Perbedaan Otak Laki-laki dan Perempuan


 

Perbedaan Otak Laki-laki dan Perempuan

Perbedaan otak laki-laki dan perempuan sampai saat ini masih menjadi perhatian publik. Berdasarkan penelitian terdapat 3 (tiga) perbedaan pokok antara otak laki-laki dan otak perempuan, yakni dalam hal:

(1) Ukuran besar keseluruhan otak (Total Brain Size)

Hampir semua penelitian menunjukkan bahwa ukuran otak anak laki-laki lebih besar dibandingan dengan otak anak perempuan, apalagi pada saat kelahiran otak bayi laki-laki lebih besar 12- 20% daripada otak bayi perempuan. Namun jika berat otak dibandingankan dengan berat badan, di antara keduanya tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna. 

Pada laki-laki dewasa otaknya lebih besar 11-12% daripada otak perempuan dewasa. Besar kepala laki-laki lebih besar 2% dibandingkan besar kepala perempuan. Namun prinsip utama adalah bahwa ukuran atau besar otak seseorang ini tidak menjadi penentu atau indikator tingkat kecerdasan seseorang.

(2) Corpus callosum

Merupakan bagian otak yang menghubungkan antara otak bagian kanan (right hemisphere) dan otak kiri (left hemisphere) serta merupakan kumpulan serabut saraf yang terdiri atas 200-250 juta akson. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa corpus callosum pada perempuan lebih besar dan lebih berkembang dibandingkan dengan pada laki-laki. 

(3) Hypothalamus

Hypothalamus merupakan salah satu area di otak yang telah banyak diteliti keberadaannya dan perbedaannya antara laki-laki dan perempuan. Ada 2 (dua) area dalam hypothalamus yang menjadi pembeda antara laki-laki dan perempuan, yaitu (1) area preoptik (preoptic area) yang berperan dalam mengendalikan perilaku seksual manusia, pada laki-laki 2,2 kali lebih besar dan terdiri atas 2 kali lebih banyak jumlah selnya dibandingkan dengan pada perempuan; (2) area nukleus suprachiasma (suprachiasmatic nucleus area) yang berperan dalam mengendalikan irama sirkardian dan siklus reproduksi, dimana pada laki-laki bentuknya menyerupai bola (sphere) sementara pada perempuan bentuknya agak bulat memanjang (elongated). Namunpada volume dan jumlah selnya tidak menunjukkan adanya perbedaan

Rita Carter dalam bukunya Mapping Mind menambahkan bahwa perbedaan fungsi antar otak laki-laki dan perempuan, seperti di bawah ini.

Perempuan

1. Lebih baik dalam mengerjakan tugas-tugas yang berhubungan dengan bahasa.

2. Lebih cepat dalam kemampuan berbicara.

3. Lebih baik dalam kemampuan pengambilan keputusan sosial (Social Judgement), empati, dan kerjasama

4. Lebih baik dalam tes yang melibatkan idea umum.

Laki-laki

1. Menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam menyelesaikan tugas-tugas matematika dan logika.

2. Lebih baik dalam menyelesaikan ujian yang membedakan antara gambar dan latar belakang.

3. Lebih mudah dalam menangkap menguasai suatu objek dan mengubahnya.

4. Lebih baik dalam hal menentukan target. 


Sufyan ramadhy & Dadi Permadi, Bagaimana mengembangkan kecerdasan?, 2016, sarana panca karya nusa, Bandung


Baca Juga

Komentar