Manfaat Mempelajari Ilmu Sharaf



mempelajari Ilmu Sharaf
Al quran
Dalam bahasa Arab, satu kata bisa mempunyai banyak bentuk. Bentuk- bentuk itu diakibatkan oleh perubahan-perubahan yang terjadi padanya, baik berupa terjadinya pergantian salah satu huruf, pemindahan atau pembuangan, dan juga perubahan harakat-harakatnya.

       Menurut Acep Hermawan Sharaf adalah ilmu yang mempelajari tentang asal usul  kata,  sehingga  dapat  mengetahui  arti  suatu  kata.            

        Sementara   al-Kailani  mendefinisikan  ilmu  sharaf  sebagai  suatu  bentuk  asal menjadi macam-macam bentuk untuk tujuan makna yang hanya terjadi karenanya.

        Ilmu  sharaf  adalah  suatu  cabang  ilmu  pengetahuan  yang  harus  diketahui pertama kali oleh para pelajar agama terutama para pelajar madrasah atau pondok pesantren  karena  ilmu  sharaf  merupakan  induk  segala  ilmu,  sebab  ilmu  sharaf  itu melahirkan bentuk setiap kalimat. Sedangkan kalimat itu menunjukan bermacam- macam  ilmu.  Dengan  mempelajari  ilmu  sharaf  ini  bertujuan  untuk  memahami  dan mengkaji makna al-Qur’an dan Hadits

apa saja manfaat mempelajari ilmu sharaf ?

Manfaat Mempelajari Ilmu Sharaf


Adapun   manfaat   mempelajari  ilmu Sharaf sebagai tolak  ukur   dalam mempelajarinya adalah sebagai berikut :

1)           Untuk mengetahui bentuk dasar suatu kata dengan segala perubahan- perubahannya, misalnya dari bentuk fi’il madhi menjadi fi’il mudhari’, mashdar isim maf’ul, isim makan, zaman dan alat.

2)          Untuk mengetahui perubahan-perubahan makna dari perubahan-perubahan bentuk dasar kata. Misal غفر, dari bentuk thulathi diubah menjadi beberapa bentuk,  seperti استغفر, اغفر atau تغافر.

3)           Untuk mengetahui perubahan fungsi suatu kata misalnya yang semula bentuknya kata kerja lazim (intransitive) berubah menjadi muta’adi (transitif), contoh جلس (duduk) diubah menjadi اجلس (mendudukan).

 4)           Untuk membantu seseorang dalam rangka melacak makna atau arti suatu kata   dalam kamus. Misalnya dalam suatu kalimat kita temukan  kata  مطعم, maka dengan ilmu sharaf dapat kita lacak bentuk dasarnya dari fi’il madhinya, Thulathi, ruba’I mujarrod atau mazid.

5)           Untuk membantu penerjemahan agar menemukan makna/arti dengan tepat,  seperti  استغفر        asal dari thulathi   غفر (mengampuni) berarti meminta ampunan. Dan menemukan asal kata dengan benar, seperti ق (jagalah) dari fi’il thulathi mujarrod    ق و ى.


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar