Bagaimana Cara Melihat dan Cek Status NUPTK?


 Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.

Nomor NUPTK sangat penting bagi pendidik baik itu guru PNS maupun non-pns. Pentingnya NUPTK bagi pendidik bisa kita ketemukan ketika ada persyaratan tertentu yang menanyakan NUPTK. Oleh karenanya NUPTK harus diketahui oleh guru yang bersangkutan.

NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.

16 digit angka NUPTK cukup terbilang panjang bagi sebagian orang, lalu bagaimana jika lupa dengan NUPTK? bagaimana cara melihat dan cek NUPTK? 

Cara melihat nomor unik pendidik dan tenaga pendidikan (NUPTK)

1. Kunjungi link berikut (bisa diakses melalui handphone): https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk


2. Karena kita ingin melihat NUPTK, isi kolom sesuai data diri guru: 

Nama, provinsi, kota/kabupaten

3. Cari gtk, maka akan terlihat rincian mengenai data diri guru bersangkutan hingga NUPTK


Cara cek status nomor unik pendidik dan tenaga pendidikan (NUPTK)

1. Kunjungi laman berikut http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status

2. Masukan NUPTK


Demikian Cara Melihat dan Cek Status NUPTK bagi guru, semoga bermanfaat

Baca Juga

Komentar