Soal SKB Pendidikan Guru 22


TES CPNS SKB

1. Dalam pembelajaran, berikut ini yang termasuk empat ragam sumber belajar adalah ...
a. Instruktur, buku, job sheet, dan peralatan praktik
b. Guru, media pembelajaran, buku, lingkungan belajar
c. Kepala sekolah, guru, guru BK, dan instruktur
d. Alat peraga, guru, buku paket pelajaran, dan LKPD
e. Guru, instruktur, job sheet, dan bengkel
b. Guru, media pembelajaran, buku, lingkungan belajar

2. Konsep Kemp dan Dayton (1985), manfaat media pembelajaran adalah ...
a. Penyampaian materi ajar lebih mudah
b. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
c. Lebih efisien biaya produksi
d. Lebih menghemat tenaga dan waktu dalam proses pembelajaran
e. Meningkatkan profesionalisme guru
b. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif

3. Pak Aton, guru seni musik di SMP akan menerapkan strategi mendemonstrasikan dengan media untuk pembelajaran keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick, namun sayangnya tangan jari tangan kanannya sedang cidera. Menurut Sdr. jenis media apa yang relevan dipilih oleh Pak Anton ...
a. Program presentasi, yang menjelaskan prosedur bermain gitar teknik Holding Pick
b. Program video demonstrasi bermain gitar teknik Holding Pick
c. Media cetak, LKPD yang menjelaskan prosedur keterampilan bermain gitar teknik Holding
Pick
d. Program siaran langsung TV edukasi tentang teknik Holding Pick
e. Demonstrasi dilakukan seorang siswa yang sudah terampil bermain gitar teknik Holding Pick
b. Program video demonstrasi bermain gitar teknik Holding Pick

4. Media pembelajaran berikut yang memiliki relevan tinggi untuk mengajarkan keterampilan prosedur adalah ...
a. Modul pembelajaran
b. Media grafis terstruktur
c. Media gambar berseri
d. Program slide suara
e. Program video instruksional
e. Program video instruksional

5. Definisi media berikut yang relevan untuk mengimplementasikan pendekatan student center learning adalah ...
a. Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sehingga
memudahkan guru dalam memanipulasi gambar, suara, video dan animasi.
b. Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
c. Sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
d. Teknologi yang dapat mentransformasi pesan, sehingga peserta didik berminat, dan menarik
mengkuti pembelajaran yang bervariasi
e. Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu
merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar
e. Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar

6. Pengertian multimedia pembelajaran menurut Hackbart (1996) adalah ...
a. Mengintegrasikan dua atau lebih media dalam pembelajaran
b. Penggabungan media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien,
efektif dan berdayaguna
c. Suatu program pembelajaran yang mencakup berbagai sumber yang terintegrasi
berbagai unsur-unsur media dalam suatu program (software) komputer
d. Menggabungkan media teks, video, grafis, suara, animasi dan interaktif secara terintegrasi
e. Karakterisasi tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam
suatu program yang terintegrasi
c. Suatu program pembelajaran yang mencakup berbagai sumber yang terintegrasi berbagai unsur-unsur media dalam suatu program (software) komputer

7. Fungsi media pembelajaran adalah ...
a. Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalistis
b. Menggantikan peran guru dalam pembelajaran teori maupun praktik
c. Meningkatkan komunikasi multiarah antara siswa, lingkungan, dan bahan ajar
d. Sebagai alat bantu pembelajaran
e. Meningkatkan hasil belajar siswa
d. Sebagai alat bantu pembelajaran

8. Seorang guru SMP kebingungan dalam memilih media pembelajaran yang relevan. Menurut Sdr. kriteria dominan yang paling menentukan dalam pemilihan media pembelajaran ...
a. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
b. Kesesuaian dengan model atau strategi pembelajaran
c. Biaya produksi media yang murah
d. Ketersediaan sumber di sekolah
e. Kemampuan dan karakter guru
a. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran

9. Desain tampilan multimedia kata-kata, gambar, dan video yang disajikan saling berdekatan dalam satu slide, merupakan penerapan prinsip ...
a. Modalitas belajar
b. Redunansi
c. Kesinambungan spasial
d. Kesinambungan waktu
e. Koherensi
c. Kesinambungan spasial

10. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kumunikasi pembelajaran adalah ...
a. Siswa, karakteristik komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan media pembelajaran
b. Guru, siswa, materi, metode penyampaian, dan media pembelajaran
c. Komunikator, guru, materi, strategi penyampaian, dan media pembelajaran
d. Komunikator, komunikan, materi ajar, pesan, dan strategi penyampaian
e. Komunikator, komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan tujuan pembelajaran
e. Komunikator, komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan tujuan pembelajaran

11. Langkah pertama dalam mengembangkan program audio pembelajaran adalah ....
a. Mengemas produk program audio
b. Judgeme expert
c. Shooting
d. Menulis naskah program audio
e. Dubbing
d. Menulis naskah program audio

12. Bahan ajar non-cetak yang bertujuan agar siswa mampu belajar mandiri dan bersikap lengkap yang menyajikan per-unit terkecil dari materi berbentuk digital disebut ....
a. Buku elektronik
b. Buku lembar kerja elektronik
c. Modul kinerja guru
d. Buku teks non-cetak
e. Modul digital/elektronik
e. Modul digital/elektronik

13. Bahan pembelajaran cetak Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar yang sederhana, komponennya didominasi oleh ….
a. Soal-soal latihan dan teks kemampuan
b. Analisis kompetensi
c. Penugasan
d. Paparan materi
e. Soal-soal dan latihan
e. Soal-soal dan latihan

14. Berikut Bahan ajar cetak sederhana yang dapat digunakan untuk bahan rujukan, memberi motivasi, pengingat, memberi umpan balik, dan menilai hasil belajar adalah ….
a. buku teks
b. Handout
c. Lembar kerja peserta didik (LKPD)
d. Lembar kerja siswa (LKS)
e. Modul
b. Handout

15. Bahan ajar noncetak (digital) merupakan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dalam mendorong berbagai lembaga pendidikan
kita untuk memanfaatkan bahan ajar noncetak yang menarik. Berikut ini manakah bahan ajar
noncetak yang 100% kembangkan menggunakan komputer …
a. Multimedia pembelajaran interaktif
b. Program simulasi
c. Audio pembelajaran
d. Video pembelajaran
e. Program radio edukasi
a. Multimedia pembelajaran interaktif

>>> Soal Skb Pendidikan Guru 23
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar