3 langkah Merencanakan Pembelajaran Discovery learning


Pembelajaran Discovery learning
Pembelajaran Discovery learning



Merencanakan pelajaran menggunakan Model Temuan Terbimbing (Discovery learning)


Merencanakan pelajaran saat menggunakan Model Temuan Discovery learning melibatkan tiga langkah

1. Mengidentifikasi Topik

merencanakan satu pelajaran atau unit dimulai dengan satu topik . Topik-topik bisa datang dari standar, buku teks, panduan kurikulum, atau sumber-sumber lain, termasuk guru itu sendiri. Jika topiknya adalah konsep atau generalisasi, Model Temuan Terbimbing bisa digunakan secara efektif.

2. Menentukan Tujuan Belajar

Setelah mengidentifikasi topik,  kemudian  memutuskan hal apa yang  ingin siswa  ketahui tentang topik itu. Keputusan ini mengidentifikasi tujuan belajar, pernyataan yang menentukan apa yang semestinya diketahui, dipahami, atau mampu dilakukan siswa terkait topik tersebut. Tujuan belajar yang jelas itu penting karena memberikan kerangka kerja ketika merencanakan dan menerapkan pelajaran.

3. Menyiapkan Contoh dan Noncontoh

Setelah memutuskan secara tepat apa yang  ingin siswa  pahami atau mampu lakukan, kemudian membuat (atau menemukan) contoh dan noncontoh. Noncontoh terutama penting saat mengajarkan konsep-konsep yang saling terkait. Misalnya, jika siswa mempelajari konsep serangga, mereka arus diberikan contoh tentang laba-laba, yang terlihat seperti serangga tapi sebenarnya arachnid, satu kelas hewan yang berbeda. Dengan mengidentifikasi perbedaan di antara keduanya, seperti delapan kaki bagi laba-laba ketimbang enam kaki bagi serangga, murid cenderung untuk tidak mengacaukan keduanya. Penelitian menunjukkan bahwa konsep-konsep yang saling terkait paling efektif diajarkan bersama-sama (Tennyson & Cocchiarella, 1986), seperti mengajarkan konsep serangga dan arachnid, simile dan metafora, atau garis bujur dan garis lintang bersama-sarna. Contoh-contoh dari arachnid berfungsi sebagai noncontoh bagi serangga dan sebaliknya. Hal sama berlaku pula bagi simile dan metafora dan garis bujur dan garis lintang.

Baca Juga

Komentar