Membuat Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas PTK


Membuat Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas PTK


Hasil analisis data dilanjutkan dengan penyusunan laporan Laporan hendaknya mencakup ulasan lengkap tentang pelaksanaan tindakan sesuai dengan yang telah direncanakan, pelaksanaan pemantauannya, dan perubahan atau peningkatan kualitas yang terjadi sebagai akibat dari tindakan yang dilakukan. Secara rinci laporan hasil hendaknya mencakup ulasan mengenai hal-hal berikut.

a. Bagaimana gagasan umum guru sebagai peneliti telah berkembang dan berubah dari permulaan sampai akhir penelitian, termasuk pengembangan penalaran untuk praktik yang dilakukan oleh peneliti yang bersangkutan.

b. Bagaimana tindakan yang telah dirumuskan itu terlaksana melalui penjajagan dan perbaikan tindakan, serta bagaimana tindakan itu dirumuskan kembali untuk tindakan berikutnya. 

c. Bagaimana pemantauan telah berlangsung dan apakah ada kemacetan, atau apakah ada perubahan teknis sesuai dengan kondisi lapangan yang dialami

d. Situasi tempat dilaksanakan tindakan tersebut. 

e. Tindakan strategis yang dilakukan dan apakah tindakan itu terus dilakukan atau harus diubah selama pelaksanaan penelitian.

f. Konsekuensi tindakan yang dilakukan. 

g. Perubahan peran semua orang yang terlibat dalam tindakan penelitian.

h. Kesulitan yang dihadapi dan bagaimana kesulitan tersebut diatasi.

i. Perbaikan atau peningkatan kualitas dalam praktik dan pemahaman terhadap praktik tersebut. 




src. Mohammad Asrori, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, 2016, wacana prima h. 99

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar