Perbedaan Antara Makna Referensial dan Makna Nonreferensial


Perbedaan Antara Makna Referensial dan Makna Nonreferensial
Perbedaan Antara Makna Referensial dan Makna Nonreferensial


Makna adalah konsep abstrak pengalaman manusia tentang sesuatu, tetapi makna bukan pengalaman setiap individu (Wijana dan Rohmadi, 2008: 11). Makna digunakan sebagai penghubung bahasa dengan dunia luar sesuai dengan kesepakatan penutur bahasa sehingga antarindividu dapat saling mengerti (Djayasudarma, 2012: 7). 

sebelum mengetahui Perbedaan Antara Makna Referensial dan Makna Nonreferensial maka perlu memahami Pengertian Makna Referensial dan Makna Nonreferensial

Pengertian Makna Referensial

Referensi  berhubungan dengan  sumber  acuan.  Makna  referensial berkaitan langsung dengan sumber yang menjadi acuan. Makna ini mempunyai hubungan dengan makna yang telah disepakati bersama. Misalnya, kata air termasuk dalam makna referensial. Makna air mengacu pada cairan jernih yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau, diperlukan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan, secara kimiawi mengandung hidrogen dan oksigen. 

Contoh lainnya misalnya kata kertas yang memiliki makna referensial. Makna kata kertas mengacu pada sebuah lembaran yang terbuat dari bubur kayu, jerami, rumput, dan sebagainya yang biasanya digunakan untuk menulis atau dijadikan pembungkus. Contoh lain kata yang memiliki makna referensial adalah botol, plastik, lampu, masker, kerudung, dan sebagainya. Semua kata tersebut memiliki acuan atau referensi sehingga memiliki makna referensial.

Pengertian Makna Nonreferensial

Satuan-satuan bahasa dalam kajian semantik ada yang memiliki referen ada juga yang tidak memiliki referen. Pada bagian atas, makna referen berkaitan dengan sumber atau acuan yang dimiliki oleh kata tersebut. Jika yang menjadi pokok perhatiannya adalah acuan, maka makna nonreferensial adalah makna yang tidak memiliki acuan. Misalnya, kata dan, atau, karena termasuk dalam makna nonreferensial karena tidak memiliki acuan atau referen.

Perbedaan Antara Makna Referensial dan Makna Nonreferensial

Jadi Perbedaan Antara Makna Referensial dan Makna Nonreferensial Adalah Makna  referensial berkaitan langsung dengan sumber yang menjadi acuan contohnya kata "air", sedangkan makna nonreferensial adalah makna yang tidak memiliki acuan contohnya kata ''dan''




Sumber: Wahyudin, Ahmad. 2019. Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Modul 2 Semantik dan Wacana. Kemdikbud.

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar