Pengertian Pasar Valuta Asing Menurut Para Ahli


Pengertian Pasar Valuta Asing Menurut Para Ahli


Pasar valuta asing merupakan salah satu bentuk pasar abstrak. Apakah yang dimaksud pasar abstrak? Pada pasar abstrak penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung seperti yang biasa kita lihat di pasar sehari-hari, tetapi dapat menggunakan media komunikasi yang mempertemukan permintaan dan penawaran di pasar. Transaksi dapat dilakukan sepanjang waktu dan tidak dibatasi jam-jam tertentu. Jenis produk yang diperdagangkan bukan hanya berupa barang, melainkan surat berharga, kontrak berjangka, uang, dan faktor produksi lainnya. Beberapa contoh pasar abstrak lain adalah pasar tenaga kerja, pasar uang, pasar berjangka, dan pasar modal.

A. Pengertian Pasar Valuta Asing

Pasar valuta asing merupakan bentuk pasar abstrak terbesar di dunia. Pasar valuta asing tidak hanya dilakukan pada pusat pusat perdagangan valuta asing di kota-kota besar, tetapi juga dapat dilakukan di berbagai pelosok dunia. Transaksi di pasar valuta asing dilakukan dalam jumlah besar maupun kecil serta melibatkan perusahaan-perusahaan besar dan bank-bank di seluruh dunia.

Pertukaran uang asing yang dijalankan oleh bank-bank dan perusahaan pertukaran mata uang asing (money changer) juga merupakan bagian aktivitas pasar valuta asing. Kegiatan pertukaran mata uang asing dapat dijumpai di tempat-tempat wisata, bandara, bahkan di pinggir jalan. Bank-bank dan perusahaan pertukaran valuta asing menyediakan kebutuhan valuta asing untuk berbagai keperluan. Contohnya, untuk memenuhi kebutuhan orang Indonesia yang akan pergi ke luar negeri untuk sekolah, berwisata, membeli barang di luar negeri, melakukan kegiatan ekspor, maupun impor barang dan jasa. 

Berkembangnya pasar valuta asing (foreign exchange market) merupakan salah satu bentuk globalisasi di bidang ekonomi. Pada era globalisasi perdagangan internasional menjadi sangat penting mengingat setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Kegiatan ekspor dan impor meningkat sehingga dibutuhkan valuta asing untuk membiayai transaksi luar negeri.

Pengertian Pasar Valuta Asing menurut Para Ahli

Beberapa definisi pasar valuta asing, antara lain sebagai berikut.

1. Menurut Madura, pasar valas adalah pasar yang memfasilitasi pertukaran valuta asing untuk mempermudah transaksi transaksi perdagangan dan keuangan internasional. 

2. Menurut Kuncoro, pasar valas (foreign exchange transaction) adalah pertukaran suatu mata uang dengan mata uang lain.

3. Menurut Jose Rizal Joesoef dalam buku berjudul Pasar Uang dan Pasar Valuta Asing (2008), pasar valuta asing adalah suatu mekanisme mata uang suatu negara yang dapat ditukar dengan mata uang negara lainnya.

4. Menurut Taufik Hidayat dalam buku berjudul Kamus Populer Istilah Investasi (2011), pasar valuta asing adalah suatu pasar keuangan yang memperdagangkan atau mentransaksikan berbagai valuta asing.

Untuk memahami pasar valuta asing, kita perlu me mahami perbedaan antara pasar uang dengan pasar valuta asing. Pasar uang (money market) adalah kegiatan penempatan dan peminjaman uang, sedangkan pasar valuta asing adalah kegiatan pertukaran atau pengonversian mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain.

Pasar valuta asing merupakan suatu pasar yang unik jika dilihat dari kriteria berikut.

1. Volume perdagangannya yang sangat besar.

2. Likuiditas pasar yang teramat besar.

3. Jumlah pedagang di pasar valuta asing banyak dan bervariasi.

4. Geografis atau penyebarannya merata.

5. Jangka waktu perdagangannya 24 jam sehari, kecuali akhir pekan.

6. Adanya berbagai faktor yang memengaruhi nilai tukar mata uang

Di manakah tempat berlangsungnya transaksi pasar valuta asing? Secara geografis pasar valuta asing dapat dilakukan di seluruh penjuru dunia. Transaksi valuta asing dalam jumlah besar diawali dari Kota Wellington kemudian ke Sidney lalu bergerak ke Tokyo, Hong Kong, Singapura, dan Bahrain. Transaksi selanjutnya beralih ke kota-kota pusat keuangan Eropa, seperti Frankfruth, Zurich, dan London. Transaksi pun bergerak menyeberangi Samudra Atlantik dan berakhir di San Fransisco serta Los Angeles. 

Pasar valuta asing tersebut terus berlangsung selama 24 jam Dapat dikatakan hampir tidak ada hambatan geografis yang membatasi peredaran mata uang di berbagai negara.

Bagaimana proses berlangsungnya transaksi valuta asing selama 24 jam? Pergerakan mata uang terjadi karena perdagangan mata uang tidak hanya dilakukan secara langsung, tetapi dapat dilakukan dengan bantuan perangkat telekomunikasi, seperti telepon, komputer, faksimile, dan teleks yang secara elektronik terhubung dengan jaringan di seluruh dunia. Peranan teknologi informasi terhadap kegiatan perdagangan valuta asing di pasar valas sangat besar. Oleh karena itu, banyak perusahaan internasional terutama perusahaan besar melakukan transaksi valuta asing di dealing room-nya di hampir semua pusat-pusat perdagangan valas dunia agar dapat memberikan layanan kepada nasabahnya selama 24 jam.

Bank-bank yang melakukan kegiatan dalam perdagangan valas dihubungkan dengan suatu jaringan telekomunikasi canggih. Dealer memperoleh kurs pada monitor video desktop dan berkomunikasi dengan pihak-pihak lainnya melalui telepon atau teleks. Divisi valas perusahaan nonbank juga memiliki monitor video yang digunakan untuk berhubungan dengan pasar. Pemasok yang paling terkemuka untuk sistem informasi valas ini adalah telerate yang dimulai sejak akhir dekade 60-an dan reuters pada dekade 70-an.

Ada tujuh mata uang dunia yang diperdagangkan dalam pasar valuta asing. Ketujuh mata uang tersebut sebagai berikut.

1. Dolar Amerika Serikat atau USD (US$). 

2. Pound sterling atau GBP (£).

3. Euro atau EUR (€).

4. Franc Swiss atau CHF (SwF)

5. Yen Jepang atau JPY (Y).

6. Dolar Australia atau AUD ($A).

7. Dolar Kanada atau CAD (Can$). 

Di antara berbagai mata uang tersebut, dolar Amerika Serikat mendominasi perdagangan mata uang dunia. Hal ini dikarenakan sistem ekonomi Amerika Serikat yang sudah berkembang sehingga membuat pasar dari produk-produk yang dihasilkannya dapat tersebar ke seluruh dunia. Dengan demikian, banyak negara yang membeli dolar untuk melakukan perdagangan dengan Amerika Serikat. Dolar Amerika Serikat telah menjadi mata uang dunia sehingga menyebabkan nilainya terus bertambah meskipun terkadang berfluktuasi.



Baca Juga

Komentar