Cara Menentukan Topik Dalam Menulis


menulis topik karangan
menentukan topik


Topik adalah pokok persoalan atau inti permasalahan yang menjiwai seluruh karangan. Untuk mencari topik karangan biasanya kita mengajukan pertanyaan seperti. "Saya mau menulis tentang apa? Apakah yang akan saya tulis?" Nah, jawaban atas pertanyaan itu merupakan topik karangan. 

Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa menulis, memilih dan menentukan topik mungkin bukan hal yang sulit. Tetapi, bagi para penulis pemula, hal itu merupakan persoalan tersendiri. Masalah yang kerap muncul dalam memilih topik di antaranya sebagai berikut.

1) Banyak pilihan topik dan semua topik menarik, serta memiliki informasi yang cukup tentang topik-topik tersebut. Jika kita menghadapi persoalan ini, pilihlah topik yang paling sesuai dengan tujuan kita menulis saat itu. 

2) Banyak pilihan topik dan semua topik menarik, tetapi pengetahuan tentang topik-topik itu serba sedikit. Jika kita mengalami masalah ini, pilihlah topik yang paling dikenal paling mudah mencari informasi pendukungnya, serta paling sesuai dengan tujuan kita menulis saat itu. 

3) Sama sekali tidak memiliki ide tentang topik yang menarik. Atau, kita tidak memiliki arah, fokus, atau sisi menarik dari topik yang akan ditulis. Kasus seperti ini kerap terjadi pada kegiatan menulis sebagai tugas. misalnya tugas kuliah. Jika kita mengalami hal itu, berdiskusilah dan mintalah saran dari orang lain, membaca referensi (buku, majalah, surat kabar. jurnal, dan internet). atau melakukan pengamatan terhadap peristiwa yang dapat menginspirasi kita.

4) Terlalu ambisius karena luas dan rumitnya jangkauan topik yang dipilih "Penyakit ini kerap menghinggapi para penulis pemula. Begitu banyak hal yang ingin disampaikan. Begitu ideal isi tulisan yang dia bayangkan Sementara itu, waktu, pengetahuan, dan akses terhadap informasi atau referensi sangat terbatas. Akibatnya, fokus tulisan tidak jelas, isi tulisan menjadi dangkal, dan ketuntasan sajian menjadi terganggu. Untuk mengatasi persoalan ini, kita harus pandai mengukur kesanggupan diri dengan memperhatikan waktu, ketersediaan sumber, dan kemampuan

Begitu pentingkah sebuah topik karangan? Ya! Topik adalah arah kita menulis, yang akan menjiwai sebuah tulisan. Tanpa topik yang jelas, maka sebuah karangan akan kehilangan fokus. Oleh karena itu, ketika kita telah menemukan sebuah topik tulisan, periksalah topik tersebut dengan mengajukan sejumlah pertanyaan pemandu berikut ini. 

1) Apakah topik itu penting atau layak untuk dibahas?

2) Apakah topik itu bermanfaat untuk dibahas?

3) Apakah topik tersebut menarik bagi pembaca?

4) Apakah materi tentang topik itu dikuasai dengan baik? 

5) Apakah bahan atau informasi pendukung topik tersebut tersedia cukup dan dapat diperoleh?

6) Apakah jangkauan bahasan tentang topik itu tidak terlalu luas atau terlalu sempit?



Keterampilan Menulis, M. Yunus dkk., 2013, universitas terbuka hal. 1.30








Baca Juga

Komentar