Pengertian Definisi Kamus (qomus) Dalam Bahasa Arab



Definisi Kamus (qomus) Dalam Bahasa Arab

a.     Definisi Kamus

       Kata kamus dalam bahasa Arab, disebut dengan istilah Al-Mu’jam atau Al-Qamus. Sedangkan    pengertian kamus menurut Ahmad Abdul Ghafur At tar, [1]: “Kamus adalah sebuah buku yang memuat sejumlah besar kosakata bahasa yang disertai penjelasannya dan interpretasi atau penafsiran makna dari kosakata tersebut yang semua isinya disusun dengan sistematika tertentu, baik berdasarkan urutan huruf hijaiyyah (lafal) atau tema (makna)”.
Definisi kamus menurut beberapa para ahli :

     1)   Hasan Alwi (2003:10) mendefinisikan, kamus merupakan khazanah pembendaharaan kata suatu bahasa yang menggambarkan tingkat peradaban bangsa pemiliknya.

     2)   Menurut W.J.S Poerwadarminta (2005:10) “Kamus adalah buku yang berisikan keterangan arti kata-kata”

    3)   Hoetomo M.A (2005:10) Mendefinisikan, kamus yaitu buku acuan yang memuat kata dan ungkapan yang biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tentang maknanya.

    4) Acep Hermawan mendefinisikan, Kamus (qamus/mu’jam/dictonaty) adalah buku yang memuat daftar kosakata dan atau istilah, baik umum maupun khusus secara alfabetik disertai penjelasan makna, penggunaan, pelafalan, pembentukan,  padanan dalam bahasa lain atau bahasa yang ada di kamus itu.[2]

      Dari definisi kamus diatas dapat disimpulkan bahwa kamus adalah sebuah buku yang memuat kata atau istilah yang disusun menurut abjad berikut keterangan dan maknanya. Maka kamus bahasa Arab adalah kumpulan arti dari kosa kata bahasa Arab yang disusun secara abjad bahasa Arab berikut keterangan maknanya.

      Ada beberapa istilah dalam bahasa Arab yang dipakai untuk menyebutkan kamus, yaitu mu’jam, qamus, fihris, mausu’ah (ensklopedi) dan musrid (indeks, glosarium). Semua istilah tersebut mengarah kepada satu pengertian, bahwasanya kamus, ensklopedia, indeks, glosarium adalah kumpulan kosakata yang dilengkapi makna/artinya dan keterangan lain  yang bertujuan untuk menjelaskan informasi  yang berhubungan dengan kata-kata yang termuat di dalam daftar tersebut. Kesemua kosakata beserta maknanya disusun secara teratur berurutan berdasarkan sistematika tertentu yang dipilih oleh penyusun kamus untuk mempermudahkan pengguna (user) atau pembaca dalam memahami makna dan informasi tentang kata yang dicari[3]




1 Ahmad Abdul Ghafur AtTar, Muqaddimah Al-Shihah. (Beirut, Dar Al-Ilm Lil Malayin, 1979), hlm 38.
2 Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab       ,h.258
3 H.R Taufiqurrahman, M.A, Leksikologi Bahasa Arab. (Yogyakarta, UIN Malang Press, 2008), h.133-134.



Baca Juga

Komentar