Batasan Umum Dan Batasan khusus Statistik


Batasan Umum Dan Batasan khusus Statistik
Batasan Umum Dan Batasan khusus Statistik



A. Mengenal Statistik


               Dalam KBBI , statistik : catatan angka angka (bilangan); perangkaan. :data yang berupa angka yang dikumpulkan,  digolongkan golongan sehingga dapat memberi informasi mengenai suatu masalah atau gejala.
 
         Secara etimologis kata "statistik" berasal dari kata status (bahasa Latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata State (bahasa Inggris) atau kata staat (bahasa Belanda), dan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara. Pada mulanya, kata "statistik" diartikan sebagai "kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (data kualitatif), yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu negara. Namun, pada perkembangan selanjutnya, arti kata statistik hanya dibatasi pada "kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif)" saja bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif) tidak lagi disebut statistik.( 1)

           Di Indonesia, penggunaan statistik dikaitkan dengan arsip, yang dalam hal ini menjadi bagian dari Biro Arsip atau Lembaga Arsip Nasional, sebagaimana tercantum dalam Statistik Ordonantie (stbl 1934, No. 508) Kemudian, sejak adanya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1960, sebagai pengganti Stbl 1934 Nomor 508, dinyatakan bahwa untuk melaksanakan pembangunan semesta serta bagi keperluan kebijaksanaan pemerintah dan masyarakat, perlu tersedia statistik yang memberikan gambaran berupa angka dari segenap ciri-ciri kegiatan dan keadaan masyarakat Indonesia.( 5)

B. Batasan Umum Statistik


       Kata STATISTIK telah digunakan untuk membatasi cara-cara ilmiah untuk mengumpulkan, menyusun, meringkas, dan menyajikan data penyelidikan. Lebih lanjut statistik merupakan cara untuk mengolah data tersebut dan menarik kesimpulan kesimpulan yang diteliti dan keputusan yang logika dari pengolahan data tersebut (BATASAN UMUM).

C. Batasan khusus Statistik


Kata statistik juga digunakan untuk menunjuk kepada angka-angka pencatatan dari suatu kejadian atau kasus tertentu seperti misalnya : Statistik Nikah-Talak Rujuk: N-TR = 46-21-34 Statistik bentuk badan miss Universe: 38-22-36 (dada-pinggang-pinggul) Statistik kecelakaan lalu-lintas: Januari 6, Februari 38, Maret 21,.. .. Statistik tinggi badan rata-rata: Rata-rata T= 164 cm. dan seterusnya (BATASAN KHUSUS)( 3)



1  Anas sudijono, pengantar statistik pendidikan (jakarta: rajagrafindo, 2008) h.  1
2. Fathor rachman utsman,  M.Pd., panduan statistika pendidikan, ( yogyakarta : Divapress, 2013) h. 17-18
3.  Sutrisna hadi, Statistik, cet 22,jilid1( yogyakarta,  andi, 2001) h 1

Baca Juga

Komentar