Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Minat Belajar


Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Minat Belajar
 Minat Belajar



 faktor eksternal , yaitu faktor dari luar diri anak yang ikut mempengaruhi belajar anak, yang antara lain berasal dari orang tua, sekolah, dan masyarakat.

1.Faktor yang berasal dari orang tua


  Faktor yang berasal dari orang tua ini utamanya adalah bagaimana cara mendidik orang tua terhadap anaknya. Ada beberapa cara orang tua dalam mendidik anaknya. Namun yang dianggap sesuai dengan kepemimpinan Pancasila lebih pantas Karena orang tua dalam mencampuri belajar anak, tidak akan masuk terlalu dalam.
     Prinsip kepemimpinan Pancasila sangat manusiawi, karena orang tua akan mendidik dengan"ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayanı" Dalam kepemimpinan Pancasila ini berarti orang tua mendidik dengan kebiasaan-kebiasaan yang positif kepada anak untuk dapat diteladani. Orang tua juga selalu memperhatikan anak selama belajar baik langsung maupun tidak langsung, dan memberikan arahan arahan manakala akan melakukan tindakan yang kurang tertib dalam belajar.

2 Faktor yang berasal dari sekolah


     Faktor yang berasal dari lingkungan sekolah, bisa berasal dari guru, mata pelajaran yang ditempuh, dan metode yang diterapkan Faktor guru banyak menjadi penyebab kegagalan belajar anak, yaitu yang menyangkut kepribadian guru, kemampuan mengajar. Terhadap mata pelajaran, karena kebanyakan anak memusatkan perhatiannya kepada yang diminati saja, sehingga mengakibatkan nilai yang diperolehnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Keterampilan, kemampuan, dan kemauan belajar anak tidak dapat dilepaskan dari pengaruh atau campur tangan orang lain Oleh karena itu menjadi tugas guru untuk membimbing anak dalam belajar

3 Faktor yang berasal dari masyarakat


      Anak tidak lepas dari kehidupan masyarakat. Faktor masyarakat dianggap sangat kuat pengaruhnya terhadap pendidikan anak Pengaruh masyarakat bahkan sulit dikendalikan Mendukung atau tidak mendukung perkembangan anak, masyarakat juga ikut mempengaruhi



Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar