Apa itu Pembelajaran Mobile learning atau M-learning


 

Apa itu Pembelajaran Mobile learning atau M-learning

Mobile learning merupakan paradigma baru dalam dunia pembelajaran. Apalagi di masa pandemi covid penggunaan gadget tidak bisa dielakkan lagi. Mobile learning menjadi kebutuhan utama dalam pembelajaran. Berbagai aplikasi yang bisa diunduh dengan menggunakan mobile phone tentunya sangat membantu dalam melaksanakan pembelajaran daring atau jarak jauh.

Kebutuhan pembelajaran dengan menggunakan mobile learning menggugah kita untuk bahas mulai dari pengertian hingga kelebihan mobile learning, latar belakang munculnya mobile learning dan lain sebagainya tentang mobile learning.

Model pembelajaran ini muncul untuk merespon perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi bergerak, yang sangat pesat belakangan ini. Selain itu tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini, device komunikasi bergerak adalah salah satu perangkat yang lekat dengan kehidupan sehari-hari aktor pembelajaran seperti pengajar dan siswa. Aplikasi mobile lerning saat ini masih berada dalam tahap pengembangan dan dikaji oleh para pakar.

Menurut Darmawan (2015;15) dalam bukunya Teknologi Pembelajaran menjelaskan bahwa munculnya model mobile learning dilatarbelakangi oleh:
1.Penetrasi perangkat mobile sangat cepat,
2.Perangkatnya lebih banyak dari pada Personal Computer  (PC),
3.Lebih mudah dioperasikan dari pada Personal Computer  (PC), dan
4.Perangkat mobile dapat dipakai sebagai media belajar.

Pengertian Mobile Learning

Mobile Learning didefinisikan oleh Clark Quinn (2000) sebagai:
"The intersection of mobile computing and e-learning: accessible resources wherever you are, strong search capabilities, rich interaction, powerful support for effective learning, and performance-based assessment. E-Learning independent of location in time or space".


Merujuk dari definisi tersebut maka, mobile learning adalah model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut mobile learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat diakses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik. Hal penting yang perlu diperhatikan bahwa tidak setiap materi pengajaran cocok memanfaatkan mobile learning.


Berdasarkan definisi tersebut maka mobile learning, merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut mobile learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat di akses setiap saat dan vsualisasi materi yang menarik. 

Istilah M-Learning atau Mobile Learning merujuk pada penggunaan perangkat genggam seperti PDA, ponsel, laptop dan perangkat teknologi informasi yang akan banyak digunakan dalam belajar mengajar, dalam hal ini kita fokuskan pada perangkat handphone (telepon genggam) tujuan dari pengembangan mobile learning sendiri adalah proses belajar sepanjang waktu (long life learning, peserta didik dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran, menghemat waktu karena apabila diterapkan dalam proses belajar maka peserta didik tidak perlu harus hadir di kelas hanya untuk mengumpulkan tugas, cukup tugas tersebut dikirim melalui aplikasi pada mobile phone yang secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas proses belajar itu sendiri.

Syarat Pembelajaran M-learning

Berdasarkan ilustrasi di atas, terdapat  tiga hal penting sebagai persyaratan kegiatan belajar Mobile Learning, yaitu :
1.     Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pemanfaatan jaringan. Jaringan dapat saja dengan LAN atau WAN;
2.     Tersedianya dukungan layanan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh peserta belajar, misalnya ponsel/HP, atau bahan cetak; dan
3.     Tersedianya dukungan layanan tutor yang dapat membantu peserta belajar apabila mengalami kesulitan dalam penerapan sistem ini.

Kelebihan Pembelajaran Mobile learning

 Kelebihan Mobile Learning adalah sebagai berikut:
1.     Dapat digunakan dimana-pun pada waktu kapan-pun,
2.     Kebanyakan divais bergerak memiliki harga yang relatif lebih murah disbanding harga PC desktop,
3.     Ukuran perangkat yang kecil dan ringan daripada PC desktop,
4. Diperkirakan dapat mengikutsertakan lebih banyak pembelajar karena Mobile Learning memanfaatkan teknologi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Komentar