Langkah-langkah Menyusun Paragraf Argumentasi


 

Langkah-langkah Menyusun Paragraf Argumentasi

Langkah-langkah Menyusun Paragraf Argumentasi

untuk menyusun argumentasi pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tema/topik yang akan diangkat sebagai dasar penulisan. Sebagaimana telah penulis kemukakan di awal pembahasan paragraf deskripsi, terdapat lima langkah dalam menyusunnya, yakni 

(1) menentukan topik/tema, 

(2) menetapkan tujuan, 

(3) mengumpulkan data dari berbagai sumber,

 (4) menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih, 

(5) mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi.

a. Menentukan  topik/tema 

Topik tema yang dipilih tentu saja mengarah pada masalah/persoalan yang harus diselesaikan dan bukan cerita perjalanan, pemaparan suatu cerita/produk, atau paparan untuk menawarkan suatu jasa/layanan. Jadi, topik/tema yang diangkat haruslah mengarah pada usulan perbaikan terhadap suatu persoalan atau masalah yang memang harus dicarikan jalan keluar atau solusi. Contoh:

1) Upaya Pemerintah dalam Menyiapkan Sarana Transportasi yang Nyaman untuk Ritual Mudik Lebaran

2) Pertambahan Jumlah Kendaraan Bermotor yang Tidak Sebanding dengan Infrastruktur Penunjang

3) Kualitas Guru Sekolah yang Besertifikasi dan Belum Besertifikat Pendidik

4) Analisis tentang Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Menulis Karangan Ilmiah

5) Pengaruh Negatif Era Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Cara Penanggulangannya yang Efektif

Tema-tema di atas dapat di pilih untuk dicoba kembangkan menjadi paragraf argumentasi. Cara yang paling efektif adalah pilihlah yang menurut Anda paling dikuasai. Jangan mencoba memilih topik yang terlalu sulit. Jika memang contoh-contoh di atas ada yang belum sesuai dengan keinginan, silakan cari contoh yang lain tetapi  memiliki bahan yang cukup untuk membantu pengembangan paragraf tersebut.

b. tentukan tujuan yang ingin dicapai. 

Bisa saja tulisan yang di susun adalah untuk kepentingan lomba, atau untuk kenaikan pangkat ke golongan , atau untuk keperluan lainnya. Yang harus di ingat bahwa tujuan yang akan dicapai harus sinkron dan menjadi tuntunan dalam pengembangan kalimat demi kalimat selanjutnya.

c. Mencari bahan-bahan pendukung

Mencari bahan bahan pendukung baik data, tulisan yang pernah ada sebelumnya, atau referensi penunjang lainnya. Bahan-bahan tersebut dapat diperoleh melalui koran, majalah, jurnal, atau sumber lain seperti internet. Jangan lupa, menulis paragraf argumentasi tidak mungkin 100% hasil pemikiran sendiri.  dapat mengutip atau memakai pendapat orang lain tetapi dengan tetap mencantumkan nama penulis, judul artikel yang dikutip, dan media yang menerbitkannya.

d.  mengembangkan kerangka tulisan. 

Mengembangkan kerangka tulisan Untuk memudahkan, usahakan untuk membuat kerangka sedetil mungkin

e. mengembangkan paragraf, 

kalimat demi kalimat, Jangan pernah takut Salah untuk menulis karena tentu berkesempatan untuk membaca ulang atau mengoreksi tulisan yang di susun sebelum menyelesaikannya. Hal yang menjadi bekal tentu saja adalah kemampuan menggunakan kalimat efektif, pemakaian konjungsi, pemilihan kata, dan penguasaan ejaan yang disempurnakan

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar