Materi TIU TES FIGURAL ANALOGI GAMBAR tes SKD CPNS


ANALOGI: Mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan  tertentu  kemudian  menggunakan  konsep  hubungan tersebut pada situasi lain

Tes  figural  merupakan  cabang dari     tes     intelegensi     umum     dimana    salah    satu    tujuannya    adalah untuk bisa menebak ketelitian,  kecermatan,  dan  kecepatan  berfikir  peserta  tes  dalam waktu yang singkat. 

Tes  Figural  sebenarnya  adalah  tes  yang  sangat  mudah,  hanya  saja karena waktu terbatas sebagian orang menganggap tes ini sebagai suatu hal yang sulit. Tes figural akan sangat berkaitan  erat  dengan  gambar.  Tes  ini  tidak  butuh  persiapan  apapun...hanya   butuh   "kecermatan".   Penyelesaian   terbaik   untuk   menyelesaikan tes figural adalah berpikir tenang, pandangan fokus  dan  teliti.  Tes  ini  terdiri  dari  berbagai  macam  pola  tes  gambar.    Semua  rahasia  penyelesaiannya  adalah  "ketenangan  dan ketelitian"Dalam  Tahapan  Seleksi  Kompetensi  Dasar,  tes  numerik  yang  dilakukan mencakup:

analogi gambar

1. Fungsi Tes

Tes analogi gambar berkaitan dengan kemampuan individu  dalam  bernalar  melalui  perbandingan  dua  gambar  yang  memiliki  hubungan  tertentu  kemudian  menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain.

2. Tipe Soal

1. Perbandingan dua Gambar

Membandingkan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu  kemudian  menggunakan  konsep  hubungan  tersebut pada situasi lain.

2. Tes Figural Pencerminan

Tes ini disebut juga tes cermin gambar atau tes mirror. Pada  tes  ini  tiap  peserta  tes  bertugas  untuk  mencari  bayangan dari gambar soal. Untuk bisa menyelesaikan soal   ini,   anggaplah   kita   sedang   berada   di   depan   cermin.  Tujuan  tes  ini  adalah  untuk  mengukur  kecerdasan, ketelian penglihatan dan solving problem.

3. Contoh Soal

Materi TIU TES FIGURAL ANALOGI GAMBAR tes SKD CPNS


4. Tips dan Trik Mengerjakan

# Cermati poin-poin berikut ini untuk menemukan jawaban  yang  paling  tepat;  Jumlah  setiap  elemen;  Panjang-pendek;   Tebal-tipis;   Penambahan/pengurangan/perubahan pada elemen; Pemetaan rotasi gambar ke   kanan   atau   ke   kiri;   Penambahan   elemen   baru;   Bentuk. 

# Jika masing-masing elemen gambar pada soal berbeda   bentuk,   mulailah   mencermati   ukuran   dari   satu   elemen   gambar   yang   paling   menonjol.   Cocokkan   dengan pilihan jawaban yang ada. Pilihan yang berbeda,  bisa  Anda  coret  dari  kemungkinan  jawaban  yang  benar.  

# Untuk  pencerminan,  perhatikan  bentuk  dan  ukuran  gambar asli yang paling dekat dengan garis "cermin". Lalu, petakan gambar pencerminannya.  Setelah   Anda   temukan   2   alternatif,   maka   cermati   bagian per bagian, maka Anda akan menemukan jawabannya.


Baca Juga

Komentar