Hakikat dan Perkembangan IPTEK dalam Kehidupan Manusia


 
Hakikat dan Perkembangan IPTEK dalam Kehidupan Manusia

1.  Hakikat IPTEK

Manusia lahir ke dunia dengan diberikan kemampuan untuk belajar dari lingkungan melalui pancaindera yang dimiliki sehingga manusia akan mendapatkan pengetahuan dari berbagai hal di lingkungan sekitarnya. Pengetahuan-pengetahuan yang masih acak tersebut kemudian disusun kembali oleh manusia melalui akal dan fikirannya dalam rangka menghasilkan pengetahuan yang bermakna menjadi seperangkat pengetahuan yang tersusun secara  sistematis  dengan  kaidah-kaidah  tertentu.  Pengetahuan-pengetahuan yang sudah tersusun ini dinamakan ilmu (pengetahuan).

Ilmu pengetahuan yang telah dimiliki seyogyanya dapat disebarkan agar dapat diperiksa dan dikontrol secara bersama. Ilmu pengetahuan selalu terus berkembang sejalan dengan perkembangan masyarakatnya. Dari perkembangannya itulah kita dapat membedakan dua golongan ilmu pengetahuan yaitu ilmu pengetahuan murni dan ilmu pengetahuan terapan.

Ilmu pengetahun murni adalah ilmu pengetahuan yang memiliki tujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak untuk lebih mempertinggi mutunya. Sedangkan ilmu pengetahuan terapan adalah ilmu pengetahuan yang memiliki tujuan untuk menggunakan sekaligus menerapkan ilmu pengetahuan tersebut pada masyarakat untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.   Ilmu pengetahuan terapan ini lebih dikenal di masyarakat dengan istilah teknologi.

Istilah teknologi berasal dari kata techne dan logia dari bahasa Yunani. Techne artinya seni kerajinan kemudian lahirlah kata technicoas yang artinya seseorang yang memiliki keterampilan tertentu. Dari keterampilan seseorang tersebut kemudian berkembang menjadi semakin tetap dengan menunjukkan suatu pola, langkah dan metode yang tertentu serta pasti sehingga menjadi keterampilan- keterampilan yang berpola. Dengan demikian, teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan praktis. Dengan teknologi, kita dapat menggunakan keseluruhan sarana produk dari hasil teknologi yang berupa barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merupakan satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan karena sama-sama berperan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Ilmu pengetahuan digunakan untuk mengetahui apa sedangkan teknologi digunakan untuk mengetahui bagaimana.

Setelah Anda memahami dan menguasai tentang hakikat IPTEK selanjutnya Anda akan disajikan dengan perkembangan IPTEK dan kehidupan manusia. Dengan mempelajari topik ini Anda diharapkan dapat menerapkan atau menghubungkannya dengan konsep awal yang telah Anda pelajari sebelumnya.

2.  Perkembangan IPTEK dan Kehidupan Manusia

IPTEK merupakan aktivitas yang kompleks dari manusia, keduanya merupakan bagian dari kehidupan manusia yang satu sama lain saling berhubungan dan saling mempengaruhi. IPTEK dikontrol dan diarahkan oleh manusia. Sebaliknya IPTEK juga memberikan keuntungan pada kehidupan manusia dalam memberikan kemungkinan  untuk mengatasi  berbagai masalah  dan  persoalan  yang  timbul dalam kehidupan manusia.

Perkembangan IPTEK yang semakin pesat akan mempengaruhi baik langsung maupun tidak langsung pada kehidupan manusia. Pengaruh langsung dari perkembangan IPTEK pada kehidupan manusia diantaranya adalah pada: 

(a) bidang intelektual. Manusia akan meninggalkan kebiasaan atau kepercayaan lama menjadi kebiasaan-kebiasaan yang baru, 

(b) bidang-bidang industri. Industri- industri yang dulunya memproduksi barang dengan cara sederhana atau tradisional akan menggunakan peralatan-peralatan hasil perkembangan IPTEK, 

(c) bidang-bidang organisasi sosial dan budaya akan merembet pada bidang kehidupan politik, dan 

(d) bidang tata lingkungan.

IPTEK yang dikembangkan manusia sebenarnya untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhannya supaya menjadi lebih sejahtera. Karena itu, terdapat keterkaitan yang erat antara ilmu pengetahuan, teknologi dan kehidupan manusia. 

Kesejahteraan kehidupan manusia dan pembangunan manusia itu sendiri perlu didukung oleh kemajuan teknologi sedangkan kemajuan teknologi perlu didukung oleh kemajuan ilmu pengetahuan dasar yang memadai. Sedangkan tahap perkembangan IPTEK perlu mendapat dukungan kebijakan pemerintah dalam mendorong dan mendukung pendanaan untuk menghasilkan IPTEK yang sesuai dengan kehidupan manusia.

Dengan adanya IPTEK dalam kehidupan manusia, mau tidak mau manusia  akan mengalami perubahan yang mungkin tidak terperhatikan sebelumnya. Berbagai persoalan yang mungkin akan timbul dari proses alih teknologi muncul di tengah- tengah kehidupan manusia. Berbagai persoalan yang bisa timbul antara lain:  

(1) apakah manusia telah mengenal jenis dan manfaat teknologi serta apakah bentuk yang dipilih ini relevan dengan tujuan pembangunan yang telah dirancang sebelumnya? 

(2) Apakah teknologi yang dipilih itu memang mampu memperluas lapangan pekerjaan? 

(3) Apakah teknologi itu dapat berfungsi dalam meningkatkan produktivitas? 

(4) Apakah kehadiran teknologi ini tidak menambah rusaknya lingkungan? Dan 

(5) apakah manusia secara mental telah siap untuk menerima aspek-aspek teknologi itu secara layak? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan timbul dari problematika sebagai akibat perkembangan IPTEK dalam kehidupan manusia.

Kemajuan IPTEK yang dirasakan manusia sekarang ini salah satunya adalah alat tranportasi yang tentunya didukung dengan sarana jalan. Dengan adanya kemajuan di bidang tranportasi ini, jarak yang relatif jauh di ruang bumi dapat terhubung secara lebih cepat.  Dengan alat tranportasi ini, daerah-daerah yang terpencil yang sebelumnya sulit diakses dapat terlepaskan dari ketertinggalannya. Selain itu, dengan alat tranportasi ini hasil bumi dan hasil produksi barang akan mempermudah pendistribusian ke tempat lain sehingga dapat melancarkan perkenonomian. Kita dapat merasakan bahwa ciri khas dari tiap-tiap daerah yang dulu  hanya  didapati  di daerah-daerah tertentu saja  sekarang  ini  akan  dapat ditemukan di tempat-tempat lainnya. 

Dengan bertambah lancarnya tranportasi ke daerah-daerah terpencil, potensi-potensi sumber daya alam, hasil pertanian maupun keindahan panoramanya dapat dikembangkan menjadi lebih produktif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran hidup manusia di daerah terpencil tersebut. Dengan adanya kemajuan IPTEK di bidang tranportasi ini saling ketergantungan antar daerah akan dirasakan oleh manusia baik pada tingkat lokal, regional, nasional bahkan akan dirasakan pada tingkat global sekalipun.

Pada hakikatnya manusia sebagai makhluk sosial selalu berhubungan dengan orang lain. Ketika manusia berhubungan dengan orang lain, satu sama lain akan saling berkomunikasi sehingga pergerakan atau pemindahan berita, gagasan, buah fikiran akan sampai pada sasarannya sesuai dengan yang diharapkan.

 Dengan adanya IPTEK dalam bidang komunikasi seperti radio, televisi, telepon, internet dsb, kita dapat mengetahui peristiwa-peristiwa penting yang ada di belahan penjuru dunia manapun, di luar jangkauan mata kita dengan mendengar dan bahkan dapat menyaksikan secara langsung peristiwaperistiwa tersebut seolah-olah  dunia ini menjadi sempit.  

Sebaliknya,  daerahdaerah  yang  belum terjangkau dengan kemajuan IPTEK di bidang tranportasi dan komunikasi ini akan mengakibatkan ketertinggalan sehingga kesenjangan dengan masyarakat lain akan semakin lebar. Padahal daerah ini mungkin memiliki potensi sumber daya ekonomi yang besar. Sebaiknya sesegera mungkin para pemangku kebijakan yang bertanggung jawab dengan daerah terpencil seperti ini mengupayakan keterjangkauan dengan kemajuan IPTEK yang ada.


Dengan semakin berkembangnya komunikasi maka kontak interaksi antar manusia untuk berkomunikasi semakin maju sehingga mengakibatkan arus kehidupan manusia terus semakin didorong dan dipacu. Alat komunikasi modern menjadi kebutuhan dasar  manusia  saat  ini.  Dengan  alat  komunikasi telepon genggam canggih (smart phone), berbagai informasi di seluruh pelosok dunia dapat kita akses dan kita ketahui seolah-olah tempat di seluruh penjuru dunia tersebut sebagai sebuah dusun yang global, segala bentuk informasi ada di genggaman tangan

Banyak anggota keluarga dan warga masyarakat yang memililki alat komunikasi dalam menunjang aktivitas kehidupannya sibuk dengan alat tersebut bahkan kadang-kadang lupa akan waktu dan kegiatan lain yang mesti dilakukan. Oleh karena itu, pengendalian diri, aturan dan regulasi dalam ber-media sosial perlu ditaati dalam rangka menghindari manusia dan kelompok manusia lainnya dari perbuatan yang tidak pantas dan tidak sesuai dengan etika dan norma budaya kita.  Aturan dan ketentuan dari pemangku kepentingan diperlukan untuk sedikit dapat meminimalkan gangguan keseimbangan terhadap kehidupan manusia seperti misalnya aturan tidak boleh menggunakan telepon genggam ketika sedang membawa kendaraan, berada di pompa bensin, dan berada di kelas dll.

Ternyata perkembangan IPTEK mau tidak mau akan berpengaruh pada kehidupan manusia. Pengaruh positif dari perkembangan IPTEK dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi antara lain:

a. Cepat mendapatkan informasi akurat dan terbaru dari seluruh pelosok dunia.

b. Dapat berkomunikasi dengan keluarga, kerabat dan teman yang berada sangat jauh.

c. Dapat memperoleh layanan bank dengan sangat mudah. 

Sedangkan perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia dalam bidang ekonomi dan industri, antara lain:

a.  Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi. 

b.  Terjadinya proses industrialisasi.

c.   Produktivitas dunia industri semakin meningkat.

Dari perkembangan IPTEK dalam bidang industri ini akan semakin penting karena memungkinkan konsumen melakukan kontak langsung secara individual ke pabrik untuk mendapatkan pelayanan dengan selera individu itu sendiri tanpa harus bertemu antara pembeli dan  penjual (penjualan secara  daring)

Kehidupan sosial dan budaya manusia juga berubah sejalan dengan perkembangan IPTEK yang terjadi seperti:

a. Terjadinya emansipasi wanita yang cukup besar. Setiap wanita berhak menentukan hidupnya dalam berkarir. Dalam hal ini ditunjukkan dengan banyaknya wanita yang memiliki karir, misalnya sebagai anggota DPR, Gubernur, Guru, Dokter, dll.

b.  Semakin meningkat kepercayaan diri.  Dengan kemajuan ekonomi yang baik di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik yaitu meningkatnya rasa kepercayaan diri sebagai sebuah bangsa dan ketahananan diri sebagai bangsa yang kokoh. Tiongkok, Jepang dan Korea adalah bangsa-bangsa Asia yang mampu bersaing dengan bangsa lain di dunia ini. Bangsa-bangsa barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.

c. Tekanan. Kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.

Perkembangan IPTEK dalam bidang kesehatan mempengaruhi kehidupan manusia terutama dalam hal:

a. Penemuan  mikroskop,  sinar-x,  antibiotik,  obat-obat  bius,  transplantasi vaksinasi. Penemuan dalam bidang kesehatan ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

b.    Penemuan  alat-alat  pengganti  organ  tubuh  manusia  yang  telah  rusak.

Misalnya mata (baik mata buatan maupun donor mata), ginjal dan jantung.

c. Adanya ahli dalam bidang operasi plastik sehingga hidung yang pesek dapat menjadi mancung, dll.

d. Penemuan tentang tata menu makan setiap hari. Dengan penemuan ini, masyarakat akan mengatur menu makan dengan zat dan vitamin sehingga dapat memperlambat keausan setiap organ tubuh sehingga manusia akan mendapatkan kesempatan untuk hidup lebih lama.

e. Penemuan peralatan untuk mengolah sampah dan limbah sehingga sampah dan limbah tidak lagi mengganggu kesehatan dan kelangsungan hidup manusia.

Itulah paparan tentang perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia sehingga mau tidak mau dan hampir tidak bisa manusia menghindar dari pengaruh IPTEK dalam berbagai aktivitas kehidupan baik di lokal, regional maupun nasional dan bahkan global. Akan tetapi perkembangan IPTEK juga dapat mengakibatkan kehidupan manusia mengalami gangguan ke arah yang kurang baik seperti yang terjadi dalam bidang komunikasi dan informasi antara lain:

a.  Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.

b.  Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalahgunakan pihak tertentu untuk kejahatan dan keuntungan pribadi dan kelompok tertentu. 

c.   Kecemasan teknologi. Kita sangat tergantung produk teknologi informasi ini.

HP rusak saja dapat menyebabkan kecemasan yang tinggi bagi pemiliknya.

Perkembangan IPTEK dalam bidang pendidikan mengakibatkan kehidupan manusia mengalami gangguan yang kurang baik seperti dalam hal:

a. Kerahasiaan alat tes semakin terancam.

Sekarang ini banyak ditemukan melalui internet berbagai contoh soal mata pelajaran apa saja sehingga mudah kemungkinan bocor dan disalahgunakan.

b.  Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu  untuk melakukan tindak kriminal.

Orang yang memiliki pengetahuan yang tinggi tentang ilmu komputer yang dipelajari diberbagai tingkat pendidikan tetapi mempunyai moral yang rendah akan berusaha menerobos sistem perbankan untuk keuntungan pribadi yang bisa merugikan pihak lain dalam berbagai bentuk kebutuhan.

Demikian pula dengan perkembangan IPTEK dalam bidang ekonomi dan industri akan mempengaruhi gangguan keseimbangan terhadap kehidupan manusia terutama dalam hal:

a.    Terjadinya pengangguran.

Tenaga kerja yang dibutuhkan memiliki kualifikasi tinggi untuk mengisi posisi yang sesuai dengan kebutuhuan. 

b.    Sifat konsumtif manusia.

Manusia yang memiliki sifat konsumtif akan melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan yaitu berperilaku konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental pragmatis.

Kehidupan manusia dalam bidang sosial budaya juga akan terpengaruh ke arah yang kurang baik dengan adanya perkembangan IPTEK antara lain:

a.  Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.

b. Menurunnya rasa kebersamaan dan persatuan. Kenakalan dan tindakan menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat serta semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyaraka seperti gotong-royong dan tolong-menolong telah mulai melemah atau memudar padahal tradisi-tradisi seperti itu adalah sebagai kekuatan yang ada di masyarakat kita.

c.  Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran telepon genggam canggih pada kebanyakan rumah tangga telah merubah pola interaksi keluarga karena setiap orang mendapatkan peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar tanpa batas dan penyekat

Perubahan yang kurang baik juga terjadi dalam kehidupan manusia dalam bidang kesehatan antara lain:

a. Radiasi.  Sejumlah  penelitian  yang  dilakukan  menunjukkan  bahwa  radiasi telepon genggam berakibat buruk pada tubuh manusia. Radiasi telepon gengam ini dapat meningkatkan risiko terkena tumor telinga dan kanker otak bahkan gangguan pada psikologis terutama pada anak-anak.

b. Gangguan reproduksi. Berdasarkan hasil penelitian, telepon juga diyakini dapat mengganggu alat reproduksi. 

Setelah mengulas paparan di atas, kita sebagai pendidik perlu memberikan pengertian dan pemahaman pada anak didik kita tentang pengaruh yang kurang baik dari perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia. Anak didik kita perlu diberikan pemahaman bahwa penggunaan telepon genggam hanya boleh digunakan dalam membantu aktivitas positif yang sangat diperlukan. Selain itu, gerakan yang mungkin dapat meminimalkan hiruk pikuk dan dampak penggunaan telepon genggam dalam kehidupan manusia adalah gerakan 18-21 yang sudah banyak diterapkan oleh berbagai pihak terutama pemangku kepentingan di setiap daerahnya, yaitu gerakan mematikan hp, tv dll dari pukul 18.00 s.d. 21.00 dan waktu-waktu tersebut dimanfaatkan oleh keluarga dan masyarakat dalam melakukan aktivitas yang positif dengan berkumpul dan belajar bersama. Dengan gerakan ini, tatanan kehidupan keluarga, masyarakat dan bangsa serta masyarakat global tidak akan tergerus terlalu jauh dengan adanya perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia.


Sumber. Modul Pendidikan Profesi Guru (PPG). Modul 4. Ilmu Pengetahuan Sosial Penulis. Drs. Ruswandi Hermawan, M.Ed


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar