Materi TIU NUMERIK DERET ANGKA tes SKD CPNS


Materi TIU NUMERIK DERET ANGKA tes SKD CPNS
Materi TIU NUMERIK DERET ANGKA tes SKD CPNS



NUMERIK DERET ANGKA: Mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka

Tes    Numerik    berfungsi    untuk    mengukur    kemampuan    seseorang    dibidang    angka,    dalam    rangka  berpikir  terstruktur  dan  logis  matematis.  Faktor  penting  pengerjaan  tes  semacam  ini  terletak  pada  ketelitian  dan  kecermatan

Jika  dipadukan  dengan  kemampuan  mengingat,  maka  tes  ini  dapat  mengungkap  kemampuan  intelektual  seseorang  terutama kemampuan penalaran berhitung dan berfikir secara logis. Hal lain yang akan terlihat juga adalah kemampuan kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan individu dalam mengerjakan sesuatu. Ingatan   akan   pengetahuan   yang   sudah   pernah   dipelajari   dibangku  sekolah  pun  turut  berperan  saat  individu  menyelesaikan soalnya.

1. Fungsi Tes Deret Angka

Tes  Deret  Angka  berkaitan  dengan  kestabilan  terhadap  tekanan  &  daya  pikir.  Tes  ini  bertujuan  untuk  mengukur  kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka.

Pada  tes  ini  Anda  diminta  untuk  menentukan  hubungan hubungan  yang berlaku dari satu bilangan ke bilangan  yang  lain.  Juga  untuk  menentukan  bilangan  yang  hilang dengan menggunakan pola yang sama pada deret tersebut.  Anda  harus  memperhatikan  perubahan  satu  bilangan  ke  bilangan  yang  lain.  Pastikan  bilangan  yang  ada memiliki pola bilangan yang sama.

2. Jenis Tes Deret Angka

  • Fibonanci

Deret  Fibonanci  adalah  deret  bilangan  dimana  dua  angka pertama merupakan angka awal yang nantinya akan di jumlahkan pada angka ketiga.

  • Tingkat

Deret tingkat adalah deret bilangan yang aturannya bertingkat. Deret tingkat relatif cukup sulit dibandingkan dengan tipe deret yang lain.

  • Larik

Deret  larik  adalah  deret  bilangan  yang  terdiri  dari  beberapa subderet. Sub ederet dapat berupa beberapa larik.

  • Kombinasi

Deret  kombinasi  adalah  deret  yang  aturannya  merupakan kombinasi dari deret fibonanci, deret bertingkat, dan larik.


3. Contoh Soal Deret Angka

1. 1,  3, 5, 7, 9, 11, 13,....

A.15    B.16  C.17    D.18   E.19

Pembahasan:  Aturannya  adalah  dengan  menambah  2  pada tiap-tiap bilangan (l + 2 = 3; 3 + 2 = 5; dan seterusnya).  Bilangan  berikut  dalam  seri  atau  deret  ini  adalah 13 maka yang berikutnya adalah 13 + 2 = 15. 


2. 1   3    4    7    9   13    16    21    25     .....

 Pembahasan: Seri pertama dimulai dari angka 1 kemudian  untuk  deret  berikutnya  melompat  satu  angka  demikian  seterusnya.  Sedang  deret  kedua,  dimulai  dari  angka  3  dan  melompat  satu  angka  untuk  deret  berikutnya. Dalam hal ini jawabannya adalah 21 + 10 = 31.


3. 3, 7, 15, ...., ...., 127, 255, 

A. 31, 63 B. 34, 42 C. 25, 16 D. 22, 25 E. 38, 14

Pembahasan:  31;63;  pola  ditambah  4,  ditambah  8,  ditambah 16, ditmbah 32, dst.


4. Tips dan Trik Mengerjakan

  • Pola deret dapat berupa penjumlahan, perkalian, pembagian, pengkuadratan dan lain-lain.
  • Jika deret/angka tidak teratur (angka naik tapi kemungkinan ada yang turun atau angka kembar di tengah) dipastikan terdiri dari lebih satu deret (melompat)
  • Jika ada dua angka kembar di depan umumnya merupakan deret fibonanci (angka berikutnya hasil penjumlahan dari dua angka sebelumnya)
  • Carilah perubahan antara angka yang satu dengan angka yang  lainnya.  
  • Cek  juga  apakah  pola  ini  berlaku  pada  hubungan angka yang lain. Jika polanya sama, maka terapkan pola tersebut ke angka selanjutnya.
  • Jika Pola barisan angka atau huruf sudah ditemukan, cek kembali pola yang berlaku secara keseluruhan.
  • Jangan  terpaku  pada  deret  hitung  atau  deret  ukur  perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3-4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat  deret  secara  keseluruhan  karena  pola  bisa  berupa  urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompo-kan loncat.
  • Ingat  keterbatasan  waktu.  Jangan  terlalu  asyik  dan  terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan,  lompati  ke  soal  berikutnya  karena  terkadang  soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.



Baca Juga

Komentar