Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global


 

Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global

Perkembangan IPTEK tidak lepas dari kehidupan manusia. Tidak mungkin IPTEK berkembang tanpa adanya manusia. Perkembangan IPTEK berperan sangat besar dalam kehidupan manusia di belahan dunia mana pun. Dengan kata lain, perkembangan IPTEK seakan-akan merupakan faktor dominan dalam perkembangan keadaan dunia seperti sekarang. Hal ini merupakan tantangan bagi kita untuk dapat mengembalikan IPTEK dalam peranannya bagi kehidupan manusia. Bagaimana IPTEK digunakan untuk penggalian dan pengembangan kekayaan alam yang membawa manfaat bagi manusia pada umumnya secara terus-menerus dengan mengamankan ekosistem manusia bagi generasi yang akan datang? IPTEK harus digunakan untuk mempercepat proses produksi dan pertumbuhan ekonomi, memperluas lapangan kerja, untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat secara merata bukan malah digunakan untuk merusak dan mengganggu keseimbangan tatanan kehidupan manusia dalam masyarakat global.

Masyarakat global merupakan suatu masyarakat yang memiliki pemikiran secara meluas, tidak lagi terbatas pada batas suatu negara, bersifat universal dan mengglobal tidak hanya peduli terhadap permasalahan di negaranya saja namun juga  mencakup masalah  orang-orang di  negara  lain.  Dengan  perkembangan IPTEK, masyarakat global dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan melalui perjalanan udara, telekomunikasi, jaringan komputer dan elektronik yang dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dari belahan manapun di dunia ini.

Masyarakat global merupakan masyarakat modern, berpikiran maju, selalu bisa menggunakan semua IPTEK yang ada untuk mencapai suatu tujuan. Dengan demikian masyarakat global adalah masyarakat dunia yang saling berkaitan tanpa dibatasi oleh batas-batas negara dan selalu berpikir untuk kelangsungan hidup masyarakat global itu sendiri sehingga kegiatan kegiatan dan aksi-aksi akan terus dilakukan untuk mempertahankan kehidupan masyarakat global itu sendiri. Demikian  lah paparan kita tentang fenomena interaksi dalam  perkembangan IPTEK dan masyarakat global

Itulah paparan perkembangan IPTEK dan kelestarian lingkungan karena mau tidak mau dengan perkembangan IPTEK di masyarakat, lingkungan yang mencakup lingkungan alam, lingkungan buatan dan juga lingkungan manusia (sosial dan budaya) akan mengalami gangguan keseimbangan sehingga sikap dan etika terhadap  lingkungan  perlu  ditanamkan dan  diwujudkan  serta  diaktualisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari utamanya perlu ditanamkan kepada anak didik kita sebagai penerus generasi bangsa.



Sumber. Modul Pendidikan Profesi Guru (PPG). Modul 4. Ilmu Pengetahuan Sosial

Penulis. Drs. Ruswandi Hermawan, M.Ed.


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar