fisik sederhana serta menyehatkan badan yang sering kita lakukan yaitu berjalan dan berlari. Diantara jalan dan lari tentu memiliki perbedaan baik secara teknikal maupun kecepatan, namun apakah perbedaan antara jalan dan lari? Sebelum mengetahui perbedaan antara jalan dan lari ada baiknya terlebih dahulu memahami pengertian jalan dan lari itu sendiri.

Pengertian jalan 

Jalan adalah bergerak pindah tempat atau memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkah menggunakan kaki secara bergantian. Gerak tubuh yang kita lakukan dalam berjalan didominasi oleh langkah kaki, meskipun gerak tangan, dan anggota badan lainnya juga di perlukan tetapi gerak langkah kaki sebagai gerak utama

Pengertian Lari

Secara gerakan jalan dan lari tidak ada perbedaan yang berarti. Baik jalan maupun lari adalah gerakan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkahkan kaki secara bergantian. Jadi pengertian lari juga sama dengan jalan yaitu gerak berpindah tempat atau memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkah menggunakan kaki secara bergantian. Namun antara jalan dan lari ada perbedaan yang signifikan terutama kontak kaki dengan tanah. 

Apa Perbedaan antara jalan dan lari?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa meskipun jalan dan lari mempunyai pengertian yang sama tetapi kita dapat mengidentifikasi perbedaan jalan dan lari yaitu:

>Jalan, pada gerakan jalan, langkah-langkah kaki yang kita gerakan selalu ada salah satu kaki yang berhubungan atau kontak dengan tanah. 

>Lari, pada gerakan lari, langkah-langkah kaki yang kita gerakan ada saat kedua kaki tidak berhubungan dengan tanah. Artinya pada lari pada saat tertentu kedua kaki melayang di udara.

perbedaan antara jalan dengan lari juga bisa kita lihat dari kecepatannya. Jalan terlihat lebih lambat dibandingkan lari yang biasanya menggunakan kecepatan maksimal seseorang. Maka akan sulit jalan kaki menyamai kecepatan lari. Rata-rata kecepatan berjalan 5 km/jam, untuk jalan cepat sekitar 8 km/jam.


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar