Cara Membandingkan r Tabel Dan r Hitung Untuk Uji Validitas




cara membandingkan r tabel dan r hitung

        Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti tingkat ketepatan dan kesahihan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya.
        Suatu instrumen pengukur mempunyai validitas yang tinggi apabila instrumen tersebut menjalankan fungsi ukurnya, atau memberikan hasil ukur yang sesuai. Sedangkan tes yang memiliki validitas rendah akan menghasilkan data yang tidak relevan dengan tujuan pengukuran.
    validitas atau tingkat kesahihan suatu soal/instrumen sangat diperlukan bahkan bisa dijadikan  suatu acuan dan landasan layak atau tidaknya suatu soal / instrumen untuk digunakan.
     
          mengetahui validitas suatu soal atau instrumen yang digunakan  mempunyai kelayakan sebagai alat pengukur salah satu caranya  adalah dengan membandingkan r tabel dan r hitung.
lalu yang menjadi pertanyaan adalah

 bagaimanakah aturan dalam membandingkan r tabel dan r hitung dalam uji validitas?

namun sebelumnya ada lebih baiknya untuk mengetahui :



setelah selesai menghitung r hitung maka untuk mengetahui validitas suatu instrumen dengan membandingkan r tabel dan r hitung dengan ketentuan

>>> apabila  r tabel lebih besar dari r hitung  maka soal / instrument tersebut tidak valid, 

perhatikan gambar di bawah ini

 r tabel lebih besar dari r hitung maka soal / instrument tersebut tidak valid

dari gambar di atas terdapat 15 soal instrumen yang digunakan. dari 15 soal tersebut terdapat 4 soal yang tidak valid karena r hitungnya lebih kecil daripada r tabel.


>>> apabila 
r hitung  lebih besar dari r tabel maka soal / instrument tersebut  valid

perhatikan gambar diatas yang tidak di kasih warna kuning

dari gambar di atas terdapat 15 soal instrumen yang digunakan. terdapat 10 soal yang valid karena r hitungnya lebih besar daripada r tabel.


demikianlah cara membandingkan r tabel dan r hitung untuk mengetahui validitas soal, semoga bermanfaat , selamat mencoba..



Baca Juga

Komentar