Perbedaan Antara Makna Sekunder Dan Makna Primer


Perbedaan Antara Makna Sekunder Dan Makna Primer
Perbedaan Antara Makna Sekunder Dan Makna Primer


Pengertian Makna Primer

makna leksikal, makna denotatif, dan makna literal dapat kita ketahui tanpa bantuan konteks. Wijana dan Rohmadi (2008: 26) menjelaskan bahwa makna- makna yang dapat diketahui tanpa bantuan konteks disebut makna primer.

Makna primer adalah makna yang dipelajari sejak kecil dan terkandung dalam sebuah kata jika kata itu digunakan tersendiri. Makna primer merupakan makna pertama yang muncul dalam pikiran dan cenderung mempunyai referensi ke situasi fisik.

Menyikap lanjuti bahwa makna primer dapat dikatakan secara sederhana sebagai makna yang sebenarnya, maka makna-makna yang dapat digolongkan sebagai makna primer ada tiga, yaitu makna leksikal, makna denotatif, dan makna literal. 

Pengertian Makna Sekunder

Makna gramatikal, konotasi, dan figuratif  dapat diidentifikasi oleh penutur bahasa ketika sudah dihubungkan dengan konteks. Makna satuan kebahasaan yang baru dapat didentifikasikan dengan bantuan konteks disebut makna sekunder.

Apabila makna primer merupakan makna pertama yang muncul dalam pikiran dan cenderung mempunyai referensi ke situasi fisik, maka makna sekunder itu sendiri sering disebut makna ke-dua. Makna satuan kebahasaan yang hanya dapat diidentifikasikan lewat konteks pemakaian bahasa itulah yang disebut makna sekunder.

Menyikap lanjuti bahwa makna sekunder dapat dikatakan secara sederhana sebagai makna ke-dua, maka makna-makna yang dapat digolongkan sebagai makna sekunder antara lain, makna gramatikal, makna konotatif, dan makna figuratif.





Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar