Bagaimana Cara Mempelajari Statistika


Bagaimana Cara Mempelajari Statistika
Bagaimana Cara Mempelajari Statistika



 Statistik,  kata yang begitu lumrah,  yang terpikirkan dengan statistik tidak jauh dari, angka,  matematika , data,  ataupun hal hal berkaitan dengan hitung menghitung.  Sebenarnya secara tidak sengaja pernyataan yang mengandung statistik telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari.  Semisal nya saja pernyataan seperti: gaji tiap bulan Rp 5 juta, jumlah siswa yang hadir 24 siswa, 30% aspek kamera hp ini lebih baik dari generasi sebelumnya.

       hasil penelitian, riset maupun pengamatan. baik yang dilakukan khusus ataupun berbentuk laporan, sering diminta atau diinginkan suatu uraian, penjelasan atau kesimpulan tentang per soalan yang diteliti. Sebelum kesimpulan dibuat, keterangan atau data yang telah terkumpul itu terlebih dahulu dipelajari, dianalisis atau diolah dan berdasarkan pengolahan inilah baru kesimpulan dibuat. Tentulah mudah dimengerti bahwa pengumpulan data atau keterangan, pengolahan dan pembuatan kesimpulan harus dilakukan dengan baik, cermat, teliti, hati-hati, mengikuti cara cara dan teori yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Ini semua ternyata merupakan pengetahuan tersendiri yang diberi nama statistika.

Mengapa Statistik ?


        Dahulu statistik hanya digunakan untuk menggambarkan keadaan dan menyelesaikan persoalan-persoalan negara seperti pencatatan banyaknya penduduk, penarikan pajak, dan semacamnya. Sekarang hampir tiada bidang yang tidak menggunakan statistik: psikologi, , pendidikan, kimia, biologi, pertanian, kedokteran, hukum, politik, sosiologi, teknik, dan lain-lain lapangan. Mungkin hanya ilmu ilmu yang pendekatannya spekulatif yang tidak menggunakan statistik, dan ilmu. ilmu yang pendekatannya spekulatif itu makin lama makin sedikit jumlahnya.

Banyak buku-buku baku (standard) yang hanya dapat difahami secara mendalam dengan pengetahuan tentang statistik. Sebabnya yalah sekarang lebih banyak buku-buku yang ditulis berdasarkan penelitian-penelitian Ilmiah atau research.

  kecenderungan akan facts and figures, akan fakta dan angka-angka menimbulkan kebutuhan yang tak dapat dihindari akan statistik, hingga tiada suatu research pun pada dewasa ini ditulis tanpa angka-angka statistik.

Kecuali segi-segi praktis itu, sebagaimana juga dalam matematik, ada unsur unsur dalam statistik yang berfungsi sebagai sarana mengembangkan cara-cara berfikir logik. Statistik lebih dari pada matematika, merupakan suatu jalan berfikir ya malahan suatu bahasa untuk berfikir secara ilmiah, untuk merencanakan  penyelidikan penyelidikan, serta untuk mencapai kesimpulan-kesimpulan dan keputusan keputusan yang teliti dan mantap.(1 )

Bagaimana cara Mempelajari Statistik?


         Sukar mungkin kata yang tepat mengiringi dalam memahami arti dan maksud konsep serta tata kerja statistik,  apalagi dalam memahami secara dengan sepintas atau loncat loncat. ini dikarenakan biasanya tiap uraian dalam setiap materi masih memiliki sangkut paut dengan materi sebelumnya.  Ada baik dilakukan step by step sedikit demi sedikit,  jikalau memang terlahir sebagai orang jenius ya tidak apa apa. kalau tidak ya,  butuh kesabaran dan ketekunan dalam belajar.

         Ada  dua jalan yang dapat ditempuh untuk mempelajari statistika Jika ingin membahas statistik secara mendasar,  mendalam dan teoritis, maka yang dipelajari digolongkan kedalam statistika matematis atau statistik teoritis. Di sini diperlukan dasar matematika yang kuat dan mendalam Yang dibahas antara lain penurunan sifat sifat,  dalil dalil, rumus-rumus, menciptakan model model dan segi-segi lainnya lagi yang teoritis dan matematis. Yang kedua, kita dapat mempelajari statistika semata-mata dari segi penggunaannya. Aturan-aturan, rumus-rumus, sifat-sifat dan sebagainya yang telah diciptakan oleh statistika teoritis, diambil dan digunakan mana yang perlu dalam berbagai bidang pengetahuan Jadi di sini tidak dipersoalkan bagaimana didapatnya rumus-rumus atau aturan-aturan, melainkan hanya dipentingkan bagaimana cara teknik atau metoda statistika digunakan .




1. Sudjana,  metoda statistika, cet.  6 (Bandung, Tarsito, 2005) h. 4


Baca Juga

Komentar