Cara Mengatasi Semua Invalid Data Siswa Di Dapodik 2024.a Dengan cepat dan mudah


 Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

pembahruan dan pemutakhiran data pokok pendidikan (Dapodik), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah telah melakukan integrasi dan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2024.a yang akan digunakan untuk pengumpulan data semester 1 tahun ajaran 2023/2024

Pada pembaharuan aplikasi dapodik versi 2024.a terbaru, opertor sekolah akan kaget karena banyak sekali menemukan yang invalid terutama di data siswa. tapi jangan khawatir dengan jumlah invalid data yang banyak tersebut, sebenarnya hanya tinggal memasukan hobi dan cita cita peserta didik di menu registrasi , serta mengisi data yang yang kosong pada menu ubah di peserta didik.

langkah langkah secara detail Cara Mengatasi Semua Invalid Data Siswa Di Dapodik 2024.a

berikut langkah langkah secara detail Cara Mengatasi Semua Invalid Data Siswa Di Dapodik 2024.a Dengan cepat dan mudah, baik itu invalid hobi dan cita cita, invalid moda transportasi, tempat tinggal, penulisan nama ayah, pekerjaan penghasilan dll.

1. masuk ke dapodik sebagai operator sekolah

2. klik validasi kemudian pilih validasi lokal

3. klik tab peserta didik

4. lihat siswa yang tidak valid catat nama serta bagian mana yang invalid. jangan khawatir dengan jumlah invalid yang banyak kalau perlu catat nama siswa yang invalid saja.

Cara Mengatasi Semua Invalid Data Siswa Di Dapodik 2021.d Dengan cepat dan mudah

5. klik tab peserta didik kemudian cari peserta didik yang invalid


 isi hobby dan cita cita siswa 

6. pilih siswa yang akan diisi cita cita dan hobi kemudian klik menu registrasi


isi hobby dan cita citanya, apabila tidak muncul menu hobby dan cita cita tekan f5 atau refresh apabila belum muncul juga hapus chace dan history browser.

7. klik simpan.

invalid moda transportasi, tempat tinggal, penulisan nama ayah, pekerjaan penghasilan dll.

9. pilih peserta didik kemudian pilih ubah


isi data siswa kosong terutama tanda * merah seperti kewarganegaraan moda transportasi, tempat tinggal, penulisan nama ayah, pekerjaan penghasilan dll

10 simpan

untuk mengecek pengerjaan bisa di cek di validasi peserta didik kemudian refresh untuk memperbarui hasil pengerjaan 

apabila masih ada invlid peserta didik yang belum masuk ke dalam rombongan belajar maka akan kami bahas pada link berikut ini https://www.mandandi.com/2021/01/cara-mengatasi-invalid-peserta-didik.html


demikian Cara Mengatasi Semua Invalid Data Siswa Di Dapodik 2024.a Dengan cepat dan mudah, semoga bermanfaat.
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar